5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro Odriozola

Pernah dipakai banyak pemain bintang

Nomor punggung 16 di Real Madrid sering kali menjadi jembatan para pemain ternama sebelum mendapatkan nomor punggung utama (1—11). Gabriel Heinze, Fernando Gago, Samuel Eto’o, Fernando Hierro, hingga Raul Gonzalez pernah memakai nomor ini di El Real.

Saat ini, nomor punggung 16 diwariskan kepada Alvaro Odriozola, bek kanan yang diproyeksi menjadi penerus Dani Carvajal. Namun, Odriozola belum mendapatkan menit bermain yang memuaskan sejauh ini. Coba kita bandingkan dengan pendahulunya.

Inilah pemain Real Madrid dengan nomor 16 sebelum Alvaro Odriozola.

1. Lucas Silva

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro OdriozolaLucas Silva (twitter.com/16LucasSilva)

Mungkin banyak penggemar Real Madrid yang tak tahu nama Lucas Silva. Gelandang asal Brasil ini didatangkan pada pertengahan musim 2014/2015 dari Cruzeiro. Kala itu, ia memakai nomor punggung 16.

Sayang, karier Lucas Silva di Real Madrid tak berjalan lancar. Sebab, ia hanya mampu bertahan selama setengah musim dengan torehan sembilan laga. Kala berseragam Real Madrid, Silva lebih sering dipinjamkan ke klub lain, seperti Marseille dan Cruzeiro.

2. Mateo Kovacic

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro OdriozolaMateo Kovacic (chelseafc.com)

Sebelum bergabung dengan Chelsea, Mateo Kovacic pernah 3 musim (2015—2018) menjadi bagian dari Real Madrid. Gelandang asal Kroasia ini menggunakan nomor punggung 16 pada 2 musim pertamanya.

Pada musim ketiganya, Kovacic beralih menggunakan nomor punggung 23. Meski lebih sering menjadi pemain pelapis, performa Kovacic di Real Madrid bisa dikatakan cukup apik. Catatan 3 gol dan 8 assist dari 108 laga sukses ia catatkan dalam 3 musim.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor Punggung 2 sebelum Dani Carvajal

3. James Rodriguez

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro OdriozolaJames Rodriguez (twitter.com/championsleague)

Saat bermain untuk Real Madrid, James Rodriguez lebih erat kaitannya dengan nomor punggung 10. Namun, setelah menjalani 2 musim masa peminjaman di Bayern Munich, James pulang ke Real Madrid dengan memakai nomor punggung 16 pada 2019/2020.

Kebetulan saat itu nomor punggung 10 yang biasa ia gunakan diwariskan kepada Luka Modric. Penampilan James Rodriguez sendiri sangatlah memuaskan sebelum kedatangan Zinedine Zidane. Ia berhasil mencetak 37 gol dan 42 assist dari 125 laga untuk Los Blancos.

4. Borja Mayoral

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro OdriozolaBorja Mayoral (twitter.com/Mayoral_Borja)

Borja Mayoral merupakan salah satu penyerang jebolan akademi La Fabrica. Ia pernah menggunakan beberapa nomor punggung ketika berseragam Real Madrid senior. Pada paruh pertama musim 2020/2021, Mayoral memakai nomor 16.

Saat berseragam Real Madrid, Mayoral lebih sering menjadi pemain pelapis daripada penyerang utama seperti Alvaro Morata dan Karim Benzema. Oleh karena itu, ia hanya bisa mencetak 7 gol dan 4 assist dari 33 laga.

5. Luka Jovic

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor 16 sebelum Alvaro OdriozolaLuka Jovic (acffiorentina.com)

Selain Borja Mayoral, Luka Jovic juga menjadi penyerang berbakat lain yang gagal bersinar kala berseragam Real Madrid. Padahal Jovic sangatlah bersinar saat masih bermain untuk Eintracht Frankfurt.

Pada 2 musim pertamanya (2019—2021), Jovic sempat menggunakan nomor 18. Setelah menjalani masa peminjaman, ia pun beralih menggunakan nomor punggung 16 pada 2021/2022. Ia hanya bisa mencetak 3 gol dan 5 assist dari 51 laga.

Nomor punggung 16 kini jatuh kepada Alvaro Odriozola. Namun, posisi Dani Carvajal di bek kanan Real Madrid memang sulit tergantikan. Odriozola mesti bersabar dan terus bekerja keras agar suatu saat nanti bisa mendapatkan posisi tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 21 Sebelum Rodrygo

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya