5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari Chelsea

Emerson Palmieri jadi yang terbaru!

Chelsea dan West Ham United merupakan dua klub besar di wilayah London, Inggris. Rivalitas antara kedua klub London ini tak begitu panas layaknya rivalitas antara Tottenham Hotspur dan Arsenal di wilayah utara London.

Tak heran kedua klub tersebut aktif melakukan kerja sama dalam hal transfer. Sejak awal tahun 2000-an, West Ham United telah mendatangkan lima pemain dari Chelsea. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya?

1. Carlton Cole

5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari ChelseaCarlton Cole (whufc.com)

Pemain pertama yang pindah dari Chelsea ke West Ham United ialah Carlton Cole, penyerang yang pernah berkarier di Liga Indonesia bersama Persib Bandung. Cole merupakan pemain jebolan akademi Chelsea. Ia sempat dipinjamkan ke beberapa klub.

Kebersamaan Cole dan Chelsea akhirnya berakhir pada awal musim 2004/2005 ketika ia hengkang ke West Ham United. Total 8 musim Cole berseragam The Hammers dengan mencatatkan 67 gol dan 33 assist dari 293 laga.

2. Yossi Benayoun

5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari ChelseaYossi Benayoun (chelseafc.com)

Yossi Benayoun merupakan winger asal Israel yang pernah membela 4 klub asal London. Klub tersebut adalah West Ham United, Chelsea, Arsenal, dan Queens Park Rangers. Memulai kariernya di EPL bersama West Ham United, Benayoun sempat pindah ke Liverpool pada 2007.

Memasuki musim 2010/2011, Benayoun hengkang ke Chelsea. Dua musim berselang Benayoun kembali ke West Ham United dengan status pemain pinjaman dari Chelsea. Selama berseragam The Hammers, Benayoun sukses mencetak 8 gol dan 8 assist dari 78 laga.

Baca Juga: Chelsea Mundur dari Perburuan Wesley Fofana, Harganya Tak Masuk Akal

3. Victor Moses

5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari ChelseaVictor Moses (chelseafc.com)

Sejak pindah dari Wigan Athletic pada 2012, Victor Moses dikenal sebagai salah satu pemain yang sering dipinjamkan oleh Chelsea. Pemain berkebangsaan Nigeria ini juga pernah dipinjamkan ke West Ham United pada musim 2015/2016.

Pada masa peminjamannya tersebut, Moses sukses mencatatkan 26 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 2 assist. Permainan hebatnya tersebut membuat Moses kembali bermain reguler bersama Chelsea pada 2 musim setelahnya (2016—2018).

4. Kurt Zouma 

5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari ChelseaKurt Zouma (whufc.com)

Kurt Zouma menjadi salah satu pembelian termahal yang pernah dilakukan oleh West Ham United dalam sejarah klub mereka. Bek asal Prancis ini dibeli dari Chelsea pada awal musim 2021/2022 dengan banderol sebesar 35 juta euro (Rp518 miliar).

Hingga kini Zouma masih menjadi pemain andalan David Moyes di lini pertahanan West Ham United. Total 35 pertandingan dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist sukses ia torehkan untuk klub yang bermarkas di London Olympics Stadium ini.

5. Emerson Palmieri

5 Pemain yang Pernah Didatangkan West Ham United dari ChelseaEmerson Palmieri (whufc.com)

Pemain terbaru yang menyebrang dari Chelsea ke West Ham United secara langsung ialah Emerson Palmieri. Bek kiri asal Italia ini akhirnya pindah dari Chelsea dengan banderol sebesar 13 juta euro (Rp192 miliar).

Bicara soal kiprahnya di Chelsea, Emerson jarang berperan sebagai starter. Namun, ketika ia dipinjamkan ke Lyon pada musim lalu, Emerson cukup menarik perhatian. Kehadiran Emerson jelas sangat diharapkan untuk menjadi pesaing kuat dari Aaron Cresswell di pos bek kiri The Hammers.

 

Pada medio '90-an, Chelsea juga pernah mengirimkan dua pemainnya ke West Ham United. Sosok tersebut adalah Clive Allen yang datang pada Maret 1992 dan Kevin Hitchcock yang datang pada 1 Januari 1993.

Baca Juga: West Ham United Babak Belur di awal Premier League, Terpuruk!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya