5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro Martinez

Jadi tulang punggung Nerazzurri

Dengan kualitas sebagai penyerang tajam, Lautaro Martinez diakui sebagai tulang punggung tim Inter Milan dalam beberapa musim terakhir. Hingga giornata ke-34 Serie A Italia, striker berkebangsaan Argetina ini telah mencatak 16 gol yang jadi torehan terbanyak di pasukan I Nerazzurri musim ini.

Sejak datang dari Racing Club pada tahun 2018, Lautaro Martinez sudah berani mengambil nomor punggung 10. Nomor tersebut jelas sangat keramat dan dianggap sebagai pentolan dalam tim. Namun, Lautaro sepertinya sudah tau jika dirinya akan menjadi pemain hebat saat membela Inter Milan.

Untuk membandingkan kehebatan Lautaro dengan beberapa pemain yang juga menggunakan nomor punggung 10 Inter Milan sebelum dirinya, ada baiknya simak ulasan berikut!

1. Adriano

5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro MartinezAdriano (skysports.com)

Jauh sebelum Lautaro Martinez menggunakan nomor punggung 10 di Inter Milan, nomor keramat ini pernah digunakan oleh Adriano Leite. Pemain berjuluk The Emperor ini sangat fenomenal ketika membela Inter Milan.

Adriano bermain selama enam musim untuk Inter Milan sejak bergabung dari Parma pada tahun 2004. Selama berseragam Inter Milan, Adriano dikenal sangat tajam dan mampu berkolaborasi dengan Zlatan Ibrahimovic di lini serang dan mampu mencetak 74 gol serta 27 assists dari 177 laga.

Akan tetapi cedera dan perubahan pola hidup Adriano, membuat karier sepak bolanya menurun. Dengan penurunan tersebut, Adriano pun dilepas ke Flamengo secara gratis pada tahun 2009.

2. Wesley Sneijder

5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro MartinezWesley Sneijder (sempreinter.com)

Secara kontribusi dan prestasi, Wesley Sneijder bisa disebut sebagai pemiliki nomor punggung 10 Inter Milan terbaik dalam daftar ini. Gelandang asal Belanda ini diboyong dari Real Madrid pada jendela transfer musim panas 2009 dengan banderol sebesar 27 juta euro atau setara dengan Rp410 miliar.

Kontribusi besarnya saat mematahkan dominasi Barcelona di Liga Champions merupakan satu momen yang paling sering diingat dari Sneijder di Inter Milan. Pada musim 2009/2010, ia bersama Diego Milito dan Samuel Eto’o berhasil menjadi tulang punggung Inter Milan untuk meraih gelar juara Liga Champions 2010 dan meraih treble winners.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Inter Milan

3. Mateo Kovacic

5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro MartinezMateo Kovacic (skysports.com)

Mateo Kovacic didatangkan oleh Inter Milan dari Dinamo Zagreb pada Januari 2013. Pada awal kedatangannya, Kovacic sempat memilih untuk menggunakan nomor punggung 29. Namun, setelah melihat kekosongan nomor punggung 10 yang ditinggal Wesley Sneijder, Kovacic pun langsung ambil alih.

Selama menggunakan nomor punggung 10 di Inter Milan, Kovacic tampil cukup baik selama 2,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Kovacic selalu diandalkan dan sukses mencetak 8 gol dan 11 assists dari 97 pertandingan. Pada jendela transfer musim panas 2015, Kovacic pun dijual ke Real Madrid.

4. Stevan Jovetic

5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro MartinezSteven Jovetic (skysports.com)

Setelah kepergian Mateo Kovacic, nomor punggung 10 kemudian dipakai oleh Stevan Jovetic. Striker berkebangsaan Montenegro ini didatangkan dari Manchester City setelah melalui masa peminjaman di musim 2015/2016.

Total tiga musim Stevan Jovetic membela Inter Milan, yakni pada musim 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018. Akan tetapi nomor punggung 10 Inter Milan justru hanya digunakan ketika ia bermain pada dua musim awal.

Sedangkan pada musim 2017/2018, ia menggunakan nomor punggung 8. Selama berseragam Inter Milan, Jovetic hanya mampu mencetak 7 gol dan 4 assists dari 33 pertandingan.

5. Joao Mario

5 Pemain Inter Milan yang Pakai Nomor 10 Sebelum Lautaro MartinezJoao Mario (skysports.com)

Joao Mario sempat menggunakan nomor punggung 10 di Inter Milan. Akan tetapi kesempatan tersebut hanya bertahan selama 6 bulan pada musim 2017/2018. Pasalnya, pada paruh kedua musim tersebut, Joao Mario dipinjamkan ke West Ham United.

Saat ia kembali ke Inter Milan, nomor tersebut telah digunakan oleh Lautaro Martinez. Gelandang asal Portugal ini akhirnya mengalah dan memilih untuk memakai nomor 15. Joao Mario tak punya karier bagus di Italia. Selama berseragam Inter Milan, Joao Mario hanya mencatat 69 laga dengan kontribusi 4 gol dan 13 assists.

 

Lautaro Martinez menjadi pemain paling penting di skuad Inter Milan sejauh ini. Dalam beberapa musim, beredar kabar beberapa tim besar seperti Barcelona, Real Madrid dan Liverpool mengincar jasanya. Lalu bagaimana kelanjutan karier Lautaro Martinez bersama I Nerazzurri?

Baca Juga: 9 Potret Lautaro Martínez, Kehebatannya Sampai Dipuji Lionel Messi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya