Roberto Mancini Mau Akhiri Puasa Gelar Arab Saudi di Asia

Arab Saudi belum juara selama 27 tahun di Asia

Jakarta, IDN Times - Roberto Mancini punya target tinggi usai ditunjuk menjadi pelatih Arab Saudi. Dia ingin mengakhiri puasa gelar Arab Saudi dan menjadi juara Piala Asia 2023, yang digelar di Qatar mulai 12 Januari 2024 mendatang.

Arab Saudi sejatinya memang sudah pernah juara sebanyak tiga kali di Piala Asia. Bahkan, mereka sempat meraih dua gelar di Piala Asia secara beruntun, pada edisi 1984 dan 1988. Namun, ketika juara lagi di 1996, Arab Saudi belum pernah merasakan manisnya mengangkat trofi bergengsi Asia itu hingga sekarang.

"Target kami adalah menjuarai Piala Asia pertama kalinya dalam 27 tahun," kata Mancini dilansir situs resmi SAFF.

1. Mancini sudah bikin program

Roberto Mancini Mau Akhiri Puasa Gelar Arab Saudi di AsiaRoberto Mancini (goal.com)

Mancini sadar misinya tak akan mudah diwujudkan. Sebab, Arab Saudi belakangan masih kesulitan bersaing dengan raksasa Asia lainnya, terutama Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Iran, yang memang langganan Piala Dunia.

Makanya, pria Italia itu langsung menyusun program. Arab Saudi, disebutkan Mancini, akan melakoni serangkaian pemusatan latihan demi sempurna di Piala Asia.

"Target kami sebelum itu adalah menjalani empat pertandingan persahabatan, dua laga kualifikasi Piala Dunia, dan setelahnya menggelar pemusatan latihan selama 20 hari untuk persiapan Piala Asia," kata Mancini.

Baca Juga: Roberto Mancini Resmi Latih Arab Saudi, Bayarannya Selangit!

2. Tak ragukan kualitas pemainnya

Roberto Mancini Mau Akhiri Puasa Gelar Arab Saudi di AsiaSalem Al Dawsari ketika mencetak gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Mancini merasa optimistis lantaran kualitas pemain Arab Saudi terbilang mumpuni. Terlebih, saat ini Arab Saudi sedang membangun proyek besar di kompetisi lokalnya dengan mendatangkan bintang-bintang besar dari Eropa.

"Saya bukan pesulap atau penyihir. Kami punya talenta luar biasa dan bisa meraih berbagai gelar dengan kerja keras. Pelatih sebelumnya bekerja luar biasa dan dalam beberapa periode ke depan, perkataan ini akan tercermin di lapangan," kata Mancini.

3. Dikontrak 4 tahun

Roberto Mancini Mau Akhiri Puasa Gelar Arab Saudi di AsiaSumber Gambar: bolam9d.com

Mancini didatangkan ke Arab Saudi usai dirinya resmi mengundurkan diri dari kursi pelatih Timnas Italia. Ia menandatangani kontrak empat tahun dengan bayaran sebesar 25 juta euro atau setara Rp404 miliar per tahun.

"Saya senang dan merasa terhormat telah terpilih untuk peran tersebut, sebagai tanda apresiasi dan pengakuan atas semua pekerjaan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden (SAFF) Yasser Al Misehal," kata Mancini.

Baca Juga: Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab Saudi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya