5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022

Mayoritas pemain bertahan

Setelah sempat menahan imbang Argentina selama 120 menit, Belanda malah tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar lewat adu penalti. Tendangan Virgil van Dijk dan Steven Berghuis yang gagal membobol gawang Emiliano Martinez menjadi alasan mereka kalah.

Di luar itu, Belanda sebenarnya bermain cukup baik selama turnamen tahun ini. Beberapa pemain juga cemerlang selama di Qatar.

Siapa sajak pemain tersebut? Inilah pemain penting dalam perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022!

1. Andries Noppert

5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022Andries Noppert (twitter.com/OnsOranje)

Andries Noppert adalah rising star Belanda di Piala Dunia 2022. Ia bukan kiper yang dikenal publik secara luas sebelum gelaran tahun ini. Noppert juga tak pernah mendapatkan caps di timnas.

Meski begitu, permainan hebatnya di bawah mistar De Oranje membuat namanya cukup menonjol. Ia kini dikenal publik secara luas.

2. Virgil van Dijk

5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022Virgil van Dijk (fifa.com)

Di Piala Dunia 2022, Louis van Gaal menggunakan skema tiga bek dalam strateginya. Dari ketiga bek tengah yang ia gunakan, Virgil van Dijk menjadi nama yang paling mentereng dari segi performa.

Berstatus sebagai kapten tim, Van Dijk bermain disiplin sebagai tembok terakhir pertahanan Belanda sebelum Noppert. Namun, kegagalannya menjalankan penalti kontra Argentina membuat kiprahnya di Piala Dunia tercoreng.

Baca Juga: Virgil van Dijk: Belanda Bukan Lawan Lionel Messi, tapi Argentina

3. Cody Gakpo

5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022Cody Gakpo (fifa.com)

Louis van Gaal tampaknya tak memiliki pemain tetap untuk posisi penyerang. Ia kerap menggonta-ganti pemain demi skema yang pas untuk dijalankan. Dari beberapa penyerang dan winger yang dibawa ke Piala Dunia 2022, Cody Gakpo menjadi yang paling bersinar.

Namanya selalu terdengar ketika Belanda bermain pada fase grup Piala Dunia 2022. Catatan 3 gol dari 5 laga yang ia catatkan selama Piala Dunia 2022 jadi bukti kehebatannya. Berkat permainan apiknya tersebut, Gakpo digadang-gadang akan jadi bursa panas pada jendela transfer mendatang.

4. Denzel Dumfries

5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022Denzel Dumfries (mobile.twitter.com/DenzelJMD2)

Nama Denzel Dumfries pertama kali dikenal publik ketika bermain impresif di Piala Eropa 2020. Tren positifnya kemudian kembali ia bawa ketika jadi pilihan utama Louis van Gaal untuk posisi sayap  kanan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Selama turnamen, Denzel Dumfries menjadi pemain yang paling aktif bergerak. Tak hanya itu, ia juga berhasil menyumbang 1 gol dan 2 assist dalam perjalanan Belanda di Piala Dunia.

5. Frenkie de Jong

5 Pemain Penting dalam Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022Frenkie De Jong (ftwitter.com/EURO2024)

Sama seperti lini serang, Louis van Gaal juga cukup sering mengganti komposisi lini tengah. Dari beberapa nama yang dibawa, Frenkie de Jong menjadi yang paling sering dimainkan Van Gaal dengan catatan 476 menit dalam 5 laga.

Gelandang asal Barcelona ini memang bermain cukup apik sehingga dapat kepercayaan Louis van Gaal. Selama Piala Dunia 2022, De Jong sukses menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Mayoritas nama dalam daftar ini diisi pemain yang beroperasi di lini pertahanan. Sebab, Louis van Gaal cukup sering mengganti komposisi untuk lini serang maupun lini tengah.

Baca Juga: Cody Gakpo, Penerus Legenda PSV di Lini Depan Belanda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya