2 Faktor Persija Vs Persib Tak Bisa Main di SUGBK 

Pada 11-12 Maret 2023 ada konser Blackpink di SUGBK

Jakarta, IDN Times - Laga Persija Jakarta versus Persib Bandung yang sejatinya digelar pada Sabtu (4/3/2023) harus ditunda. Hal itu karena tak ada stadion yang bisa digunakan ketika Persija Jakarta menjadi tuan rumah.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Rakhmadi Afif Kusumo, mengatakan pengajuan Persija Jakarta untuk menyewa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilakukan di masa penutupan pesanan.

"Mereka masuknya itu agak akhir, dan kami sudah kunci untuk kegiatan lainnya. Pastinya kalau dipaksakan aspek-aspek keamanan tidak prima," ujar Afif di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Laga Persija Vs Persib Resmi Ditunda

1. Blackpink akan gelar konser di GBK pada 11-12 Maret

2 Faktor Persija Vs Persib Tak Bisa Main di SUGBK Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek GBK, Rakhmadi Afif Kusumo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Afif menjelaskan, Blackpink juga akan menggelar konser di SUGBK pada 11 hingga 12 Maret 2023. Menurutnya, event tersebut sudah melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari.

"Jadi, kegiatan di SUGBK ada sistem e-booking, reservasi, kami mengutamakan bagi yang orang-orang atau event yang sudah memiliki jadwal matang dan pasti," kata dia.

Baca Juga: Ada Konser Blackpink, Laga Persib Vs Persija di GBK Ditunda

2. Fokus ke Piala Dunia U-20 usai konser Blackpink

2 Faktor Persija Vs Persib Tak Bisa Main di SUGBK Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek GBK, Rakhmadi Afif Kusumo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, pengelola Kompleks GBK juga sudah berkoordinasi dengan FIFA terkait adanya jadwal konser Blackpink. Afif menyebut, setelah konser Blackpink selesai, pengelola akan fokus pada gelaran Piala Dunia U-20.

"Kalau rencana kami, sesuai yang diberitahukan kepada FIFA, pasca dari kegiatan 12 Maret kemudian sebenarnya di akhir Maret itu terakhir. Sepenuhnya, pada Mei, kami akan siap untuk Piala Dunia U-20 nanti," ucap dia.

3. Laga Persija vs Persib resmi ditunda

2 Faktor Persija Vs Persib Tak Bisa Main di SUGBK Pemain Persija, Braif Fatari (kiri) berebut bola dengan pemain Persib, Marc Anthony Klok (kanan) pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/11/2021). (ANTARA/Mohammad Ayudha/foc).

Pertandingan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung yang sejatinya akan berlangsung pada Sabtu (4/3/2023) pukul 15.00 WIB, dipastikan ditunda. Keputusan resmi itu berdasarkan surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) tertanggal 1 Maret 2023.

"PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan status pertandingan kompetisi BRI Liga 1-2022/2023 NP. 249 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2023 pukul 15.00 WIB ditunda dan akan dijadwalkan kembali," tulis surat LIB bertanda tangan Irjen Pol. (P). Drs. Sudjarno selaku Direktur Operasional LIB, berdasarkan keterangan resmi klub.

Penundaan laga itu diputuskan setelah manajemen Persija mengajukan permohonan penjadwalan ulang kepada LIB. Penyebabnya adalah Macan Kemayoran tidak bisa menggunakan dua stadion yang diajukan sebagai markas tim.

Di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Persija tak mendapatkan izin dari pihak keamanan setempat. Sementara Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tidak bisa digunakan oleh Persija.

Sementara, SUGBK tengah bersolek untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023. Alhasil, Persija tidak bisa menggunakan stadion tersebut untuk laga Liga 1 2022/23 lawan Persib.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya