Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade Terakhir

Cagliari jadi salah satu tim yang terpaksa turun ke Serie B!

Serie A musim 2021/2022 berakhir dengan gelar juara yang didapatkan oleh AC Milan. Persaingan hingga pekan terakhir tersuguh sebagai persaingan di papan atas. Di sisi yang terbalik atau di zona degradasi, Venezia, Genoa, dan Cagliari jadi tim yang harus terlempar ke Serie B.

Terkhusus Cagliari, hal ini cukup disayangkan karena tim asal Sardinia ini cukup punya memori hebat di Serie A. Beberapa pemain top juga sering kali malang melintang untuk membela Cagliari. Setidaknya, dalam sedekade terakhir, pemain-pemain hebat juga berdatangan. Berikut kami sajikan lima di antaranya.

1. Radja Nainggolan

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade TerakhirRadja Nainggolan (skysports.com)

Radja Nainggolan merupakan salah satu pemain asing terbaik yang pernah membela Cagliari. Jika ditotalkan, Nainggolan bermain selama enam musim bersama Cagliari dalam dua kesempatan berbeda. Kesempatan pertama terjadi di antara tahun 2010 hingga 2014 sebelum ia pindah ke AS Roma.

Pada kesempatan kedua, gelandang Belgia yang punya darah Indonesia ini bermain selama dua musim (2019--2021) untuk Cagliari sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan. Total 188 laga dengan kontribusi 14 gol dan 13 assists Nainggolan sumbangkan untuk tim asal wilayah Sardinia tersebut.

2. Nicolo Barella

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade TerakhirNicolo Barella (twitter.com/TransferChanger)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Nicolo Barella pernah menimba ilmu di akademi Cagliari selama sembilan tahun (2006—2014). Barulah pada tahun 2014, Barella bermain di tim utama Cagliari dan jadi tumpuan tim selama beberapa musim.

Total lima musim Barella bermain untuk Cagliari. Ia sukses mencatatkan 7 gol dan 6 assists dari 112 pertandingan sebagai seorang gelandang. Pada tahun 2019, penampilan impresifnya tersebut akhirnya dihargai mahal oleh Inter Milan yang jadi timnya saat ini.

Baca Juga: Resmi! Nicolo Barella di Inter Milan hingga 2026

3. Bruno Alves

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade TerakhirBruno Alves (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah mantan bek utama Timnas Portugal yang berjasa membawa Selecao juara Euro 2016, Bruno Alves. Kariernya di level klub lebih sering ia habiskan untuk membela FC Porto. Setelah hengkang pada tahun 2010, Bruno Alves kemudian berpindah-pindah klub.

Pada musim 2016/2017, Bruno Alves memutuskan untuk bergabung dengan Cagliari dengan status bebas transfer dari Fenerbahce. Namun sayang, kerja sama keduanya hanya bertahan dalam waktu semusim. Dari kurun waktu tersebut, Bruno Alves sukses mencatatkan 37 penampilan untuk Cagliari.

4. Diego Godin

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade TerakhirDiego Godin (twitter.com/JeffRoader)

Diego Godin merupakan bek veteran Timnas Uruguay yang memiliki karier yang sangat cemerlang ketika bermain di LaLiga bersama Vllarreal dan Atletico Madrid. Godin juga sempat membela Inter Milan pada musim 2019/2020 ketika ia hengkang dari Atletico Madrid.

Semusim berselang, Godin memutuskan untuk menerima pinangan dari Cagliari dengan status bebas transfer. Dengan pengalamannya sebagai bek top Eropa, Godin tentu sangat membantu skuad Cagliari. Dalam kurun waktu 1,5 musim, Godin berhasil mencatatkan 40 penampilan dengan kontribusi 1 gol dan 2 assists.

5. Kwadwo Asamoah

5 Pemain Top yang Pernah Membela Cagliari dalam Sedekade TerakhirKwadwo Asamoah (twitter.com/SaddickAdams)

Nama yang terakhir ialah mantan bintang Timnas Ghana, Kwadwo Asamoah. Pemain yang berposisi sebagai pemain sayap kiri ini cukup mentereng di Serie A, terutama saat masih membela Udinese, Juventus, dan Inter Milan.

Pada Februari 2021, Asamoah yang saat itu tidak memiliki klub akhirnya diboyong oleh Cagliari. Namun sayang, Ia tak bisa berbuat banyak. Kerja sama Asamoah dan Cagliari hanya bertahan hingga Juli 2021 dengan catatan sembilan penampilan.

 

Patut disayangkan tim sebesar Cagliari akhirnya terpaksa harus degradasi pada akhir muism ini. Selain nama-nama di atas, beberapa top lain, seperti Keita Balde, Kevin Strootman, Marco Boriello, Davide Astori, dan Giovanni Simeone juga pernah membela Cagliari sepuluh tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Klub Juara Championship Ini Langsung Degradasi pada Musim Berikutnya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya