5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Spanyol

Hanya Sergio Busquets yang masih aktif di timnas

Walaupun memiliki deretan pemain bintang dan tergolong sebagai tim raksasa, namun Spanyol yang sekarang telah berbeda dengan 10—15 tahun lalu. Dengan generasi baru, prestise Spanyol sebagai tim kontender juara Piala Dunia 2022 cukup berkurang.

Meskipun tak menutup kemungkinan Spanyol bisa juara pada Piala Dunia 2022, pada turnamen yang akan digelar di Qatar nanti, Spanyol sepertinya akan meninggalkan beberapa pemain senior yang memiliki caps banyak. Padahal, beberapa nama masih layak untuk dipanggil karena kualitas dan pengalamannya. Lalu, siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Spanyol? Berikut ini ulasannya.

1. Sergio Ramos

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SpanyolSergio Ramos (twitter.com/euro2020)

Menilik pengalaman dan performanya bersama Paris Saint-Germain musim ini, Luis Enrique seharusnya bisa memberikan kesempatan untuk Sergio Ramos. Bek berusia 36 tahun ini merupakan pemegang caps terbanyak di Timnas Spanyol.

Ramos telah mencatat 180 caps dengan sumbangan 23 gol dan 8 assist sejak debut pada Maret 2005. Dengan krisis di lini pertahanan Spanyol, bukan tak mungkin Sergio Ramos bisa mengisi satu tempat di Piala Dunia kelimanya nanti.

2. Sergio Busquets

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SpanyolSergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets merupakan sosok kapten Timnas Spanyol setelah Sergio Ramos tak lagi mendapat panggilan sejak Maret 2021. Gelandang bertahan Barcelona ini masih sering dipanggil dan jadi andalan.

Busquets telah mampu mencatat 139 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 9 assist. Catatan tersebut ia mulai pada April 2009 ketika usianya baru menginjak 20 tahun dan 8 bulan.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Spanyol Ini Setia kepada 1 Klub LaLiga, Ada Busquets

3. Andres Iniesta

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SpanyolAndres Iniesta (twitter.com/EURO2024)

Andres Iniesta telah mengumumkan bahwa dirinya telah pensiun dari Timnas Spanyol sejak Piala Dunia 2018. Dengan hal tersebut, Andres Iniesta tak akan bisa untuk membela La Furia Roja pada Piala Dunia 2022.

Pemain yang sekarang membela Vissel Kobe di Jepang ini sukses mencatat 131 caps dengan sumbangan 14 gol dan 30 assist sejak debut pada Mei 2006. Salah satu gol yang ia cetak sangatlah bersejarah karena berhasil berbuah satu gelar Piala Dunia pada 2010.

4. David Silva

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SpanyolDavid Silva (twitter.com/EURO2024)

David Silva juga mengakhiri kariernya bersama Timnas Spanyol selepas Piala Dunia 2018. Ia mengumumkan pensiun dari Timnas setelah Spanyol kalah di babak 16 besar besar. Gelandang yang sekarang membela Real Sociedad ini melakukan debut pada November 2005.

Kala itu ia masih berusia 20 tahun dan 10 bulan. Seiring dengan kejayaan Spanyol, David Silva juga mencatatkan banyak laga. Ia sukses menorehkan 35 gol dan 32 assist dari 124 penampilannya untuk La Furia Roja.

5. Cesc Fabregas

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas SpanyolCesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Dibandingkan dengan nama lain dalam daftar ini, Cesc Fabregas telah lebih dahulu gantung sepatu dari Timnas Spanyol. Fabregas terakhir kali tampil untuk negaranya pada gelaran Euro 2016.

Ia menyudahi perjalanannya tersebut dengan torehan 15 gol dan 36 assist dari 110 caps. Pemain yang sekarang membela Como ini melakukan debut pada usia 18 tahun dan 9 bulan, tepatnya pada Maret 2006.

 

Dari lima nama dalam daftar ini, hanya Sergio Busquets yang berpeluang menambah torehan penampilannya bersama Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2022. Pasalnya, posisi lain di Timnas Spanyol telah didominasi oleh para pemain muda.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya