6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

Ada pemain Filipina

Teka-teki masa depan karier Kim Min Jae akhirnya terpecahkan. Menurut laporan Fabrizio Romano, Kamis (29/6/2023), pemain asal Korea Selatan ini dilepas Napoli untuk bergabung dengan Bayern Munich. Akan tetapi, peresmian Kim Min Jae di Bayer Munich harus tertahan karena dirinya sedang menjalani wajib militer di Korea Selatan.

Dalam sejarah Bayern Munich, Kim Min Jae bukan satu-satunya pemain Asia yang pernah tercatat sebagai bagian dari mereka. Sebelumnya, terdapat 6 pemain yang berasal dari 4 negara berbeda. Siapa sajakah mereka dan seperti apa kiprahnya? Berikut ini pemain Asia yang pernah membela Bayern Munich sebelum Kim Min Jae.

1. Ali Daei

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeAli Daei (twitter.com/FIFAcom)

Ali Daei merupakan salah satu legenda sepak bola terbesar Iran, bahkan Asia. Tak heran jika pemain yang berposisi sebagai penyerang ini bisa bergabung dengan tim sebesar Bayern Munich. Sayangnya, karier Ali Daei berjalan singkat bersama Die Bavaria. Ia hanya bermain selama semusim (1998/1999) dengan catatan 32 penampilan serta 6 gol dan 1 assist.

2. Vahid Hashemian

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeVahid Hashemian (the-afc.com)

Vahid Hashemian merupakan salah satu pemain Iran yang kariernya malang melintang di Bundesliga Jerman. Salah satu klub yang ia bela ketika masih aktif bermain adalah Bayern Munich. Momen tersebut terjadi selama semusim, tepatnya pada 2004/2005. Sayangnya, Hashemian hanya bisa mencetak 1 gol dari 15 penampilan sebagai seorang penyerang. Padahal, ia tampil sangat tajam ketika membela VfL Bochum pada 2003/2004.

3. Ali Karimi

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeAli Karimi (fcbayern.com)

Setahun setelah Vahid Hashemian hengkang, Bayern Munich kembali mendatangkan penyerang asal Iran. Sosok tersebut adalah Ali Karimi yang didatangkan dari Al-Ahli pada awal musim 2004/2005. Dibandingkan dua pendahulunya, Karimi justru lebih lama. Pasalnya, ia bisa bermain selama 2 musim dengan torehan 4 gol dan 4 assist dari 42 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Bayern Munich, Ada Guerreiro

4. Takashi Usami

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeTakashi Usami (twitter.com/fcbayernes)

Kapten Gamba Osaka saat ini, Takashi Usami, pernah membela Bayern Munich pada awal kariernya. Momen tersebut terjadi pada 2011/2012 ketika penyerang berkebangsaan Jepang ini didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Gamba Osaka. Seperti beberapa nama sebelumnya, Takashi Usami pun minim menit bermain selama berseragam Die Bavaria. Ia hanya mencatat 1 gol dari 5 pertandingan.

5. Raphael Obermair

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeRaphael Obermair (fcbayern.com)

Tak banyak yang tahu jika Bayern Munich pernah memiliki seorang pemain berkebangsaan Filipina. Dia adalah Raphael Obermair, pemain berposisi sayap kiri yang sekarang bermain di SC Paderborn. Tidak dikenalnya Obermair sebagai pemain Filipina disebabkan ia lahir dan besar di Jerman. Bicara soal kiprahnya di Bayern Munich, Obermair bisa dikatakan gagal. Sebab, ia tak pernah mencatatkan penampilan di tim senior meski ada di skuad utama Bayern Munich 2016/2017.

6. Jeong Woo Yeong

6 Pemain Asia yang Pernah Membela Bayern Munich sebelum Kim Min JaeJeong Woo Yeong (fcbayern.com)

Sebelum Kim Min Jae, terdapat seorang pemain asal Korea Selatan yang pernah membela Bayern Munich. Dia adalah Jeong Woo Yeong, penyerang yang sekarang menjadi andalan SC Freiburg. Saat berseragam Bayern Munich, Jeong Woo Yeong juga tidak tampil maksimal. Sebab, ia hanya mencatat dua penampilan pada 2018/2019.

Meski melihat para pendahulunya kurang sukses di Bayern Munich, Kim Min Jae tampaknya tak akan demikian. Permainan apiknya bersama Napoli musim lalu seharusnya bisa terulang ketika berseragam Bayern Munich. Terlebih lagi, ia akan dipasangkan dengan bek tangguh semacam Matthijs de Ligt dan Dayot Upamecano.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Serie A, Min Jae Berikutnya?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya