Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab Saudi

Digaji enam kali lipat lebih besar ketimbang Italia

Jakarta, IDN Times - Roberto Mancini dirumorkan bakal jadi pelatih Timnas Arab Saudi. Kabar itu muncul usai dirinya resmi mundur dari kursi pelatih Timnas Italia.

Mancini resmi menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Gli Azzurri pada Minggu (13/09/2023). Kabar mundurunya eks pelatih Manchester City tersebut cukup mengejutkan lantaran kontraknya dengan federasi sepak bola Italia masih tersisa hingga 2026.

Mancini seharusnya masih bertugas memimpin Timnas Italia pada ajang Piala Eropa yang berlangsung pada 2024.

1. Tawaran melatih Timnas Arab Saudi

Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab Saudipotret roberto Mancini mengangkat trofi Piala Eropa 2020 (twitter.com/robymancio)

Dilansir Sky Sports Italia, Mancini mendapat tawaran menjadi pelatih Timnas Arab Saudi selama tiga tahun. Dia bakal dibayar 18 juta euro atau Rp302 miliar per tahun.

Apa yang didapat Mancini jauh lebih besar dari yang diterimanya saat menangani Timnas Italia. Pelatih tersebut mengantongi gaji 3 juta euro per tahun.

Posisi pelatih Timnas Arab Saudi memang telah kosong sejak Maret lalu. Mereka membutuhkan juru taktik secepatnya mengingat Piala Asia akan segera dimulai.

Baca Juga: Posisi Roberto Mancini di Timnas Italia Aman

2. Mancini sudah sejak lama diisukan hengkang

Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab Sauditwitter.com/azzurri

Isu mundurnya Mancini sebenarnya telah beredar sejah tahun lalu. Terlebih, dia gagal memenuhi harapan membawa Timnas Italia ke putaran final Piala Dunia 2022.

Sampai akhirnya, FIGC merilis berita resmi keluarnya Mancini pada 13 Agustus 2023.

“Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah menerima pengunduran diri Roberto Mancini dari jabatan pelatih timnas Italia yang diterima kemarin malam,” tulis rilis resmi FIGC.

3. Pilihan pribadi Mancini

Roberto Mancini Dapat Tawaran Tangani Timnas Arab SaudiRoberto Mancini (goal.com)

Mancini telah melatih Timnas Italia sejak 2018. Pelatih berusia 58 tahun mencatatkan kenangan manis saat mempersembahkan gelar Piala Eropa 2020. Alhasil, dia tak bisa melupakan apa yang sudah dicapainya itu. 

Mancini membagikan ucapan perpisahannya melalui media sosial Instagram pribadinya.

"Pengunduran diri sebagai pelatih timnas adalah pilihan pribadi saya. Saya berterima kasih kepada Presiden Gabriele Gravina atas kepercayaannya, bersama dengan semua anggota FIGC," tulis akun @mrmancini10

Saya berterima kasih kepada semua pemain dan penggemar yang telah menemani saya selama 5 tahun ini. Saya akan selalu membawa dalam hati saya kemenangan luar biasa dari Kejuaraan Eropa 2020. Ini suatu kehormatan," tutupnya.

Baca Juga: Mancini Tinggalkan Kursi Pelatih Timnas Italia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya