5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih Barcelona

Lima nama yang menjadi legenda

Frank Rijkaard merupakan pelatih terakhir Barcelona sebelum era tiki-taka populer bersama Pep Guardiola. Di bawah arahan pelatih asal Belanda ini, Blaugrana sukses meraih 2 gelar juara LaLiga Spanyol dan 1 gelar juara UEFA Champions League (UCL).

Melatih Barcelona merupakan kesempatan terbaik dalam karier kepelatihan Rijkaard. Sebab, ia tak pernah memberikan gelar bagi tim lain yang pernah ia tangani. Rijkaard sendiri memulai perjalanannya bersama Barcelona pada 1 Juli 2003.

Pada kesempatan transfer pertamanya di Barcelona, Rijkaard mendatangkan beberapa pemain kunci. Bahkan, di antaranya menjelma sebagai pemain penting Barcelona.

Siapa saja rekrutan pertama Frank Rijkaard sebagai pelatih Barcelona?

1. Rafael Marquez

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih BarcelonaRafael Marquez (fcbarcelona.com)

Pada saat yang bersamaan dengan peresmian Frank Rijkaard sebagai pelatih, Barcelona juga mendatangkan tiga orang pemain. Salah satunya ialah Rafael Marquez, pesepak bola Meksiko terbaik yang pernah membela Barcelona.

Pemain yang dijuluki El Kaiser de Michoacan ini didatangkan dari AS Monaco. Ia bermain selama 6,5 musim untuk Barcelona dengan torehan 13 gol dan 12 assist  dari 242 laga. Marquez adalah pemain yang sangat penting bagi Rijkaard karena multifungsi.

2. Rustu Recber

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih BarcelonaRustu Recber (twitter.com/euro2024)

Selain Rafael Marquez, Barcelona mendatangkan seorang kiper legendaris Turki. Dia adalah Rustu Recber, pemain yang didatangkan dari Fenerbahce secara gratis.

Didatangkan untuk menjadi kiper utama, Rustu Recber justru kalah saing dari Victor Valdes yang kala itu masih berusia 21 tahun. Ia hanya bertahan selama semusim dengan catatan 7 penampilan dengan torehan 3 clean sheet.

Baca Juga: Barcelona Belum Pantas Main di Liga Champions

3. Giovanni van Bronckhorst

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih BarcelonaGiovanni van Bronckhorst sebagai pelatih Glasgow Rangers. (rangers.co.uk)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Giovanni van Bronckhorst juga didatangkan pada 1 Juli 2003. Bedanya, van Bronckhorst didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Seiring dengan permainan apiknya, ia pun dipermanenkan pada akhir musim.

Giovanni van Bronckhorst menjadi salah satu sosok penting dari perjalanan Rijkaard di Barcelona. Ia selalu menjadi pemain kepercayaan sang pelatih, khususnya untuk posisi bek kiri. Selama 4 musim (2003—2007) berseragam Blaugrana, bek asa Belanda ini menorehkan 154 laga dengan sumbangan 7 gol dan 18 assist.

4. Ricardo Quaresma

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih BarcelonaRicardo Quaresma (mobile.twitter.com/07RQuaresma)

Mungkin banyak yang lupa jika Ricardo Quaresma pernah membela Barcelona pada masa awal kariernya. Winger asal Portugal ini didatangkan dari Sporting CP pada 9 Juli 2009. Sebagai pemain muda, Quaresma jelas sangat diharapkan.

Sayang, penampilannya tak cukup memuaskan kala berseragam Barcelona. Dengan peran yang lebih sering menjadi pemain cadangan, ia hanya mampu mencetak 1 gol dan 2 assist dari 28 laga. Pada musim berikutnya, Quaresma pun dilepas ke FC Porto.

5. Ronaldinho

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih BarcelonaRonaldinho (fcbarcelona.com)

Frank Rijkaard merupakan sosok yang membawa Ronaldinho ke masa kejayaannya. Pemain legendaris asal Brasil ini diboyong dari Paris Saint-Germain pada 19 Juli 2003. Bukan lagi menjadi rahasia jika Barcelona adalah tim terbaik yang Ronaldinho bela.

Selama 5 musim, Ronaldinho berhasil menjelma menjadi megabintang dengan torehan 94 gol dan 70 assist dari 207 laga sebagai gelandang serang. Selain sukses meraih gelar juara UCL dan LaLiga, Ronaldinho juga berhasil memenangi Ballon d’Or (2005) ketika berseragam Barcelona.

Lima pemain pertama yang didatangkan Frank Rijkaard ke Barcelona merupakan pemain-pemain yang saat ini dikenang sebagai legenda. Hal ini setidaknya membuktikan jika transfer yang dilakukan Rijkaard di Barcelona sukses membuahkan hasil.

Baca Juga: 5 Musim Terakhir Barcelona di Liga Champions Eropa, Makin Menurun

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya