6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milan

Inter Milan dan Kroasia yang punya hubungan erat

Dibandingkan 6 negara pecahan Yugoslavia lain, Kroasia bisa disebut sebagai negara dengan iklim sepak bola terbaik di daratan Balkan. Di umurnya yang kala itu masih 7 tahun sebagai sebuah negara baru, Kroasia sudah mampu menyentuh babak semifinal Piala Dunia tahun 1998.

Dua puluh tahun kemudian atau tepatnya pada Piala Dunia 2018, mereka hampir saja menjadi juara di Piala Dunia sebelum akhirnya dikalahkan Prancis di laga final. Soal bakat pesepak bola, Kroasia tidak pernah kehabisan bahan. Bakat-bakat hebatnya selalu bertebaran di tim-tim besar Eropa, termasuk Inter Milan yang sangat aktif dalam memburu pemain asal Eropa Timur.

Siapa sajakah pesepak bola berkebangsaan Kroasia yang pernah membela Inter Milan? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Dario Simic

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milangoal.com

Setelah tampil gemilang dan membawa Timnas Kroasia melaju ke semifinal Piala Dunia 1998, nama Dario Simic muncul dan menjadi buruan tim-tim besar Eropa. Pada bulan Januari 1999, Simic memutuskan untuk hengkang dari Dinamo Zagreb ke Inter Milan untuk memulai petualangannya di klub yang lebih besar.

Dario Simic menjadi pemain berkebangsaan Kroasia pertama yang merumput bersama Inter Milan sejak Kroasia memisahkan diri dari Yugoslavia. Selama di Inter, Simic tidak selalu dipilih menjadi pemain starter karena di waktu yang sama Inter juga memiliki Javier Zanetti dan Christian Panucci di posisi bek kanan.

Selama 3 musim berseragam I Nerrazurri, Simic mencatatkan 91 kali penampilan dengan torehan 4 gol. Ia akhirnya menyebrang ke AC Milan pada tahun 2002.

2. Marko Livaja

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milangazzetta.it

Pada bulan Juli 2010, Inter Milan mendatangkan seorang pemain muda berkebangsaan Kroasia bernama Marko Livaja dari Hajduk Split. Kala diboyong ke Inter Milan, pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini masih berumur 17 tahun dan masih sangat minim pengalaman.

Umurnya yang masih muda jelas menjadi alasan mengapa Marko Livaja sulit untuk mendapatkan kesempatan bermain di tim sebesar Inter Milan. Livaja pun lebih sering dipinjamkan ketimbang bermain untuk tim utama Inter Milan.

Livaja hanya mampu tampil sebanyak 13 laga dengan catatan 4 gol selama 3 musim berstastus sebagai pemain Inter Milan. Akhirnya pada tahun 2013 Livaja dilepas ke Atalanta Bergamo dengan banderol sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp86,8 miliar.

3. Mateo Kovacic

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milanthenationalnews.com/AFP

Penampilan impresif Mateo Kovacic kala membela Dinamo Zagreb membuat manajemen Inter Milan tertarik untuk mendatangkannya. Pada awal tahun 2013, Inter Milan mendatangkan Kovacic dengan mahar sebesar 11 juta euro atau senilai Rp191 miliar dari Dinamo Zagreb.

Selama berseragam Inter Milan, Kovacic berhasil menampilkan permainan terbaiknya dan menjadi andalan di pos lini tengah klub asal kota Milan ini. Dalam kurun waktu 2,5 musim, Kovacic berhasil mengemas 8 gol dan 11 assists dalam 97 laga yang Ia mainkan bersama Inter Milan. Ia akhirnya hengkang ke Real Madrid pada tahun 2015.

Baca Juga: Logo dan Jersi Baru Inter Milan, Mencerminkan Persaudaraan

4. Marcelo Brozovic

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milaninter.it

Sama seperti Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic juga didatangkan dari Dinamo Zagreb. Brozovic pertama kali datang ke Inter pada tahun 2015 dengan status pinjaman. Setelah semusim dipinjamkan, Brozovic sempat dikembalikan ke Dinamo Zagreb pada bulan Januari 2016.

Kemudian, pada bulan Juli 2016, Inter Milan mendatangkannya secara permanen dengan banderol sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp86,8 miliar. Hingga kini Marcelo Brozovic masih menjadi andalan di lini tengah Inter Milan. Dengan catatan 236 penampilan hingga sejauh ini, Brozovic menjadi pemain Kroasia dengan penampilan terbanyak di Inter Milan.

5. Ivan Perisic

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milanmediareferee.com

Selain Marcelo Brozovic, Ivan Perisic juga masih berstatus sebagai pemain Inter Milan hingga saat ini. Perisic didatangkan dari Vfl Wolfsburg pada tahun 2015 dengan banderol sebesar 19 juta euro atau sekitar Rp330 miliar.

Di musim lalu, Perisic sempat dipinjamkan ke Bayern Munich selama semusim. Ivan Perisic juga menjadi salah satu pemain Inter Milan yang selalu diandalkan dari awal kedatangannya hingga saat ini. Total 43 gol dan 40 assists telah berhasil ia persembahkan untuk I Nerrazurri dalam 198 pertandingannya hingga sejauh ini.

6. Sime Vrsaljko

6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milanbeinsports.com

Bek kanan andalan Timnas Kroasia, Sime Vrsaljko, juga sempat berseragam I Nerrazurri. Setelah tampil hebat di Piala Dunia 2018, Vrsaljko didatangkan ke Giuseppe Meazza dengan status pinjaman dari Atletico Madrid.

Namun, selama berseragam Inter Milan, Vrsaljko hanya mampu bermain sebanyak 10 kali karena mengalami beberapa kali cedera. Pada tahun 2019, Vrsaljko akhirnya dikembalikan ke Atletico Madrid.

 

Itulah 6 pemain berkebangsaan Kroasia yang pernah membela Inter Milan. Musim ini ada 2 pemain berkebangsaan Kroasia yang masih berstatus sebagai pemain Inter Milan. Menurutmu, akankah kedua pemain tersebut bertahan hingga gantung sepatu bersama I Nerrazurri?

Baca Juga: Siapa yang Bisa Kejar Inter Milan di Serie A?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya