6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPL

Fernando Torres, De Gea hingga Thomas Partey!

Atletico Madrid merupakan klub terbesar di La Liga selain Real Madrid dan Barcelona saat ini. Kehebatan mereka dalam jual beli pemain dan mengorbitkan pemain hebat perlu diakui sebagai kekuatan utama mereka untuk menjadi tim besar.

Selain dua hal tersebut, Atletico Madrid juga memiliki akademi sepak bola hebat yang berhasil memberikan kemajuan klub secara berkelanjutan. Salah satu kompetisi di luar La Liga yang paling sering mendatangkan pemain jebolan akademi Atletico Madrid ialah English Premier League (EPL).

Tercatat, telah ada 6 pemain jebolan akademi Atletico Madrid yang pernah merumput di kasta tertinggi sepak bola Inggris ini. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Fernando Torres

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLgoal.com

Fernando Torres merupakan salah satu produk terbaik dari akademi sepak bola Atletico Madrid. Bahkan sebelum pindah ke EPL, Torres pernah menjabat dan dinobatkan sebagai kapten termuda di klub berjuluk Los Rojiblancos tersebut.

Saat merumput di EPL, Torres juga dikenal sebagai striker yang tajam, terutama saat Ia membela Liverpool selama 3 musim. Selain di Liverpool, pemain berjuluk El Nino ini juga pernah membela Chelsea, walaupun penampilannya dianggap menurun saat membela klub asal London tersebut.

Jika ditotalkan, Torres menghabiskan 7 tahun kariernya untuk merumput di EPL dengan torehan 212 pertandingan dengan catatan 85 gol dan 39 assists.

2. David De Gea

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLDavid De Gea (skysports.com)

Selain Fernando Torres, David De Gea juga merupakan produk terbaik akademi Atletico Madrid yang pernah merumput di EPL. Bahkan faktanya, De Gea merupakan satu-satunya pemain jebolan akademi Atletico yang berhasil meraih gelar juara EPL, tepatnya di tahun 2013.

Sejak datang ke Manchester United di tahun 2011, De Gea kerap dipercaya untuk menjadi pemain utama di bawah mistar The Red Devils dan sampai saat ini ia telah mengemas 341 laga. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, De Gea selalu dianggap sebagai penyelamat tim dan pemain terbaik yang ada di Manchester United.

3. Alvaro Morata

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLAlvaro Morata (goal.com)

Banyak orang menyangka jika Alvaro Morata merupakan produk asli akademi Real Madrid. Namun faktanya, ia lebih dulu memulai karier sepak bolanya bersama akademi Atletico di antara tahun 2005 hingga 2007. Barulah di antara tahun 2008 hingga 2013, Morata pindah dan menjadi bagian dari akademi Getafe dan Real Madrid.

Morata pernah menghabiskan 2 musim untuk berkarier di EPL dengan bergabung bersama Chelsea. Namun sayang, penampilannya tidak terlalu bagus, sehingga ia hanya mencetak 16 gol dari 47 pertandingan.

Bahkan, Morata sempat dicaci oleh fans The Blues karena performa buruknya tersebut. Alhasil pada tahun 2020, ia akhirnya kembali bermain untuk Atletico Madrid yang menjadi cikal bakal kariernya di sepak bola.

4. Pedro Obiang

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLPedro Obiang (primocanale.it)

Akademi Atletico Madrid tidak melulu diisi oleh pemain berkebangsaan Spanyol. Sering kali ada pemain non Spanyol yang juga ikut menimba ilmu di akademi ini dan Pedro Obiang adalah salah satunya. Pedro Obiang merupakan pemain berkebangsaan Guinea yang pernah tergabung dalam akademi Atletico selama 5 tahun.

Namun sayang, ia tidak pernah bermain di Atletico Madrid, karena sejak tahun 2008 Ia telah pindah ke Sampdoria untuk bergabung dengan klub Italia tersebut. Setelah menghabiskan 5 musim di Sampdoria, Pedro Obiang pernah mencoba peruntungannya untuk bermain di EPL, bersama West Ham United.

Jika bicara soal kualitas dan kontribusi, permainan Obiang selama 4 musim di West Ham United bisa dibilang cukup baik. Secara total Ia mencatatkan 116 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 3 assists sebagai seorang gelandang bertahan.

5. Rodri

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLRodri (skysports.com)

Sebelum pindah dan besar bersama akademi Villarreal, Rodrigo Hernández atau Rodri juga pernah mengenyam pendidikan bersama akademi Atletico Madrid. Total, 5 tahun ia tergabung dalam akademi Atletico, dari tahun 2007 hingga 2013.

Rodri juga sempat kembali lagi bersama Atletico Madrid sebelum dirinya bermain untuk Manchester City. Dan saat ini, ia merupakan salah satu pemain yang paling sering dipercaya oleh Pep Guardiola untuk menjadi starter di lini tengah The Cityzens.

6. Thomas Partey

6 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Pernah Main di EPLThomas Partey (skysports.com)

Selain Pedro Obiang, Thomas Partey juga merupakan contoh pemain non Spanyol yang menimba ilmu bersama akademi Atletico Madrid. Sebelum menimba ilmu di akademi Ateltico, Partey pernah bermain di akademi lokal Ghana bernama Odomateh.

Partey dipromosikan di tahun 2013 oleh Atletico Madrid dan sempat bolak bolik dipinjamkan sebelum akhirnya dijual ke Arsenal di tahun 2020. Peran Partey bersama The Gunners juga cukup vital. Pada musim lalu, ia berhasil mencatatkan 33 pertandingan di seluruh ajang, walaupun masih sering dibekap cedera.

 

Itulah 6 pemain jebolan akademi Atletico Madrid yang pernah merasakan main di English Premier League (EPL). Walaupun tak sementereng La Masia ataupun La Fabrica, tetapi akademi Atletico Madrid masih pantas disebut sebagai yang terbaik.

Baca Juga: 6 Pemain Atletico Madrid Paling Diandalkan Diego Simeone

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya