5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022

Didominasi transfer klub Inggris

Pekan pertama bursa transfer musim panas 2022 telah terlaksana. Meski hanya 7 hari yang terhitung dari tanggal 1 Juli hingga 7 Juli, beberapa transfer besar dengan deretan pemain mewah berhasil terlibat di dalamnya.

Momen ini juga jadi waktu bagi beberapa tim-tim English Premier League (EPL) untuk unjuk gigi. Pasalnya, transfer termahal pekan pertama musim panas 2022 lebih banyak didominasi oleh tim-tim asal Inggris.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut kami sajikan daftar dan ulasan mengenai lima transfer termahal yang terjadi pada pekan pertama bursa transfer musim panas 2022.  

1. Richarlison (58 juta euro)

5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022Richarlison (premierleague.com)

Biaya terbesar yang keluar pada pekan pertama bursa transfer musim panas 2022 berhasil dicatatkan oleh Tottenham Hotspur. Tepatnya pada tanggal 1 Juli 2022, The Lillywhites sukses memecahkan teka-teki masa depan Richarlison.

Penyerang asal Brasil ini didatangkan dari Everton dengan biaya sebesar 58 juta euro atau setara dengan Rp885 miliar. Meski lebih sering berposisi sebagai penyerang utama, namun Richarlison juga bisa berposisi sebagai winger. Oleh karena itu, ia akan bisa jadi pelengkap dari Harry Kane dan Son Heung Min di lini serang Spurs.

2. Gabriel Jesus (52,2 juta euro)

5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022Gabriel Jesus (skysports.com)

Penyerang Brasil lain juga ikut andil dalam daftar ini. Dia adalah Gabriel Jesus, pemain yang pada 4 Juli 2022 dibeli Arsenal dari Manchester City. Gabriel Jesus dihargai sebesar 52,2 juta euro atau setara dengan Rp797 miliar.

Kedatangan Erling Haaland ke Manchester City jadi salah satu alasan Gabriel Jesus akhrinya tersingkirkan. Kendati demikian, Gabriel Jesus dipercaya akan jadi solusi bagi lini serang Arsenal yang sebelumnya telah ditinggal Pierre Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Baca Juga: 7 Klub Juara Divisi Utama Liga Inggris yang Kini Main di Championship

3. Kalvin Phillips (48,75 juta euro)

5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022Kalvin Phillips (twitter.com/kalvinphillips)

Pada tanggal yang sama dengan kepindahan Gabriel Jesus ke Arsenal, Manchester City juga merampungkan proses transfer pemain baru. Dia adalah Kalvin Phillips, gelandang bertahan asal Inggris yang dijuluki sebagai ‘The Yorkshire Pirlo’.

Phillips tampil gemilang saar berseragam Timnas Inggris pada Euro 2020 lalu. Oleh karena itu, Manchester City tak ragu untuk mengeluarkan 48,75 juta euro atau setara dengan Rp729 miliar untuk mendatangkan Phillips dari Leeds United.

4. Vitinha (41.5 juta euro)

5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022Vitinha (id.psg.fr)

Dalam beberapa bursa transfer terakhir, FC Porto sangat gencar untuk menjual mantan pemainnya dengan harga yang cukup mahal. Pada pekan pertama bursa transfer musim panas 2022 ini, mereka sukses menjual Vitinha ke Paris Saint Germain dengan harga tinggi.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini dihargai sebesar 41,5 juta euro atau setara dengan Rp633 miliar. Walaupun cukup gemilang bersama FC Porto, Vitinha harus bekerja keras agar bisa menembus tempat utama di skuad PSG yang telah diisi Marco Veratti, Gini Wijnaldum, Ander Herrera dan Idrissa Gueye.

5. Sven Botman (37 juta euro)

5 Transfer Termahal Pekan Pertama Bursa Transfer Musim Panas 2022Sven Botman (nufc.co.uk)

Setelah melalui proses yang sangat panjang, Newcastle United akhirnya sukses mendapatkan pemain buruannya. Dia adalah Sven Botman, bek berkebangsaan Belanda yang telah diincar The Magpies sejak bursa transfer musim dingin lalu.

Sven Botman mendarat dari LOSC Lille ke Newcastle United dengan harga sebesar 37 juta euro atau setara dengan Rp564 miliar. Kedatangan Botman jelas akan sangat membantu Newcastle United untuk berbenah dan jadi klub besar.

Dari kelima nama di atas, transfer menuju klub English Premier League cukup mendominasi. Harga besar dengan kualitas yang ditawarkan, cukup sepadan untuk mereka. Jadi, siapa lagi pemain yang kamu harapkan akan pindah pada transfer musim panas ini?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya