Respons Jokowi soal Rekomendasi TGIPF Minta Ketum PSSI Mundur

Apa respons Jokowi terkait rekomendasi TGIPF itu?

Jakarta, IDN Times - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sudah membuat laporan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo, terkait temuannya dalam tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Salah satu rekomendasi TGIPF adalah meminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur.

Sejumlah jurnalis menanyakan kepada Jokowi terkait rekomendasi tersebut. Jokowi mengatakan, urusan Ketua Umum PSSI mundur itu ranah FIFA.

"PSSI nanti urusannya FIFA. Tadi urusan FIFA dengan pemerintah," ujar Jokowi usai bertemu dengan Presiden FIFA di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Diketahui, TGIPF melaporkan hasil investigasinya pada Jumat (14/10/2022). Karena pemerintah tak bisa mengintervensi PSSI, TGIPF hanya meminta Iriawan sadar diri untuk meninggalkan jabatannya. Namun, bukan hanya Iwan Bule yang disarankan mundur, seluruh eksekutif PSSI diminta angkat kaki dari federasi.

"Secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI, namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mundur," tulis dalam kesimpulan dan rekomendasi yang dibuat TGIPF.

Baca Juga: Kantor PSSI Dijaga Ketat Jelang Pertemuan dengan FIFA

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya