Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim Ini

Daya tarik Saudi di dunia sepak bola

Di sepak bola, Arab Saudi merupakan salah satu negara raksasa di Benua Asia. Hingga saat ini Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan torehan gelar juara Piala Asia terbanyak bersama Jepang dan Iran. Selain itu, mereka juga merupakan negara langganan di kompetisi Piala Dunia.

Soal kompetisi domestik mereka juga mempunya liga yang cukup maju. Kini mereka menempati urutan ke-4 sebagai liga terbaik di benua Asia. Faktor inilah yang menjadi salah satu pendorong banyaknya mantan pemain top Eropa yang akhirnya mencoba Saudi Professional League sebagai salah satu jalan kariernya.

Berikut ini kami sajikan 5 pemain top yang merumput di Saudi Professional League pada musim ini. Check this out!

1. Bafetimbi Gomis

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim IniBafetimbi Gomis (alkhaleejtoday.co)

Bafetimbi Gomis merupakan salah satu pemain asing terbaik yang saat ini berada di Liga Arab Saudi. Sebelum bergabung bersama Al-Hilal pada tahun 2018, Gomis sempat berkelana ke berbagai klub Eropa, seperti Lyon, Marseille, Swansea City, hingga Galatasaray yang menjadi klub terakhirnya di Eropa.

Bersama Al-Hilal, striker berkebangsaan Prancis ini telah berhasil meraih berbagai gelar juara yang bisa Al-Hilal raih di Asia. Satu gelar juara Saudi Professional League, 2 kali juara Saudi Super Cup dan gelar juara Liga Champions Asia tahun 2019 adalah beberapa penghargaan yang berhasil Gomis berikan untuk tim yang bermarkas di kota Riyadh ini.

Untuk urusan gelar individu, Gomis juga telah berhasil menjadi top skor di Liga Champions Asia musim 2018/2019 dan menjadi top skor Saudi Super League di musim ini.

2. Luciano Vietto

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim IniLuciano Vietto (xeniasports.com)

Musim ini merupakan kali pertama Luciano Vietto berkiprah di Liga Arab Saudi. Vietto merupakan pemain yang pernah berseragam Atletico Madrid, Sevilla, Fulham, dan Valencia kala masih berkarier di Eropa.

Ia dibeli pada awal musim oleh Al-Hilal dari Sporting club Portugal dengan banderol sebesar 3,5 juta euro atau setara dengan Rp61 miliar. Bersama Bafetimbi Gomis, Luciano Vietto berhasil mempersembahkan tropi Saudi Professional League untuk timnya, Al-Hilal, di musim ini.

Baca Juga: Real Madrid Mau Ngontrak di Kandang Atletico

3. Sebastian Giovinco

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim IniSebastian Giovinco (thescore.com)

Selain Gomis dan Vietto, Al-Hilal juga memiliki Sebastian Giovinco di dalam jajaran pemain asingnya. Walaupun tidak setajam Bafetimbi Gomis, mantan wonderkid Juventus ini juga memiliki andil besar dalam keberhasilan Al-Hilal di Saudi Professional League musim ini.

Giovinco pertama kali menginjakkan kakinya di kota Riyadh pada tahun 2019 setelah 4 musim bermain untuk Toronto FC di Major League Soccer. Hingga saat ini Giovinco telah berhasil berkontribusi melalui 15 gol dan 18 assists dari 80 pertandingannya untuk Al-Hilal.

Untuk urusan trofi bagi Al-Hilal, Giovinco juga memiliki torehan yang sama dengan yang didapatkan oleh Bafetimbi Gomis, yakni 1 gelar juara Saudi Professional League, 1 kali juara Saudi Super Cup, dan 1 gelar juara Liga Champions Asia di tahun 2019.  

4. Ever Banega

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim IniEver Banega (thesportsrush.com)

Mantan kapten Valencia dan Sevilla, Ever Banega, saat ini merupakan bagian dari skuad Al-Shahab. Musim ini merupakan musim pertamanya berlaga di Saudi Professional League setelah sebelumnya menjadi bagian penting dari skuad Sevilla dalam meraih gelar juara Europa League.

Walaupun baru bergabung, Banega telah dipercaya menjadi kapten dari tim Al-Shahab. Pengalaman serta kemampuannya dalam memimpin tim menjadi alasan pelatih Al-Shahab, Carlos Inarejos, menunjuk Banega sebagai kapten.

Pada musim ini Banega telah berhasil membawa Al-Shahab bercokol di peringkat kedua sementara dengan torehan 7 gol dan 8 assists dari 24 penampilan.

5. M'Baye Niang

5 Pemain Top yang Merumput di Saudi Professional League Musim IniMbaye Niang (xeniasports.com)

Mantan striker AC Milan, Torino, dan Watford, M'Baye Niang, menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Berbeda dengan pemain lain yang datang secara permanen, Niang justru datang ke Al-Ahli sebagai pemain pinjaman dari Stade Rennes pada bulan Februari lalu.

Namun, striker berkebangsaan Senegal ini hanya mencatatkan 5 laga tanpa catatan gol ataupun assists. Hal tersebut memang sangatlah mengecewakan untuk pihak tim dan para pendukung Al-Ahli.

Menurut beberapa media Prancis, Mbaye Niang dikabarkan tidak kerasan berada di Al-Ahli dan sangat berharap untuk bisa secepatnya kembali untuk bergabung bersama Stade Rennes di Prancis.

 

Itulah 5 pemain top yang musim ini merumput bersama tim Saudi Professional League. Selain nama-nama tersebut, mantan pemain Manchester United, Odion Ighalo, dan penyerang utama timnas Peru, Andre Carillo, juga berkarier di Saudi Professional League musim ini. Menurutmu siapa yang terbaik?

Baca Juga: 5 Hidangan Tradisional Khas Arab Saudi Paling Populer, Rasa Autentik!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya