7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italia

Kemampuannya luar biasa dalam menciptakan gol

Liga Italia atau yang biasa disebut Serie A adalah salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Kalau flashback ke tahun 2000-an, kamu pastinya setuju kalau waktu itu adalah masa-masa terbaik sepak bola Italia. Tim-tim papan atas bahkan papan tengah Serie A di masa itu memiliki pemain-pemain bintang yang bermain di level teratas dalam karir mereka dan membuat kompetisi ini menarik disaksikan.

Secara khusus para striker mempunyai tempat tersendiri di hati para tifosi tim-tim Serie A. Bahkan bisa jadi salah satu dari mereka menjadi alasan kamu untuk menjadi fans tim tersebut sampai sekarang. Siapa saja striker Serie A tersebut? Berikut ini 7 striker legendaris yang pernah bermain di tim-tim top Serie A.

1. Christian Vieri

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiathe42.ie

Striker Inter Milan yang identik dengan nomor punggung 32 ini merupakan salah satu juru gedor yang terbaik di masanya. Tinggi, besar, kuat, shooting yang kencang, unggul di bola-bola atas dan penempatan posisi yang baik menjadikannya momok menakutkan bagi barisan pertahanan tim mana pun. Vieri menjadi salah satu top skor sepanjang masa Inter Milan dengan torehan 103 gol.

2. Alessandro Del Piero

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiablackwhitereadallover.com

Bermain sepanjang karirnya untuk si nyonya tua dan memenangkan berbagai trofi bergengsi di sana menjadikannya salah satu legenda Juventus. Sebagaimana tradisi pemain bernomor punggung 10 dalam sepak bola, Del Piero memiliki kemampuan teknik di atas rata-rata. Jago freekick, dribble yang yahud, tak jarang memperlihatkan skill-skill unik ketika melewati pemain lawan, membuatnya dengan mudah digemari para pecinta sepakbola. Kamu para juventini masih ada yang simpan jerseynya?

3. Gabriel Omar Batistuta

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiaen.calcioefinanza.com

Batigol! Julukannya ini cukup untuk menggambarkan kepiawaiannya dalam mencetak gol ke gawang lawan. Tampilan rambut gondrong dengan janggut dan kumis, membuat pemain asal Argentina ini mudah dikenali di tengah pertandingan. Karir Batistuta mengalami masa keemasannya ketika dia bermain untuk Fiorentina dan AS roma. Ada yang kangen dengan tendangan geledeknya?

Baca Juga: 8 Klub Sepak Bola dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyak  

4. Andriy Shevchenko

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiawww.goodfon.com

Striker yang akrab dipanggil Sheva ini meraih masa keemasannya ketika bermain untuk AC Milan. Di puncak karirnya, pada tahun 2004 ia mendapatkan penghargaan Ballon D'or, yaitu sebuah penghargaan untuk pesepakbola terbaik Eropa. Namun sayang karirnya meredup ketika ia pindah ke Chelsea. Produktivitas goalnya pasti dikangenin sama kamu semua para Milanisti.

5. Francesco Totti

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiapunchng.com

"Sang Pangeran Roma", julukannya ini cukup untuk menggambarkan betapa loyal dan pentingnya Totti bagi klub asal asal ibu kota, yaitu AS Roma. Dia termasuk talenta nomor punggung 10 murni yang akhir-akhir ini langka ditemukan di Italia.

6. Ronaldo Luís Nazário de Lima

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiaforzaitalianfootball.com

Sebelum kehadiran CR7 di Juventus, Serie A terlebih dahulu sudah menyaksikan kehebatan Ronaldo yang satu ini. Dibeli oleh Inter Milan dari Barcelona, Ronaldo semakin memeriahkan gegap gempitanya perang bintang di Serie A. Dibekali skill dan teknik luar biasa serta naluri mencetak goal yang tinggi membuat Ronaldo akan dikenang sebagai salah satu striker yang paling sudah dihentikan pemain bertahan lawan.

7. Filippo Inzaghi

7 Striker Legendaris yang Bikin Jatuh Hati Sama Liga Serie A Italiaforzaitalianfootball.com

Kecil dan kurus, sekilas orang tidak akan menyangka kalau Inzaghi adalah salah satu striker paling berbahaya di dunia. Insting alami mencetak gol, penempatan posisi yang baik dan kemampuannya untuk mendeteksi peluang di depan gawang menjadi senjata mematikan seorang Inzaghi.

Entah kenapa bola liar atau rebound selalu jatuh tepat di kakinya, membuatnya dengan mudah menceploskannya ke gawang. Mantan pelatih Inter, Jose Mourinho ketika timnya akan berhadapan dengan AC Milan, pernah mengatakan, "Kalian boleh memainkan 10 striker bersamaan, asal jangan memainkan seorang Inzaghi". Pernyataan Mourinho ini cukup untuk menggambarkan kehebatan dari seorang Inzaghi. Inzaghi meraih masa keemasannya bersama AC Milan.

Itulah tadi 6 striker top serie A di medio 2000an. Kamu para tifosi tim-tim Serie A pastinya gak asing lagi dong dengan nama-nama di atas? Kamu beruntung pernah menyaksikan talenta-talenta terbaik sepak bola ini di lapangan hijau.

Baca Juga: 10 Bintang Sepak Bola Termahal di Dunia Saat Ini, Ada Idolamu?

Muhammad Hasyim Photo Writer Muhammad Hasyim

Pecinta kopi dan literasi, Translator

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya