5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023

Manchester City mencetak sejarah!

Sejarah tercipta di Ataturk Stadium, Minggu (11/6/2023). Manchester City berhasil meraih gelar juara Liga Champions pertama dalam sejarah klub mereka. Tak hanya itu, gelar juara Liga Champions 2022/2023 yang diraih The Cityzens pun menjadikan mereka sebagai klub kedua yang meraih treble winner di Inggris setelah Manchester United.

Pada babak final Liga Champions 2022/2023, Manchester City menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol yang dicetak Rodri. Kemenangan ini membuat Inter MIlan hanya puas menjadi runner-up. Keberhasilan ini tentu sangat membanggakan dan bisa jadi menandakan era kebangkitan Manchester City di kancah Eropa.

Dalam perjalanannya meraih gelar juara Liga Champions 2022/2023, terdapat beberapa pemain yang dinilai menjadi kunci permainan. Siapa sajakah pilar yang dinilai memiliki kontribusi paling menonjol tersebut? Berikut ini daftar dan ulasannya!

1. Ruben Dias

5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023Ruben Dias (premierleague.com)

Pemain yang memiliki menit bermain terbanyak di skuad Manchester CIty untuk Liga Champions 2022/2023 tak datang dari Ederson yang berposisi sebagai kiper. Gelar tersebut justru disabet oleh Ruben Dias yang mencatat 1.047 menit dalam 12 laga. Bek asal Portugal ini memang layak untuk diandalkan. Pasalnya, ia selalu tampil ciamik dan tangguh di lini pertahanan. Tak heran Pep Guardiola gemar memainkannya.

2. Ilkay Gundogan 

5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023Ilkay Gundogan (mancity.com)

Ilkay Gundogan selalu diandalkan oleh Pep Guardiola di berbagai ajang. Hal ini cukup wajar karena Gundogan memiliki peran penting sebagai kapten tim. Selain kemampuannya dalam memimpin tim, Ilkay Gundogan pun memiliki fisik tangguh dan punya kontribusi besar di lini tengah. Dalam perjalanan Manchester City meraih Liga Champions 2022/2023, Gundogan tak pernah absen sekali pun. Ia mencatat 997 menit, catatan penampilan terbanyak kedua di skuad Manchester CIty setelah Ruben Dias.

Baca Juga: Keterlibatan Gol Ilkay Gundogan 5 Musim Terakhir di Manchester City

3. Rodri

5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023Rodri (mancity.com)

Rodri hadir sebagai pembeda pada partai puncak Liga Champions 2022/2023. Gol yang dicetaknya pada menit ke-68 membawa Manchester City menang dengan skor 1-0 atas Inter Milan. Selain sumbangan golnya di partai final, Rodri pun memang sangat diandalkan selama gelaran turnamen. Pemain asal Spanyol ini menjadi kunci permainan Pep Guardiola di lini tengah dengan mencatatkan 2 gol dan 12 pertandingan dalam 995 menit.

4. Kevin De Bruyne

5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023Kevin de Bruyne (premierleague.com)

Dengan kemampuannya sebagai penyalur bola dan otak dari permainan Manchester City, wajar Kevin De Bruyne sangat diandalkan. Permainannya yang luar biasa sebagai distributor bola dari lini tengah ke lini serang membuat De Bruyne sulit untuk tergantikan. Hal ini terpampang pada catatan statistiknya selama Liga Champions 2022/2023. Gelandang serang asal Belgia ini menorehkan 2 gol dan 7 assist dari 10 laga. Ia selalu menjadi raja assist bagi Manchester City dalam beberapa tahun terakhir.

5. Erling Haaland

5 Pilar Kunci yang Bawa Manchester City Juara Liga Champions 2022/2023Erling Haaland (premierleague.com)

Torehan 12 gol dan 1 assist yang dicetaknya dari 11 laga Liga Champions 2022/2023 membuat Erling Haaland menjadi top scorer kompetisi tersebut. Penyerang asal Norwegia ini membuktikan bahwa dirinya cepat beradaptasi dengan Manchester City. Dilihat dari gaya bermainnya, kehadiran Haaland memang sangat menakutkan bagi pertahanan lawan. Ia memiliki postur tubuh tinggi besar yang sangat ideal untuk seorang penyerang. Tak hanya itu, Haaland pun memiliki kecepatan yang membuatnya sulit untuk diawasi.

 

Meski laga final berjalan cenderung alot, perjalanan Manchester City meraih Liga Champions pertamanya patut dikenang. Laga-laga sulit yang telah hadir sejak fase grup membuat perjuangan Manchester City semakin dramatis. Pemain, penggemar, dan manajemen Manchester City sangat layak mendapatkan ini.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Debut Terbaik di Premier League, Ada Haaland!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya