5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam Galatasaray

Angelino menjadi pemain Spanyol teranyar di Galatasaray!

Spanyol adalah salah satu yang terbaik dalam urusan sepak bola. Pesepak bola asal Spanyol telah populer dan tersebar di berbagai belahan dunia karena kehebatannya. Galatasaray sebagai salah satu klub raksasa Turki pun tak luput menggunakan jasa pemain asal Spanyol.

Hingga Juli 2023, terdapat lima pesepak bola Spanyol yang telah bergabung dengan Galatasaray. Angka tersebut termasuk dengan Angelino yang baru-baru ini datang dari RB Leipzig. Lalu, siapa sajakah pesepak bola Negeri Matador yang pernah bergabung dengan tim asal Kota Istanbul itu?

1. Albert Riera

5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam GalatasarayAlbert Riera (galatasaray.org)

Pesepak bola Spanyol pertama yang bergabung dengan Galatasaray adalah Albert Riera. Pemain sayap kelahiran kota Manacor ini bergabung dengan Galatasaray pada musim panas 2010 dari Olympiacos. Kala itu, ia dihargai 6 juta euro atau sekitar Rp100 miliar.

Saat berseragam Galatasaray, Riera cukup sering bermain. Namun, pada musim ketiganya (2013/2014), Riera cukup sering dicadangkan. Ia pun dilepas pada musim dingin 2014. Selama 2,5 tahun berada di kota Istanbul, Riera bermain dalam 80 laga dengan sumbangan 4 gol dan 10 assist.

2. Jose Rodriguez

5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam GalatasarayJose Rodriguez (galatasaray.org)

Galatasaray merupakan klub profesional pertama yang dibela Jose Rodriguez. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini direkrut Galatasaray dari tim akademi Real Madrid, La Fabrica, secara gratis. Sayangnya, Rodriguez hanya bertahan selama semusim (2015/2016).

Sebab, ia dilepas ke Mainz 05 dengan mahar sebesar 2,15 juta euro atau sebesar Rp36 miliar. Padahal, Rodriguez tak begitu mengesankan berseragam Galatasaray. Ia hanya mencatat 23 laga dengan sumbangan 3 assist. Namun, Mainz tertarik dengan potensinya.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Galatasaray dari Bundesliga

3. Inaki Pena

5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam GalatasarayInaki Pena (galatasaray.org)

Inaki Pena merupakan kiper muda kelahiran Alicante yang saat ini menjadi kiper pelapis Marc Andre Ter Stegen di Barcelona. Pena bergabung dengan Galatasaray pada paruh kedua musim 2021/2022. Kala itu, ia didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Barcelona.

Saat berseragam Galatasaray, Pena mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 8 laga dengan catatan 1 nirbobol dan 11 kebobolan. Pada awalnya, Pena akan dipermanenkan untuk dijadikan regenerasi dari Fernando Muslera di bawah mistar. Namun, Barcelona memilih untuk memulangkannya.

4. Juan Mata

5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam GalatasarayJuan Mata (twitter.com/juanmata8)

Pada musim 2022/2023, Galatasaray memiliki seorang pesepak bola Spanyol di skuadnya. Dia adalah nama besar yang pernah membawa Timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Sosok yang dimaksud adalah Juan Mata.

Mantan gelandang serang Valencia ini didatangkan secara gratis dari Manchester United pada awal musim. Sayangnya, kerja sama Mata dan Galatasaray hanya terjalin selama semusim. Ia mencatat 18 laga dengan sumbangan 3 gol dan 2 assist. Per Senin (17/7/2023), Mata belum memiliki klub selepas pergi dari Galatasaray.

5. Angelino

5 Pesepak Bola Spanyol yang Pernah Berseragam GalatasarayAngelino (twitter.com/Galatasaray)

Pesepak bola Spanyol terbaru yang bergabung dengan Galatasaray adalah Jose Angel Esmoris Tesende atau yang dikenal dengan nama Angelino. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini dipinjam dari RB Leipzig hingga akhir musim. Dalam klausulnya, Angelino bisa dipermanenkan.

Oleh karena itu, Angelino harus bekerja keras demi bisa dipermanenkan. Pasalnya, dalam dua musim ini, karier Angelino di RB Leipzig sudah tak menentu. Ia tergeser oleh David Raum dan terpaksa dipinjamkan. Di Galatasaray sendiri, Angelino akan bersaing dengan Kazimcan Aratas.

 

Dari ulasan ini, diketahui bahwa pesepak bola asal Spanyol rata-rata tak bertahan lama bersama Galatasaray. Dalam daftar ini, hanya Albert Riera yang bisa bertahan lebih dari setahun. Pertanyaannya, akankah Angelino mengikuti jejak Albert Riera? Atau, ia akan mengikuti jejak tiga nama lain?

Baca Juga: Rapor 5 Pemain Baru RB Leipzig pada 2021/2022, Ada Angelino

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya