5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim Benzema

Benzema masih tajam meski telah menua

Walaupun telah berusia 34 tahun, Karim Benzema masih menunjukan diri sebagai seorang striker tajam. Menurut FourFourTwo, Benzema menempati posisi ketiga sebagai striker nomor 9 terbaik setelah Robert Lewandowski dan Erling Haaland.

Hal ini terbukti saat ia membawa Real Madrid comeback atas Paris-Saint Germain pada laga enam belas besar Liga Champions pada 9 Maret 2022 lalu. Benzema sendiri telah bergabung bersama Real Madrid sejak 2009.

Mungkin tak banyak yang menyadari jika Benzema pernah menggunakan nomor punggung 11 sebelum nomor punggung 9. Sebelum Benzema, Real Madrid juga pernah memiliki beberapa pemain hebat yang tercatat menggunakan nomor punggung 9.

1. Fernando Morientes

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim BenzemaFernando Morientes (ar.marca.com)

Jauh sebelum Karim Benzema menggunakan nomor punggung 9 pada 2010/2011, nomor ini merupakan milik Fernando Morientes. Striker yang pernah bermain untuk Liverpool ini datang ke Santiago Bernabeu pada 1997/1998 dari Real Zaragoza. Ia awalnya memilih nomor punggung 15.

Setelah 2 musim, Morientes mengambil alih nomor punggung 9 di Real Madrid. Bicara soal performa dan prestasi, penampilan Morientes di Real Madrid bisa digolongkan sangat baik.

Ia mampu mencetak 100 gol dan 32 assist dari 272 pertandingan dalam kurun waktu 8 musim. Torehan tersebut juga berkontribusi dalam tiga gelar juara Liga Champions Real Madrid pada 1998, 2000, dan 2002.

2. Ronaldo Nazario

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim BenzemaRonaldo Nazario (charitystars.com)

Didatangkan dari Inter Milan dengan banderol 45 juta euro atau setara dengan Rp703 miliar pada 2002, Ronaldo Nazario dipilih untuk mengisi posisi striker di Los Galacticos jilid pertama. Pemain berjuluk El Fenomeno ini memang memiliki popularitas yang sangat hebat kala itu.

Permainan apiknya bersama timnas Brasil di Piala Dunia 2022 merupakan salah satu alasannya. Banyak orang mengetahui jika Ronaldo merupakan striker hebat. Akan tetapi, ia memiliki masalah dengan cedera.

Kendati demikian, Ronaldo mampu tampil tajam dengan torehan 103 gol dan 34 assist dari 177 pertandingan selama 5 musim berseragam Los Blancos. Pada 2007, Ronaldo akhirnya hengkang ke AC Milan.

Baca Juga: 5 Catatan dan Rekor Menarik Karim Benzema usai Cetak Hattrick di UCL

3. Roberto Soldado

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim BenzemaRoberto Soldado (marca.com)

Roberto Soldado menjadi satu-satunya pemain akademi yang menggunakan nomor punggung 9 dalam daftar ini. Soldado dipromosikan pada 2005/2006 dan menggunakan nomor punggung 27 kala itu. Ia sempat dipinjamkan ke Osasuna semusim berselang, sebelum kembali ke tim utama Real Madrid pada 2007/2008.

Pada masa tersebut, Roberto Soldado menggunakan nomor punggung 9. Akan tetapi, ia hanya mampu mencatatkan delapan laga tanpa torehan gol maupun assist. Alhasil, ia dijual ke Getafe semusim berselang.

4. Javier Saviola

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim BenzemaJavier Saviola (skysports.com)

Javier Saviola menjadi salah satu pemain yang menyeberang secara langsung dari Barcelona ke Real Madrid pada era sepak bola modern. Striker berkebangsaan Argentina ini datang pada 2007 dan menggunakan nomor punggung 18 saat pertama bergabung dengan Real Madrid.

Pada musim keduanya, Saviola akhirnya mengakuisisi nomor punggung 9 yang ditinggalkan Roberto Soldado. Senasib dengan Soldado, Saviola juga gagal bersinar dan hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist dari 14 pertandingan pada musim kedua.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Real Madrid yang Pakai Nomor 9 Sebelum Karim BenzemaCristiano Ronaldo (skysports.com)

Memiliki julukan CR7, Cristiano Ronaldo tentu sangat lekat dengan nomor punggung 7. Namun, saat kedatangannya ke Real Madrid pada 2009, Ronaldo sempat menggunakan nomor punggung 9. Kebetulan nomor punggung 7 masih menjadi milik Raul Gonzalez.

Sebagai pemain berstatus megabintang, Ronaldo telah berhasil tampil luar biasa sejak musim pertamanya. Ia mampu mencetak 33 gol dan 11 assist dari 35 pertandingan pada 2009/2010. Dalam 8 musim membela Real Madrid, Ronaldo mencetak 450 gol dan 132 assist dari 438 pertandingan.

Di tengah gempuran striker tajam dan striker yang berevolusi sebagai false nine, Benzema tetap tampil luar biasa dengan segala kemampuannya. Pertanyaannya, mampukah Benzema membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions ke-14 pada 2021/2022 ini?

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dijebol Karim Benzema di Liga Champions

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya