5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih Napoli

Tak banyak pemain besar

Melatih Napoli merupakan masa kejayaan bagi seorang Maurizio Sarri. Pelatih yang terkenal karena kebiasaan merokoknya ini berhasil membangun fondasi yang membuat Napoli menakutkan.

Beberapa pemain seperti Lorenzo Insigne, Dries Mertens, Gonzalo Higuain, dan Marek Hamsik juga bersinar karena peran sang pelatih di Napoli. Namun, siapa sajakah rekrutan pertama Maurizio Sarri sebagai pelatih Napoli?

1. Mirko Valdifiori

5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih NapoliMirko Valdifiori (iamnaples.it)

Sebelum melatih Napoli pada 11 Juni 2015, Maurizio Sarri merupakan pelatih Empoli. Kurang lebih sebulan setelah pindah ke Napoli, sang pelatih membawa mantan anak asuhnya dari Empoli ke klub barunya.

Sosok yang ia bawa adalah Mirko Valdifiori, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Sayangnya, penampilan Valdifiori sangat menurun ketika pindah ke Napoli. Ia hanya bertahan selama semusim dengan sumbangan 2 assist dari 15 laga.

2. Pepe Reina

5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih NapoliPepe Reina (twitter.com/championsleague)

Pepe Reina pernah berseragam Napoli pada 2013/2014. Setelah sempat bermain di Bayern Munich, ia kembali ke Napoli pada awal musim 2015/2016. Sosok Pepe Reina sangat dibutuhkan Maurizio Sarri sebagai kiper utama Napoli.

Pria asal Spanyol ini sulit digeser selama Sarri menjabat sebagai pelatih Napoli. Alhasil, Reina bisa mencatatkan 139 penampilan dengan torehan 67 nirbobol di bawah arahan sang pelatih.

Baca Juga: 10 Fakta Maurizio Sarri, Pelatih yang Pernah Berprofesi sebagai Bankir

3. Gabriel

5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih NapoliGabriel (twitter.com/en_sscnapoli)

Selain mendatangkan Pepe Reina, Maurizio Sarri juga mendatangkan kiper lain pada 15 Juli 2015. Sosok tersebut adalah Gabriel Vasconcelos Ferreira, kiper asal Brasil yang dipinjam dari AC Milan selama semusim.

Penampilan luar biasa yang ditampilkan Pepe Reina jelas membuat Gabriel sulit untuk berkembang. Selama semusim berseragam Napoli, Gabriel hanya mampu mencatat 4 laga dengan torehan 2 nirbobol.

4. Allan 

5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih NapoliAllan (twitter.com/en_sscnapoli)

Allan Marques Loureiro muncul sebagai pemain yang paling diandalkan Maurizio Sarri di posisi gelandang bertahan bersama Jorginho. Pria asal Brasil ini didatangkan dari Udinese pada 21 Juli 2020.

Penampilan Allan sangat solid ketika berseragam Napoli meski tak banyak mencatatkan gol. Selama 5 musim (2015—2020), Allan sukses membuat 11 gol dan 17 assist dari 212 laga. Ia pun dijual ke Everton pada 2020 dengan harga yang lebih mahal.

5. Vlad Criches

5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih NapoliVlad Criches (twitter.com/en_sscnapoli)

Nama terakhir didatangkan dari Tottenham Hotspur pada 30 Juli 2015. Ia adalah Vlad Chiriches, bek asal Rumania yang kini berseragam Cremonese.

Kiprah Chiriches selama berseragam Napoli tak begitu mentereng. Sebab, ia lebih sering menjadi pemain cadangan dari duet Kalidou Koulibaly dan Raul Albiol. Chiriches pun hanya sanggup mencatat 48 pertandingan dengan sumbangan 4 gol dalam 5 musim (2015—2020).  

Selain melatih Napoli, Maurizio Sarri juga pernah melatih tim besar lain, seperti Chelsea, Juventus, dan Lazio. Namun, kiprahnya tak sementereng kala melatih tim asal Naples ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani Chelsea

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya