Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum Kessie

Gerak gemilang Barcelona di bursa transfer musim panas 2022

Setelah menunjukkan ketertarikan sejak lama, Barcelona akhirnya sukses mendapatkan Franck Kessie. Gelandang asal Pantai Gading tersebut diboyong dari AC Milan dengan status bebas transfer dan diresmikan pada 4 Juli 2022 lalu.

Kessie bukanlah pemain pertama yang diboyong Barcelona dari AC Milan. Sebelum ia, terdapat lima pemain yang pernah terlibat dalam hal tersebut. Siapa saja mereka? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Michael Reiziger

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum KessieMichael Reiziger (twitter.com/europaleague)

Nama pertama sekaligus pemain pertama yang pindah dari AC Milan ke Barcelona secara langsung adalah Michael Reiziger. Bek kanan berkebangsaan Belanda ini diboyong dengan banderol sebesar 8 juta euro (Rp123 miliar) pada awal musim 1997/1998.

Angka yang dikeluarkan Barcelona untuk Reizigier terhitung sangat besar pada tahun tersebut. Selama lima musim berseragam Barcelona, Reiziger tampik sangat apik dan selalu jadi pemain andalan. Ia mencatatkan 255 penampilan dengan sumbangan 7 assist.

2. Chritophe Dugarry

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum KessieChristophe Dugarry (skysports.com)

Pada waktu yang bersamaan dengan kedatangan Reiziger ke Barcelona, klub berjuluk La Blaugrana tersebut juga mendatangkan pemain lain dari AC Milan. Dia adalah Cristophe Dugarry, penyerang asal Prancis yang jadi andalan di Piala Dunia 1998.

Sayangnya, Dugarry tak sementereng Reiziger saat bermain untuk Barcelona. Dugarry hanya bermain selama setengah musim sebelum pindah ke Marseille. Jika ditotalkan, Dugarry hanya memainkan 13 laga tanpa sumbangan satu gol ataupun assist.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion San Siro, Stadion Markas AC Milan dan Inter Milan

3. Winston Bogarde

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum KessieWinston Bogarde (allaboutajax.com)

Setengah musim setelah kedatangan Michael Reiziger dan Christophe Dugarry, Barcelona kembali mendatangkan pemain dari AC Milan. Sosok tersebut adalah Winston Bogarde, seorang bek tengah asal Belanda yang bermain hanya setengah musim di AC Milan.

Bogarde memang tak sehebat Reiziger, namun ia lebih baik dari Dugarry. Selama total dua tahun membela Barcelona, Bogarde sukses catatakan 61 penampilan dengan sumbangan 4 gol dan 1 assist sebagai bek tengah.

4. Patrick Kluivert

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum KessiePatrick Kluivert (twitter.com/PatrickKluivert)

Barcelona sangat gemar mendatangkan pesepak bola berkebangsaan Belanda dari AC Milan. Nama selanjutnya ialah Patrick Kluivert, penyerang legendaris Timnas Belanda yang hanya semusim berseragam AC Milan.

Saat bermain untuk Barcelona, Kluivert tampil cukup apik dari total 6 musim. Kluivert sukses mencatatkan banyak gol dengan selama berseragam Barcelona. Total 122 gol dan 60 assist dari 257 penampilan.

5. Fransesco Coco

5 Pemain yang Pernah Diboyong Barcelona dari AC Milan sebelum KessieFransesco Coco (fcbarcelona.com)

Nama yang terakhir ialah Fransesco Coco, pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Coco cukup lama membela AC Milan dalam kariernya. Pada musim 2001/2002, Coco pernah bermian di Spanyol bersama Barcelona sebagai pemain pinjaman.

Coco hanya bermain selama semusim. Namun, ia sukses catatkan 33 penampilan dengan sumbanga 2 assist. Sayangnya, ia tak dipermanenkan oleh Barcelona. Alhasil, ia pun menyebrang ke Inter Milan pada musim selanjutnya,

 

Untuk membentengi Franck Kessie, Barcelona langsung memagari gelandang asal Pantai Gading tersebut dengan klausul pelepasan yang fantastis. Mampukah Kessie tampil apik seperti beberapa pendahulunya di Barcelona?

Baca Juga: Barcelona Perkenalkan Franck Kessie, Klausulnya Tak Masuk Akal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya