Comscore Tracker

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald Araujo

Ada Guardiola, Fabregas, hingga Rakitic

Selain Gerard Pique, Ronald Araujo menjadi salah satu bek lama Barcelona yang masih eksis sebagai starter. Bek asal Uruguay ini berasal dari La Masia. Ia memang punya kualitas jempolan sebagai bek utama tim besar sekelas Barcelona.

Sempat menggunakan nomor punggung 33 dan 30, Ronald Araujo kini telah mendapatkan nomor utama di Barcelona dengan nomor punggung 4. Jika dibandingkan dengan para pendahulunya, Araujo sebenarnya masih kalah kualitas dan dedikasi.

Lalu, siapa sajakah para pendahulu Araujo sesama pengguna nomor punggung 4 Barcelona? Berikut pemain dengan nomor punggung 4 Barcelona sebelum Ronald Araujo.

1. Pep Guardiola

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald AraujoPep Guardiola (premierleague.com)

Pep Guardiola merupakan sosok besar dalam sejarah Barcelona. Tak hanya besar sebagai pelatih, Guardiola juga cukup melegenda saat masih berkarier sebagai pemain di Barcelona.

Saat berseragam Blaugrana, Guardiola cukup sering bergonta-ganti nomor punggung. Di antara beberapa nomor tersebut, nomor punggung 4 merupakan nomor yang paling sering ia gunakan.

Total 7 dari 10 musim Guardiola menggunakan nomor punggung 4. Dalam kurun waktu 10 musim, Guardiola sukses mencatat 12 gol dan 47 assist dari 384 laga sebagai seorang gelandang bertahan.

2. Patrik Andersson

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald AraujoPatrik Andersson (twitter.com/imiasanmia)

Nomor punggung 4 mulai digunakan Patrik Andersson sejak bergabung dengan Barcelona dari Bayern Munich pada awal musim 2001/2002. Total 3 musim (2001—2004) bek asal Swedia ini berseragam Barcelona.

Pada musim terakhirnya di Barcelona, Andersson mengganti nomor punggungnya menjadi 3. Andersson terhitung jarang bermain bersama Barcelona. Ia hanya mencatat 31 penampilan dengan sumbangan 1 gol.

Baca Juga: 10 Fakta Ronald Araujo, Center Back Tangguh Barcelona

3. Rafael Marquez

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald AraujoRafael Marquez (fcbarcelona.com)

Rafael Marquez merupakan salah satu legenda sepak bola besar asal Meksiko. Sejak usia muda, pemain yang kerap disapa Rafa ini telah memegang kepercayaan sebagai kapten, terutama untuk Timnas Meksiko.

Rafa selalu memakai nomor punggung 4 di seluruh tim yang ia bela di timnya. Salah satu masa terbaik dalam karier sepak bolanya ialah ketika membela Barcelona, tepatnya dari 2003 hingga pindah ke New York Red Bulls pada 2010. Pemain yang bisa berposisi sebagai bek dan gelandang ini sukses mencatatkan 13 gol dan 12 assist dari 242 laga bersama Barcelona.

4. Cesc Fabregas

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald AraujoCesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Pindah dari La Masia untuk bergabung dengan Arsenal sejak masih muda, Cesc Fabregas akhirnya pulang ke Barcelona pada awal musim 2011/2012. Untuk tim masa kecilnya tersebut, Fabregas bermain selama 3 musim (2011—2014).

Meski cahayanya di Barcelona masih kalah dari duet Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta, Fabregas sukses menampilkan performa terbaik untuk Barcelona. Bahkan, ia terhitung cukup produktif sebagai seorang playmaker dengan torehan 42 gol dan 50 assist dari 151 penampilan.

5. Ivan Rakitic

5 Pemain dengan Nomor Punggung 4 Barcelona Sebelum Ronald AraujoIvan Rakitic (fcbarcelona.com)

Ivan Rakitic didatangkan dari Sevilla pada awal musim 2014/2015 sebagai pengganti Cesc Fabregas. Gelandang asal Kroasia ini langsung mewarisi nomor punggung 4 yang ditinggalkan Cesc Fabregas.

Selama 6 musim (2014—2020) membela Barcelona, Rakitic juga cukup aktif mencetak gol. Rakitic sukses mencatatkan 35 gol dan 42 assist selama berseragam Barcelona. Setelah masa baktinya di Barcelona usai, Rakitic kembali ke Sevilla.

Ronald Araujo memang harus berusaha sangat keras untuk menyaingi nama besar para pendahulunya. Jika Araujo mampu menembus tim utama Barcelona saat ini, yang telah ditambah Jules Kounde dan Andreas Christensen, bukan tak mungkin jika ia akan melegenda.

Baca Juga: Barcelona Masih Punya Utang kepada 3 Pemain Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya