5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional Kroasia

Pemain-pemain ini masih jadi tulang punggung Kroasia

Di antara negara pecahan Yugoslavia lain, Kroasia merupakan negara yang paling sukses di sepak bola. Sejak pertama kali ikut di Piala Dunia 1998, Kroasia pernah merasakan menjadi juara 3 Piala Dunia 1998 dan menjadi runner-up Piala Dunia 2018.

Jadi, tak usah heran Kroasia punya bakat yang luar biasa. Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Kroasia tampaknya kembali akan diperkuat beberapa pemain seniornya. Bahkan, salah satu dari mereka adalah pemilik caps terbanyak di Timnas Kroasia. Lalu, siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Kroasia? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Luka Modric

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional KroasiaLuka Modric (realmadrid.com)

Luka Modric adalah sosok pemain dengan jumlah caps terbanyak bersama Timnas Kroasia. Hal ini tak mengherankan sebab Luka Modric memiliki permainan yang cukup konsisten dan bisa diandalkan di negaranya.

Sejak menjalani debut pada Maret 2006, Luka Modric telah mencatatkan 154 caps untuk Timnas Kroasia dengan sumbangan 23 gol dan 24 assist. Saat menjalani debut, Luka Modric masih berusia 20 tahun dan 5 bulan.

2. Ivan Perisic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional KroasiaIvan Perisic (twitter.com/EURO2024)

Meski usianya telah menginjak 33 tahun, Ivan Perisic diprediksi masih menjadi andalan Timnas Kroasia di posisi sayap kiri. Pengalaman, kontribusi, serta performa yang ia miliki menjadi alasan Perisic layak tampil di Piala Dunia 2022.

Pemain Tottenham Hotspur ini telah mencatatkan 115 caps dengan sumbangan 32 gol dan 26 assist sejak debut di tim nasional pada usia 22 tahun dan 1 bulan. Momen tersebut terjadi kala Kroasia menghadapi Georgia pada laga kualifikasi Euro pada 26 Maret 2011.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 14 Tottenham Sebelum Ivan Perisic

3. Ivan Rakitic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional KroasiaIvan Rakitic (twitter.com/euro2024)

Ivan Rakitic merupakan pemain yang setia menemani Luka Modric di lini tengah Timnas Kroasia. Pemain Sevilla ini melakukan debut di Timnas Kroasia pada laga kualifikasi untuk Euro 2008, tepatnya pada September 2007.

Kala itu, Rakitic masih berusia 19 tahun dan 5 bulan. Seiring waktu, Rakitic menjelma pemain penting dan sulit tergantikan. Ia telah mencetak 15 gol dan 16 assist dari 106 pertandingan untuk negaranya.

4. Damagoj Vida

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional KroasiaDamagoj Vida (kiri) (twitter.com/euro2024)

Bek aktif dengan caps terbanyak di Timnas Kroasia dipegang oleh Damagoj Vida. Pria berusia 33 tahun yang bermain untuk AEK Athens ini telah mencatatkan 99 caps dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist.

Vida diperkirakan akan dibawa ke Piala Dunia 2022 meski posisinya sebagai pemain utama masih berupa tanda tanya. Pasalnya, Kroasia memiliki duet bek muda hebat dalam diri Duje Caleta-Car dan Josko Gvardiol.

5. Mateo Kovacic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional KroasiaMateo Kovacic (chelseafc.com)

Gelandang lain yang memiliki caps banyak di Timnas Kroasia adalah Mateo Kovacic. Pada usia yang saat ini telah menginjak 28 tahun, Kovacic telah mencatatkan 83 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 8 assist.

Catatan tersebut, ia torehkan sejak Maret 2013 kala Kovacic masih berusia 18 tahun dan 10 bulan. Sebagai pemain yang cukup mentereng bersama Chelsea, Kovacic nampaknya akan menjadi salah satu faktor penting di skuad Kroasia pada Piala Dunia 2022.

 

Lima pemain ini tak lagi muda, namun sukses mencatatkan banyak penampilan. Rasanya, pemain-pemain ini masih akan dibawa ke Piala Dunia 2022 dan beberapa di antaranya masih menjadi pemain penting untuk negaranya nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 8 Sebelum Mateo Kovacic

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya