10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic Bilbao

Calon legenda tanah Basque!

Atletic Bilbao merupakan klub besar Eropa yang sangat terkenal dengan tradisinya yang melekat. Sejak pertama kali didirikan pada 1898, Bilbao belum pernah sama sekali memiliki pemain yang tak punya kaitannya dengan Basque.

Hal tersebut mungkin menjadi alasan mengapa banyak pemain mereka lama dan setia membela tanah nenek moyangnya. Salah satunya ialah Iker Muniain yang saat ini menjabat sebagai kapten tim. Secara kualitas, Muniain merupakan seorang winger hebat.

Berkat kehebatannya tersebut, Muniain sempat dilirik beberapa klub besar Eropa. Akan tetapi, ia lebih memilih setia kepada klub asal tempat kelahirannya tersebut. Untuk mengenal lebih jauh sosok Iker Muniain, alangkah baiknya simak ulasan berikut ini!

 1. Iker Munian lahir di Pamplona, Basque, Spanyol pada 19 Desember 1992. Saat ini ia telah berusia 29 tahun  

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain sebagai brand ambassador Adidas (instagram.com/ikermuniain10)

2. Sebelum bergabung dengan akademi Athletic Bilbao, Muniain sempat menimba ilmu di akademi U.D.C Chantrea selama 4 tahun 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoPotret Iker Muniain dan istrinya (instagram.com/ikermuniain10)

3. Perjalanan Muniain bersama Athletic Bilbao dimulai pada tahun 2005 dengan bergabung bersama tim akademi terlebih dahulu

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain (skysports.com)

4. Setelah berada di tim akademi selama 4 tahun, Muniain dipromosikan ke tim senior Athletic Bilbao pada 2009 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain saat melakukan debut di Athletic Bilbao 2009 (instagram.com/ikermuniain10)

5. Iker Muniain telah dikenal sebagai winger hebat sejak usia muda. Bahkan, ia sempat dijuluki sebagai 'Lionel Messi-nya Spanyol'

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain dengan buku tulisannya (instagram.com/ikermuniain10)

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Masa Athletic Bilbao, Ada Kepa

6. Walaupun dijuluki sebagai 'Messi-nya Spanyol', Iker Muniain justru sangat mengidolai Sergio Aguero

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain dalam sesi latihan bersama timnas Spanyol (instagram.com/ikermuniain10)

7. Berkat bakat dan kehebatannya tersebut, Iker Muniain sempat dilirik oleh Manchester United, Liverpool dan Tottenham Hotspur 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain dengan trofi Spanish Super Cup 2016 (instagram.com/ikermuniain10)

8. Akan tetapi, Muniain lebih memilih setia dengan Athletic Bilbao. Ia mulai diangkat sebagai kapten ketiga sejak musim 2017/2018 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain sebagai kapten Atheltic Bilbao musim 2021/2022 (instagram.com/ikermuniain10)

9. Seiring dengan kepergian Mikel Susaeta dan Andrea Iturraspe, Iker Muniain akhirnya ditunjuk sebagai kapten utama Bilbao pada musim 2019/2020 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain, Mikel Susaeta dan Andrea Iturraspe (instagram.com/ikermuniain10)

10. Hingga tahun 2022, Iker Muniain masih menjadi pesepak bola aktif dengan laga terbanyak untuk Athletic Bilbao 

10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic BilbaoIker Muniain saat berseragam Athletic Bilbao (instagram.com/ikermuniain10)

Di usianya yang masih menginjak 29 tahun, Iker Muniain hanya terpaut 128 laga saja dari pemegang rekor pertandingan terbanyak Athletic Bilbao yang kini dipegang Jose Angel Iribar.

Dengan performanya yang masih prima dan kesetiaannya, mungkin saja Muniain akan menyabet gelar tersebut dalam 5 tahun ke depan?

Baca Juga: 5 Produk Akademi Athletic Bilbao yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya