5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelsea

Ada pemain Brasil favoritmu?

Brasil telah dikenal dunia sebagai negara penghasil pesepak bola berkualitas. Negeri Samba selalu mengorbitkan pemain jempolan dari masa ke masa. Telah banyak bintang asal Brasil yang meraih kesuksesan di liga-liga top Eropa.

Premier League menjadi salah satu destinasi bagi pemain top asal Brasil untuk berkarier. Chelsea menjadi klub Premier League yang cukup sering menggunakan jasa pemain asal Brasil. Kiprahnya juga terbilang mengesankan dengan memberikan kontribusi besar untuk The Blues.

Siapa sajakah pemain terbaik berdarah Brasil yang pernah berkiprah bersama Chelsea? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Chelsea Kalah Lagi, Penyakit Lama The Blues Kembali? 

1. Alex

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelseapremierleaguebrasil.com.br

Alex merupakan pemain asal Brasil berposisi sebagai bek tengah. Ia datang ke Stamford Bridge pada musim 2004/2005 usai direkrut dari Santos. Namun, ia harus terlebih dahulu dipinjamkan ke PSV Eindhoven selama tiga musim. Barulah di musim 2007/2008 ia mulai diandalkan Chelsea.

Tercatat ia aktif memperkuat The Blues selama empat setengah musim. Dalam kurun waktu tersebut ia tampil dalam 134 laga di semua ajang dengan torehan 10 gol dan 4 assist. Beberapa gelar juga pernah diraihnya, seperti 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Premier League, dan 2 gelar Piala FA.

Alex berpisah dengan Chelsea pada pertengahan musim 2011/2012 dengan hijrah ke PSG. Pemain yang kini berumur 38 tahun tersebut telah gantung sepatu pada Desember 2016.

2. Ramires

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelseapremierleague.com

Pada musim 2010/2011, Chelsea mendatangkan Ramires, pemain asal Brasil yang berposisi sebagai gelandang. Ia dipinang dari klub Portugal, Benfica. Ramires diandalkan di lini tengah The Blues selama lima setengah musim. 

Ia bermain dalam 251 laga di semua kompetisi dengan catatan 34 gol dan 25 assist. Ia juga berhasil menorehkan sejumlah gelar, di antaranya 1 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Europa League.

Ramires tak lagi membela Chelsea di pertengahan musim 2015/2016 setelah hengkang ke klub Tiongkok, Jiangsu Suning. Saat ini, gelandang berusia 33 tahun tersebut tengah menganggur usai putus kontrak dengan Palmeiras pada November 2020.

3. Oscar

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelseapremierleague.com

Dua musim pascakehadiran Ramires, Chelsea kemudian mendatangkan Oscar dari klub Brasil, Internacional. Ia juga merupakan pemain berposisi gelandang. Hanya saja ia lebih condong sebagai gelandang serang.

Oscar dipercaya sebagai jenderal lapangan tengah The Blues selama empat setengah musim. Ia mencatatkan 203 penampilan dengan mencetak 38 gol dan 37 assist. Ia juga pernah mencicipi 2 gelar Premier League, 1 gelar Europa League, dan 1 gelar English League Cup.

Kiprah Oscar bersama Chelsea berakhir di pertengahan musim 2016/2017. Ia menyusul Ramires ke klub Tiongkok, Shanghai SIPG. Gelandang berusia 29 tahun tersebut memiliki durasi kontrak hingga November 2024.

4. David Luiz

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelseapremierleague.com

David Luiz juga menjadi pemain asal Brasil yang cukup familier dengan Chelsea. Pemain berposisi bek tengah tersebut mengabdi di Stamford Bridge dalam dua periode berbeda. Awalnya ia direkrut dari Benfica pada pertengahan musim 2010/2011.

Tiga musim berselang, Luiz hijrah ke klub raksasa Prancis, PSG. Musim 2016/2017, ia kembali berseragam The Blues dan menjadi periode keduanya. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 248 laga dengan menciptakan 18 gol dan 12 assist

Berbagai gelar bergengsi pernah dipersembahkan David Luiz. seperti 1 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, dan 2 gelar Europa League. Kiprahnya bersama Chelsea akhirnya benar-benar berakhir pada musim 2019/2020 usai pindah ke tim rival, Arsenal.

5. Willian

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Membela Chelseapremierleague.com

Terakhir ada sosok Willian, pemain asal Brasil berposisi sebagai winger kanan. Ia bergabung dengan Chelsea pada musim 2013/2014 usai dibajak dari klub Rusia, Anzhi. Winger lincah tersebut membela Chelsea selama tujuh musim.

Total Willian merumput dalam 339 laga dengan mengemas 63 gol dan 62 assist. Ia juga berperan penting atas keberhasilan Chelsea merengkuh 2 gelar Premier League, 1 gelar Europa League, 1 gelar Piala FA, dan 1 gelar English League Cup.

Pemain berusia 32 tahun tersebut akhirnya berpisah dengan Chelsea pada awal musim 2020/2021. Ia mengikuti jejak David Luiz dengan bergabung ke tim seteru Chelsea, Arsenal. 

 

Itulah tadi ulasan mengenai lima pemain terbaik asal Brasil yang pernah membela Chelsea. Saat ini, Thiago Silva menjadi satu-satunya pemain asal Brasil yang membela Chelsea. Akankah ia berhasil mengikuti jejak kesuksesan pemain Brasil sebelumnya?

Baca Juga: Gara-gara Willian, Chelsea Untung atau Arsenal Buntung?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya