7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022

Dua di antaranya akan tampil di partai final

Pertarungan pada babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar menyisakan dua laga. Kroasia dan Maroko yang sukses menjadi tim kuda hitam akan berduel untuk memperebutkan tempat ketiga (17/12/2022). Sementara itu, Argentina akan menantang juara bertahan, Prancis, di partai final (18/12/2022). 

Dalam perjalanan fase knockout hingga sampai di titik ini, terdapat berbagai catatan menarik yang mengiringinya. Satu di antaranya tentang banyaknya pemain dari sektor bertahan yang mampu unjuk gigi pada babak gugur Piala Dunia 2022 dengan mencetak gol. 

Tercatat, ada 7 bek dari 5 negara berbeda yang mampu membuktikan diri tak hanya tangguh di belakang, tetapi juga garang saat berada di depan gawang lawan. Dari Daley Blind hingga Theo Hernandez, inilah deretan bek yang mencetak gol pada babak gugur Piala Dunia 2022.

1. Daley Blind

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Daley Blind tampil bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. (instagram.com/onsoranje)

Daley Blind menjadi bek pertama yang mencetak gol pada babak gugur Piala Dunia 2022. Momen itu terjadi saat ia membela Timnas Belanda dalam laga melawan Amerika Serikat pada babak 16 besar. 

Bek kiri berumur 32 tahun ini mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45+1. Satu golnya membantu De Oranje memenangi laga dengan skor 3-1.

Sayang, langkah Blind bersama Belanda harus terhenti pada babak perempat final usai kalah dari Argentina. Ia mengakhiri kompetisi dengan catatan 5 laga, 1 gol, dan 1 assist.

2. Denzel Dumfries

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Denzel Dumfries berlaga di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Belanda. (instagram.com/ddumfries2)

Denzel Dumfries merupakan tandem Daley Blind di Timnas Belanda. Jika Blind jadi bek kiri, maka Dumfries jadi bek kanan. 

Bek berumur 26 tahun ini juga mencuri perhatian saat berlaga melawan Amerika Serikat pada babak 16 besar. Dumfries menciptakan satu gol pada menit 81 yang mengunci kemenangan 3-1 timnya atas The Yanks. 

Sama halnya dengan Blind, Dumfries selalu tampil dalam lima laga yang dilalui De Oranje. Namun, kontribusinya lebih baik dengan mengemas 1 gol dan 2 assist.

3. Pepe

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Pepe tampil untuk Timnas Portugal di Piala Dunia 2022. (instagram.com/portugal)

Pepe merupakan bek gaek berumur 39 tahun yang dibawa Portugal ke Piala Dunia 2022. Usianya boleh tua, tetapi performanya tak kalah tangguh dari pemain bertahan Portugal yang lebih muda darinya. 

Pepe bahkan mampu mencetak gol pada menit 33 saat Portugal bersua Swiss pada babak 16 besar. Golnya waktu itu turut membawa Selecao das Quinas menang besar dengan skor 6-1. Tak hanya itu, Pepe juga dicap sebagai pemain tertua yang membukukan gol pada babak gugur Piala Dunia. 

Perjuangan Pepe dan negaranya harus berakhir pada perempat final di tangan Maroko. Ia bermain dalam 4 laga dari total 5 laga yang dilakoni Portugal di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022

4. Raphael Guerreiro

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Raphael Guerreiro membela Timnas Portugal di Piala Dunia 2022. (instagram.com/portugal)

Selain Pepe, Raphael Guerreiro juga merupakan bek Portugal yang berhasil unjuk gigi dengan mencetak gol pada babak gugur. Gol itu pun terjadi saat Portugal bertemu Swiss pada babak 16 besar. 

Guerreiro tercatat menorehkan gol pada menit 55. Gol dari bek kiri berusia 28 tahun tersebut menjadi gol keempat Portugal dalam kemenangan 6-1 atas Swiss. 

Guerreiro menjadi andalan Fernando Santos, pelatih Portugal, di sektor kiri pertahanan dengan tampil sebanyak empat kali. Selain mencetak gol, ia juga berhasil memberi dua assist.

5. Manuel Akanji

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Manuel Akanji memperkuat Timnas Swiss di Piala Dunia 2022. (instagram.com/obafemi.5)

Manuel Akanji merupakan bek tengah Timnas Swiss yang perannya tak tergantikan di Piala Dunia 2022. Tak hanya membantu negaranya dalam hal bertahan, ia juga sempat mencatatkan gol pada babak gugur. 

Gol Akanji terlahir pada menit 58 kala Nati, julukan Swiss, bertempur melawan Portugal pada babak 16 besar. Namun, gol itu hanya menjadi pelipur lara Swiss setelah harus menyudahi laga dengan kekalahan telak 1-6.

Akanji bersama negaranya tak bisa melangkah lebih jauh lagi di Piala Dunia 2022. Bek berumur 27 tahun ini total selalu bermain dalam empat laga yang dilewati Swiss.

6. Nahuel Molina

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Nahuel Molina menjadi penggawa Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. (instagram.com/nahuelmolina35)

Timnas Argentina memastikan satu tempat ke babak final Piala Dunia 2022. Keberhasilan itu tak lepas dari andil bek kanan mereka, Nahuel Molina, yang menyumbang gol pada babak gugur. 

Molina tercatat sebagai pencetak gol Argentina ketika bersua Belanda di perempat final. Golnya terlahir pada menit 35 yang membuka keunggulan La Albiceleste. Meski Belanda sempat membalas hingga kemudian skor imbang 2-2, Argentina keluar sebagai pemenang setelah melalui adu penalti. 

Molina sendiri masih berusia cukup muda, yaitu 24 tahun. Ia selalu diandalkan Argentina dalam enam laga yang sudah dijalani. Tak hanya menciptakan gol, ia juga berhasil memberikan satu assist.

7. Theo Hernandez

7 Bek yang Mencetak Gol pada Babak Gugur Piala Dunia 2022Theo Hernandez (instagram.com/theo3hernandez)

Theo Hernandez adalah bek terbaru yang berhasil mengemas gol pada babak gugur Piala Dunia 2022. Gol dari bek kiri Timnas Prancis ini tercipta saat bentrok dengan Maroko di semifinal.

Theo membawa Prancis unggul cepat setelah menjebloskan gol pada menit 5. Gol tersebut berperan penting mengantar Les Bleus ke partai final setelah di akhir laga menang 2-0 atas Maroko.

Bek berusia 25 tahun ini memang menjadi pilar penting Prancis di sektor kiri pertahanan dengan sudah dimainkan lima kali. Peran Theo yang rajin membantu serangan juga berbuah dua assist untuk timnya. 

Dari ketujuh nama di atas, hanya Nahuel Molina dan Theo Hernandez yang memiliki peluang untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2022, sebab negaranya masuk final. Bisakah keduanya menjadi pembeda di lapangan dengan kembali menyumbang gol di laga final nanti? 

Baca Juga: Dalih Pelatih Maroko Usai Kalah dari Prancis: Skuad Pincang

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya