5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Beberapa pemain potensial justru tak dibawa

Timnas Belanda akhirnya mengumumkan 26 pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (11/11/2022). Deretan nama tersebut merupakan seleksi dari 39 nama yang sebelumnya telah diumumkan Louis van Gaal pada Jumat (21/10/2022).

Proses seleksi tersebut ternyata meninggalkan beberapa pemain top yang akhirnya tak dibawa ke Qatar. Lima pemain papan atas tak masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

1. Sven Botman

5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Sven Botman (nufc.co.uk)

Bermain sangat impresif dan membawa Newcastle United bertengger di empat besar English Premier League (EPL) ternyata tak membuat Sven Botman dibawa ke Qatar. Padahal bek berusia 22 tahun sebetulnya sangat layak berada di skuad Timnas Belanda.

Sayang, Louis van Gaal lebih memilih Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind, Stefan de Vrij, Matthijs de Ligt, dan Jurrien Timber untuk posisi bek tengah. Faktanya, Sven Botman juga tak pernah tampil di tim senior De Oranje.

2. Donny van de Beek

5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Donny van den Beek (premierleague.com)

Penurunan performa yang sangat signifikan setelah pindah dari Ajax Amsterdam pada awal musim 2020/2021 membuat Donny van de Beek tenggelam. Oleh karena itu, ia sudah tak dipanggil Timnas Belanda sejak Juni 2021.

Padahal dahulu Donny van de Beek merupakan seorang gelandang muda yang berkualitas dan potensial. Namun, performanya tak meyakinkan belakangan ini. Tak heran jika ia tak disertakan Van Gaal ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi Pelatih

3. Arnaut Danjuma

5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Arnaut Danjuma (twitter.com/euro2024)

Permainan ciamik yang ditunjukan Arnaut Danjuma dalam 2 musim terakhir membuat ia jadi sorotan publik. Ia digadang-gadang akan menjadi bintang baru di lini serang Timnas Belanda.

Sayang, penampilan apiknya di Villarreal tak membuat penyerang kelahiran Nigeria ini dibawa Louis van Gaal. Ia kalah saing dari beberapa nama, seperti Memphis Depay, Vincent Janssen, Luuk De Jong, dan Wout Weghorst.

4. Ryan Gravenberch

5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Ryan Gravenberch (mobile.twitter.com/FCBayern)

Ryan Granvenberch telah dianggap sebagai wonderkid di Ajax Amsterdam sejak 3 musim lalu. Pada awal musim ini, Granvenberch pindah ke Bayern Munich dan cukup aktif bermain bersama tim raksasa Bundesliga tersebut.

Ia justru tak disertakan untuk jadi pemain yang berada di lini tengah Timnas Belanda. Padahal Granvenberch memiliki permainan ciamik yang bisa sangat membantu De Oranje. Untuk posisinya ini, Granvenberch kalah saing dengan beberapa nama baru, seperi Kenneth Taylor dan Xavi Simons.

5. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Georginio Wijnaldum (twitter.com/EURO2024)

Cedera menjadi alasan utama Georginio Wijnaldum harus absen pada Piala Dunia 2022. Meski penampilannya tak cukup baik di level klub, Wijnaldum biasanya selalu dipanggil ke Timnas Belanda.

Sosoknya sebagai pemain senior dan wakil kapten menjadi alasan kuat Wijnaldum kerap jadi pemain langganan tim nasional. Selain itu, penampilan Wijnaldum di level timnas biasanya juga jauh lebih baik ketimbang ia bermain di klub.

Louis van Gaal memang membuat banyak kejutan dari keputusannya memilih 26 pemain terbaik yang dibawa Timnas Belanda ke Piala Dunia 2022. Dengan komposisi pemain yang ada, sejauh manakah De Oranje akan melangkah?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Spanyol ke Piala Dunia 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya