5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum Ruediger

Deretan nama besar dengan label bintang!

Menurut laporan Fabrizio Romano, Antonio Ruediger telah sepakat untuk bermain di Real Madrid mulai 2022/2023 setelah tak memperpanjang kontrak dengan Chelsea. Bek berkebangsaan Jerman ini menanda tangani kontrak berdurasi 4 tahun bersama Los Blancos.

Kondisi ini tentu saja menjadi kerugian besar bagi Chelsea. Pasalnya, Ruediger pindah secara gratis. Padahal ia merupakan bek papan atas yang memiliki harga pasar yang cukup tinggi.

Ruediger bukanlah satu-satunya pemain yang didatangkan Real Madrid dari Chelsea. Sebelum dirinya, total ada lima pemain yang pindah dari kubu the Blues ke kubu Los Blancos.

1. Arjen Robben

5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum RuedigerArjen Robben (skysports.com)

Legenda timnas Belanda yang lama bermain untuk Bayern Munich, Arjen Robben, tercatat sebagai pemain pertama yang didatangkan Real Madrid dari Chelsea. Kepindahan Robben ke Real Madrid terjadi pada 2007 setelah bermain untuk Chelsea selama 3 musim.

Robben pindah dengan banderol sebesar 35 juta euro atau setara dengan Rp543 miliar. Saat bermain di Real Madrid, ia satu tim dengan banyak rekan senegaranya, seperti Ruud van Nistelrooy, Wesley Sneijder, hingga Rafael van der Vaart.

Perlu diakui jika permainan Robben di Real Madrid kalah jauh dengan performanya ketika membela Bayern Munich. Dalam kurun waktu 2 musim, Arjen Robben hanya mencetak 13 gol dan 15 assist dari 65 laga.

2. Ricardo Carvalho

5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum RuedigerRicardo Carvalho (skysports.com)

Ricardo Carvalho merupakan salah satu pemain yang selalu diandalkan Jose Mourinho, baik saat melatih FC Porto, Chelsea, maupun Real Madrid. Ketika Mourinho melatih Real Madrid, Carvalho ikut dibawa dari Stamford Bridge.

Bek berkebangsaan Portugal ini dibeli dengan harga sebesar 8 juta euro atau setara dengan Rp124 miliar pada Agustus 2010. Karier Carvalho di Real Madrid bisa dibilang tak cukup baik. Pasalnya, ia hanya sering dimainkan pada musim pertamanya.

Pada dua musim lainnya di Santiago Bernabeu, Carvalho sering berada di bangku cadangan karena kalah saing dari Sergio Ramos dan Pepe. Selama 3 musim, Carvalho hanya bermain dalam 77 pertandingan.

Baca Juga: Antonio Ruediger Sudah Sepakat Gabung Real Madrid

3. Michael Essien

5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum RuedigerMichael Essien (skysports.com)

Michael Essien juga menjadi sosok yang dibawa Jose Mourinho ke Real Madrid dari Chelsea. Gelandang berkebangsaan Ghana ini menjadi satu-satunya pemain yang dipinjam oleh Real Madrid dari Chelsea.

Masa tersebut terjadi pada 2012/2013, ketika posisi gelandang bertahan Real Madrid diisi banyak bintang, seperti Lassana Diarra, Xabi Alonso, Fabinho, dan Casemiro. Beruntung bagi Essien karena ia tetap diandalkan Mourinho. Ia mencatatkan 35 laga dengan kontribusi 2 gol dan 1 assist pada musim tersebut.

4. Thibaut Courtois

5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum RuedigerThibaut Courtois (90min.com)

Nama selanjutnya ialah kiper utama Real Madrid saat ini, Thibaut Courtois. Pria berkebangsaan Belgia ini pindah pada Agustus 2018 dengan banderol sebesar 35 juta euro atau setara dengan R543 miliar. Dalam proses kepindahannya, Courtois sempat membuat kontroversi.

Pasalnya, ia sempat mogok main di Chelsea karena meminta untuk pindah ke Real Madrid. Saat ini, Courtois sudah jadi andalan Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Hingga 25 April 2022, ia telah bermain dalam 175 laga Real Madrid di seluruh kompetisi.

5. Eden Hazard

5 Pemain yang Diboyong Real Madrid dari Chelsea Sebelum RuedigerEden Hazard (skysports.com)

Chelsea merupakan tim terbaik yang berhasil memanfaatkan potensi Eden Hazard. Selama berseragam Chelsea, ia tampil layaknya seorang pemain bintang dan selalu membayangi persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Setahun setelah kepindahan Courtois, Eden Hazard ikut merapat ke Santiago Bernabeu. Angkanya pun cukup fantastis, yakni 115 juta euro atau setara dengan Rp1,78 truliun. Akan tetapi, permainan Hazard di Madrid justru berubah 180 derajat.

Pasalnya, permainan Hazard jauh menurun dan sangat jarang terlihat mencetak gol. Bahkan, untuk sekedar bermain di tim utama, ia jarang melakukannya. Cedera menjadi alasan utama turunnya performa pria asal Belgia ini.

Kini kehadiran Antonio Ruediger akan cukup membantu Real Madrid untuk bersaing musim depan. Namun, perlu diingat jika Ruediger harus terlebih dahulu menggeser posisi David Alaba, Eder Militao, atau Nacho Fernandez agar bisa menjadi pemain andalan Carlo Ancelotti.

Baca Juga: Hore! Chelsea Dapatkan Pengganti Ruediger

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya