Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Yang muda yang selalu dipuja

Piala Dunia 2018 sudah usai. Prancis menjadi juara setelah mengalahkan Kroasia 4-2 di final yang digelar di Stadion Luzhniki pada 15 Juli lalu.

Sukacita masyarakat Prancis bertambah setelah itu. Penyebabnya? Pemain timnas mereka, Kylian Mbappe, didapuk menjadi pemain muda terbaik di turnamen tersebut. Usianya yang baru 19 tahun seolah menunjukkan pada dunia bahwa anak muda generasi milenial bisa berprestasi, dan bahkan bisa mengalahkan superioritas seniornya seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Di Piala Dunia 2018, banyak pemain muda yang unjuk gigi. Nah, berikut ini sebelas pemain muda terbaik berumur di bawah 23 tahun yang bisa dijadikan satu susunan tim dengan formasi 3-4-3.

1. Kiper: Francis Uzoho (Nigeria)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

Nigeria membawa skuat dengan rata-rata usia pemainnya adalah 25 tahun, yang berarti termuda di antara negara peserta lainnya. Tak terkecuali kipernya, Francis Uzoho. Usianya yang baru 19 tahun menjadikannya kiper termuda di Piala Dunia 2018. Penampilannya pun tak kalah hebat dengan berhasil cleansheet saat menang atas Islandia.

2. Bek: Yerry Mina (Kolombia)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018fifa.com

Mungkin ada yang tidak tahu kalau Yerry Mina adalah pemain Barcelona. Baru datang pada Januari lalu, pemain berusia 23 tahun ini jarang mendapat menit bermain di klub raksasa Spanyol tersebut. Namun, ia mampu tampil apik di Piala Dunia 2018 bersama timnas Kolombia.

Bahkan, ia mampu mencetak tiga gol meski posisinya adalah bek. Yang paling krusial adalah memberi asa pada Kolombia dengan mencetak gol penyeimbang di menit akhir saat melawan Inggris di babak 16 besar.

3. Bek: Jose Maria Gimenez (Uruguay)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Marca.com

Jose Maria Gimenez adalah alasan dari kokohnya pertahanan Uruguay sehingga tidak kebobolan di fase grup. Pemain kelahiran 20 Januari 1995 ini tampil hebat di bagian pertahanan Uruguay bersama seniornya, Diego Godin.

4. Bek: Manuel Akanji (Swiss)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Bundesliga.com

Bek timnas Swiss ini tampil baik saat Swiss secara mengejutkan mampu menahan negara unggulan teratas, Brazil di fase grup. Meski pada babak 16 besar ia sempat disalahkan karena tendangan Emil Forsberg mengenai dirinya dan kemudian masuk ke gawang sendiri, ia tetap dianggap sebagai salah satu bek muda terbaik di Piala Dunia kali ini.

5. Sayap Kanan: Benjamin Pavard (Prancis)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

Ada yang tahu pemain ini? Atau dia bermain di klub apa? Pemain berusia 22 tahun ini sebelumnya kurang dikenal. Namun, setelah gol kerennya ke gawang Argentina, membuat ia makin dikenal. Terlebih lagi, ia bermain bagus hingga mengantarkan Prancis juara. Dalam starting XI pemain muda ini, ia menjadi sayap kanan, karena ia cukup rajin membantu penyerangan Prancis.

6. Gelandang: Lucas Torreira (Uruguay)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Standard.co.uk

Pemain berusia 22 tahun milik Sampdoria ini tampil menawan di lini tengah Uruguay. Berkat penampilannya, Arsenal merekrutnya dari Sampdoria dengan harga 22 juta pound.

7. Gelandang: Rodrigo Bentancur (Uruguay)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

Dalam timnas Uruguay banyak pemain muda yang diyakini akan bersinar. Bahkan, ada yang sudah tampil apik di klub, yaitu Rodrigo Bentancur, yang bermain di klub raksasa Italia, Juventus.

8. Sayap Kiri: Lucas Hernandez (Prancis)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

Pemain Atletico Madrid ini adalah adalah langganan timnas Prancis di sektor bek kiri. Namun, tidak jarang ia ikut membantu penyerangan, sehingga penempatan di sisi sayap kiri akan membuatnya semakin ofensif. Kesuksesan Prancis menjuarai Piala Dunia tidak terlepas dari peran dari Hernandez.

9. Penyerang: Hirving Lozano (Meksiko)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

17 gol dan 8 assist ia bukukan musim lalu bersama PSV Eindhoven. Kehebatannya berlanjut ke Piala Dunia, terutama ketika laga pertama Meksiko mengalahkan juara bertahan Jerman melalui gol tunggalnya. Di usianya yang masih 22 tahun, ia kini menjadi incaran banyak klub-klub besar.

10. Penyerang: Raheem Sterling (Inggris)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018fifa.com

Raheem Sterling sempat dikritik karena dianggap kurang berkontribusi bagi Inggris di fase grup. Namun, pelatih Gareth Southgate masih tetap percaya kepada pemuda berumur 23 tahun ini. Di fase gugur, penampilannya semakin menunjukkan talentanya sebagai pemain masa depan Inggris.

11. Penyerang: Kylian Mbappe (Prancis)

Ini Starting XI Pemain Muda Terbaik yang Bersinar di Piala Dunia 2018Theguardian.com

Yup, sudah bisa ditebak yang terakhir: Kylian Mbappe. Pemain yang belum lahir ketika Prancis juara Piala Dunia 1998 ini menegaskan bahwa dirinya benar-benar bocah ajaib. Ia sangat berperan dalam membantu Prancis menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya. Sangat pantas bila status pemain muda terbaik di turnamen sepak bola terbesar dunia ini diberikan kepadanya.

Para pemain muda yang bahkan belum genap berusia 20 tahun pun sudah mampu membuat dunia terpukau dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Nah, selanjutnya giliran kamu untuk menjadi inspirasi bagi orang lain, bisa dimulai dari hal kecil kok!

Nico Erdi Purwanto Photo Writer Nico Erdi Purwanto

Cari saya di Instagram via @nicopurwanto dan Twitter @nicoerdi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya