6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023

Dua di antaranya baru datang musim panas lalu

Barcelona sedang membangun kembali skuadnya setelah mengalami penurunan performa dalam beberapa tahun terakhir. Bongkar pasang pemain mereka lakukan demi menemukan komposisi yang pas.

Barcelona memiliki cukup banyak pemain yang kontraknya kedaluwarsa pada akhir musim 2022/2023. Beberapa di antara mereka bisa dilepas pada bursa transfer untuk memberi ruang bagi rekrutan baru atau menyeimbangkan neraca keuangan. Sebagian lainnya siap dipertahankan untuk terus membela Blaugrana.

Berikut pemain Barcelona yang habis kontrak pada musim panas 2023.

1. Memphis Depay

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Memphis Depay (twitter.com/fcbarcelona)

Barcelona mendapatkan Memphis Depay secara gratis pada Juni 2021 lalu. Striker Timnas Belanda tersebut hanya dikontrak selama 2 tahun dan akan habis pada akhir musim 2022/2023 nanti.

Setelah kedatangan Lewandowski ke Barcelona pada musim panas lalu, Depay jarang diturunkan ke lapangan. Pada 2022/2023 ini, ia hanya bermain sebanyak tiga pertandingan.

Beberapa klub mulai mengintai situasi Depay dan siap memboyongnya. Ada tim ibu kota Italia, AS Roma, yang sudah melakukan pendekatan kepada sang pemain dan Barcelona. Newcastle United juga tertarik untuk merekrutnya untuk memperkuat lini depan mereka. 

2. Sergio Busquets

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Sergio Busquets (twitter.com/fcbarcelona)

Sergio Busquets bermain bersama Barcelona selama 15 musim. Sepanjang kariernya di klub Catalan tersebut, ia telah mempersembahkan 8 gelar juara Laliga, 3 UEFA Champions League, 3 FIFA Club World Cup, 3 UEFA Super Cup, 7 Copa del Rey, dan 8 Supercopa de Espana.

Dikutip media Spanyol, Sport, Busquets berniat menutup kariernya di Major League Soccer (MLS). Gelandang Spanyol tersebut ingin bergabung dengan salah satu tim di liga sepak bola Amerika Serikat pada Januari 2023 ini. Namun, Barcelona masih ingin mempertahankannya untuk sementara waktu sampai menemukan pengganti yang sepadan.

3. Hector Bellerin

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Hector Bellerin (twitter.com/hectorbellerin)

Barcelona memboyong Hector Bellerin pada September 2022 lalu. Mereka mendapatkannya secara gratis setelah Arsenal memutus kontrak pemain berusia 27 tahun tersebut.

Hector Bellerin sendiri sejatinya merupakan produk La Masia. Ia meninggalkan Barcelona ke Arsenal pada 2011 ketika umurnya 16 tahun.

Bellerin tak banyak mendapat menit bermain pada 2022/2023 ini. Ia hanya melakoni 3 laga Laliga dan 2 laga Champions League.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Louis van Gaal saat Melatih Barcelona

4. Marcos Alonso

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Marcos Alonso (twitter.com/fcbarcelona)

Marcos Alonso juga bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu. Ia datang ke Spotify Camp Nou dengan status free agent setelah sepakat dengan Chelsea untuk menyudahi kebersamaan mereka.

Alonso cukup sering mengisi pos pertahanan Barcelona pada 2022/2023 ini. Ia telah bermain sebanyak 12 laga di semua kompetisi dan mencetak 1 gol. Belum ada kabar lebih lanjut apakah Blaugrana akan memperpanjang kontraknya pada akhir musim nanti.

5. Sergi Roberto

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Sergi Roberto (twitter.com/fcbarcelona)

Sergi Roberto merupakan produk akademi Barcelona yang diorbitkan pada 2010. Selama kariernya berseragam biru/merah, ia telah melakoni 328 laga, mencetak 14 gol, dan membuat 39 assist.

Barcelona kemungkinan akan memperpanjang kontrak Sergi Roberto semusim lagi, terlebih jika Sergio Busquets pergi. Ia akan didapuk sebagai kapten untuk memimpin tim asuhan Xavi tersebut.

6. Inai Pena

6 Pemain Barcelona yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2023potret Inai Pena (twitter.com/fcbarcelona)

Terakhir, ada kiper pelapis Marc ter Stegen di Barcelona, Inaki Pena. Ia merupakan produk La Masia. Pria kelahiran 2 Maret 1999 tersebut bergabung saat usianya 13 tahun.

Sejauh ini, Inai Pena baru bermain dalam satu laga bersama Barcelona. Namun, Blaugrana berniat untuk menjaganya dan memberinya perpanjangan kontrak.

Beberapa pemain di atas merupakan lulusan La Masia yang sudah mengabdi kepada Barcelona selama bertahun-tahun. Sebagian lainnya adalah rekrutan baru yang dirasa kurang berkontribusi terhadap tim. Tak heran jika nantinya mereka dilepas walaupun baru bergabung sebentar.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat yang Hanya Semusim Berkostum Barcelona

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya