Comscore Tracker

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!

Tangguh di benua Asia, beri kejutan di Piala Dunia

Timnas Arab Saudi digadang-gadang menjadi tim kuda hitam di Piala Dunia 2022. Hal itu tak lepas dari hasil mengejutkan yang mereka raih di laga perdana grup C dengan sukses mengalahkan Argentina, 2-1.

Sayangnya, magis Arab Saudi tak terlihat di dua laga selanjutnya dengan takluk dari Polandia dan Meksiko. Dengan hasil tersebut, Arab Saudi pun terdepak dari Piala Dunia 2022 setelah hanya menjadi juru kunci grup C. 

Kendati gagal lolos dari fase grup, kemenangan atas Argentina pastinya akan selalu dikenang di sepanjang masa. Kemenangan itu juga membuat Arab Saudi kini mencatatkan empat kemenangan dalam sejarah Piala Dunia. Berikut ini momen kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia.

1. Arab Saudi 2-1 Maroko (Piala Dunia 1994 Amerika Serikat) 

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!Arab Saudi melawan Maroko di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat (fifa.com)

Arab Saudi pertama kali ikut Piala Dunia pada Piala Dunia 1994. Mereka tergabung di grup F bersama Belanda, Belgia, dan Maroko. Pada laga perdana, Arab Saudi langsung dihajar Belanda. 

Untungnya, mental para pemain Arab Saudi tidak jatuh. Mereka mampu bangkit di laga selanjutnya saat bertemu Maroko.

Arab Saudi berhasil meraih kemenangan perdana mereka di Piala Dunia dengan skor 2-1. Dua gol tersebut diciptakan oleh Sami Al Jaber dan Fuad Anwar Amin. 

2. Arab Saudi 1-0 Belgia (Piala Dunia 1994 Amerika Serikat) 

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!Arab Saudi bertemu Belgia di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat (fifa.com)

Kemenangan atas Maroko membuat mental para pemain Arab Saudi terangkat. Hal itu terbukti dengan mereka mampu kembali memetik kemenangan atas Belgia di matchday ketiga grup F dengan skor 1-0. Gol semata wayang Arab Saudi kala itu dicetak oleh Saeed Al Uwairan. 

Berkat dua kemenangan yang diraih, Arab Saudi berhak atas tiket 16 besar dengan status runner-up di bawah Belanda. Sayangnya, langkah Arab Saudi di Piala Dunia 1994 harus terhenti oleh Swedia di babak 16 besar. 

Baca Juga: Al Hilal, Klub yang Dominasi Skuad Arab Saudi di Piala Dunia 2022

3. Arab Saudi 2-1 Mesir (Piala Dunia 2018 Rusia) 

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!Arab Saudi berjumpa Mesir di Piala Dunia 2018 Rusia (the-afc.com)

Butuh waktu yang begitu lama bagi Arab Saudi untuk mencatatkan kemenangan ketiga di Piala Dunia. Momen itu baru terwujud di Piala Dunia 2018, yang mana merupakan Piala Dunia kelima yang mereka ikuti. 

Arab Saudi waktu itu bisa mengalahkan Mesir di matchday ketiga grup A dengan skor 2-1. Salman Al Faraj dan Salem Al Dawsari menjadi pendulang gol kemenangan Arab Saudi. 

Kendati menang, Arab Saudi tak bisa melaju ke babak selanjutnya. Hal itu terjadi lantaran di dua laga sebelumnya, mereka dikalahkan oleh Rusia dan Uruguay. 

4. Arab Saudi 2-1 Argentina (Piala Dunia 2022 Qatar) 

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!Arab Saudi bersua Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kemenangan terakhir Arab Saudi di Piala Dunia terjadi di Piala Dunia 2022. Spesialnya, lawan yang dikalahkan adalah Argentina yang mana merupakan salah satu tim favorit juara. Arab Saudi berhasil menang dengan skor 2-1.

Kemenangan Arab Saudi didapat dengan cara yang tidak mudah. Mereka sempat tertinggal terlebih dahulu. Berkat semangat juang yang tinggi, Arab Saudi berhasil membalikkan keadaan melalui gol dari Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari. 

5. Memberi kejutan di awal, Arab Saudi akhirnya tersingkir di Piala Dunia 2022

Catatan Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia, Kalahkan Argentina!Saleh Al-Shehri dan Firas Al-Buraikan (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina seolah terjadi karena kebetulan semata. Pasalnya, mereka tak mampu kembali memetik kemenangan di dua laga selanjutnya. Arab Saudi harus rela kalah dari Polandia dan Meksiko. 

Awalnya memberi kejutan, Arab Saudi pada akhirnya harus merasakan kepedihan. Mereka menjadi juru kunci grup C dan sudah pasti tersingkir dari persaingan Piala Dunia 2022.

 

Arab Saudi memang harus pulang lebih awal di Piala Dunia 2022. Namun, mereka sukses mencuri perhatian dunia berkat kemenangan mengejutkan atas Argentina. Kira-kira, bisakah Arab Saudi lolos ke Piala Dunia berikutnya dan kembali menuai kemenangan? 

Baca Juga: Pemain Arab Saudi Sempat Menangis Sebelum Kalahkan Argentina

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya