Comscore Tracker

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike Maignan

Pernah berlatih bersama Edwin van der Sar

AC Milan harus kehilangan kiper utamanya, Mike Maignan, selama dua bulan. Mereka pun langsung bergerak cepat mendapatkan penggantinya. Milan merekrut Antonio Mirante yang berstatus free agent. Rossoneri mengontrak kiper veteran berusia 38 tahun itu hingga akhir musim 2021/2022.

Antonio Mirante memiliki segudang pengalaman di kasta tertinggi sepak bola Italia. Ia tercatat melakoni 368 pertandingan di Serie A. Berikut beberapa fakta lain tentang penjaga gawang anyar AC Milan ini:

1. Didikan akademi Juventus

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike MaignanMirante (kanan) bersama Buffon, mantan rekannya di Juventus. (twitter.com/azzurri)

Pada 2000, Mirante bergabung dengan sektor muda Juventus. Usianya saat itu baru menginjak 17 tahun. Sebelumnya, ia sudah pernah bermain untuk tim utama Sorrento, klub yang saat itu bermain di kasta keempat Italia. Pada awal kedatangannya, ia mengaku merasa kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selama berada di Juventus, Mirante berlatih bersama kiper kelas wahid. Pada kamp latihan musim panas pertamanya, ia berlatih bersama Edwin van der Sar, yang saat itu masih berseragam Juventus. Ia juga mengasah kemampuan bersama Gianluigi Buffon yang datang ke Turin pada 2001.

Sempat dipinjamkan ke Crotone dan Siena, Mirante kembali ke Juventus pada musim 2006/2007. Saat itu, Si Nyonya Tua dihukum turun kasta ke Serie B setelah dinyatakan bersalah atas pengaturan skor. Mirante ikut membantu Juventus ke Serie A dengan mencatatkan tujuh penampilan. Dia akhirnya dilepas secara permanen oleh Juventus ke Sampdoria pada musim 2008/2009.

2. Salah satu penepis penalti terbaik di Serie A

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike MaignanPenyelamatan penalti oleh Mirante saat melawan Genoa. (asroma.com)

Sejauh ini, Antonio Mirante telah mencatatkan 11 kali penyelamatan penalti di pentas Serie A. Catatan ini menempatkannya di urutan ke-13 dari seluruh kiper yang pernah berkiprah di kasta tertinggi Italia sepanjang masa. Ia memang dikenal sebagai kiper yang memiliki penempatan posisi dan refleks yang baik.

Mirante memiliki jumlah penyelamatan penalti yang cukup impresif bukan cuma di Serie A. Selama kariernya, ia telah menyelamatkan penalti sebanyak 17 kali. Angka tersebut sama dengan jumlah penalti yang diamankan oleh Hugo Lloris dan Wojciech Szczęsny.

Baca Juga: 10 Potret Antonio Mirante, Rekrutan Terbaru AC Milan Berusia 38 Tahun

3. Berlatih bersama klub Serie D

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike MaignanAntonio Mirante mulai berlatih dengan AC Milan. (acmilan.com)

Setelah kontraknya bersama AS Roma tidak diperpanjang, Miante tidak memiliki klub. Untuk tetap menjaga kebugaran dan kemampuannya, ia memilih untuk berlatih dengan Sorrento Calcio 1945, klub yang mendidiknya pada usia muda.

Ulliano, pelatih Mirante selama di Sorrento, dalam wawancaranya bersama Tuttosport, menyatakan bahwa Mirante sudah dalam kondisi siap bertanding. Ini dikarenakan Miante sudah berlatih sejak Agustus lalu. Selain itu, mantan kiper AS Roma itu juga telah melakukan latihan bersama pelatih pribadi sejak Juli.

4. Dipaksa menjadi kiper

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike MaignanAntonio Mirante kala berseragam Bologna. (bolognafc.it)

Dalam wawancaranya bersama AS Roma musim lalu, Mirante mengaku dipaksa untuk menjadi kiper. Ketika kecil, kakaknya selalu menempatkannya di gawang ketika mereka bermain bersama. Seiring berjalannya waktu, sebagai anak yang pemalu, ia merasa penjaga gawang cocok dengan karakter yang dimilikinya.

Sebenarnya, selain menjadi kiper, Mirante juga menyukai bermain di area serang saat masih muda. Namun, ia selalu yakin bahwa posisi naturalnya adalah kiper. Akhirnya posisi ini mengantarkannya malang melintang di pentas sepak bola Italia hingga Eropa.

5. Pernah memiliki masalah jantung

5 Fakta Antonio Mirante, Rekrutan Anyar Milan Pengganti Mike MaignanMirante kembali berlatih setelah absen karena pemeriksaan jantung. (bolognafc.it)

Pada musim 2016/2017, saat membela Bologna, Mirante didiagnosa memiliki masalah jantung. Ini dimulai setelah ia merasa tidak enak badan usai pertandingan melawan Torino. Setelah itu, Mirante melakukan pemeriksaan selama 10 hari. Hasilnya, ia harus menjalani perawatan dan absen selama tiga bulan. 

Mirante menyatakan cukup stres dengan keadaannya saat itu hingga kehilangan berat badan sebanyak empat kilogram. Dirinya sudah berpikir berada di ambang karier dan harus berhenti bermain sepak bola. Namun, ia merasa beruntung karena perawatan dari Dokter Paolo Zeppilli dan stafnya. Ia bisa kembali melanjutkan kariernya di atas lapangan hijau.

Itulah beberapa fakta tentang Antonio Mirante. Kiper yang diberi nomor punggung 83 oleh AC Milan ini diharapkan bisa menggantikan peran Mike Maignan yang telah tampil baik selama musim berlangsung.

Baca Juga: Saktinya Mike Maignan, Si Elang Ajaib Kiper Baru AC Milan

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya