Comscore Tracker

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala Dunia

Ia berhasil cetak sejarah baru bagi Qatar

Timnas Qatar menjadi tim pertama yang dipastikan gugur di Piala Dunia 2022. Berstatus tuan rumah, mereka tak mampu berbuat banyak dan harus menelan tiga kali kekalahan di babak grup. Alhasil, mereka hanya menjadi juru kunci grup A di bawah Belanda, Senegal, dan Ekuador. 

Terlepas dari kegagalan yang diraih Qatar, ada sejarah baru yang tercipta. Sejarah yang dimaksud adalah tentang pencetak gol pertama Qatar di Piala Dunia. Tim berjuluk Al Annabi ini hanya mampu menciptakan satu gol dalam tiga laga. 

Satu-satunya pencetak gol Qatar adalah Mohammed Muntari. Gol tersebut terjadi saat Al Annabi bertemu Senegal di matchday kedua grup A. Yuk, mengenal lebih dekat sosok Mohammed Muntari melalui rangkuman fakta berikut ini. 

1. Awal karier

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala DuniaMohammed Muntari (twitter.com/QFA_EN)

Mohammed Muntari mulai meniti kariernya di Golden Lions Soccer Academy. Akademi sepak bola tersebut merupakan akademi yang dibentuk oleh legenda Ghana, Nil Lamptey.

Setelah belajar sepak bola di Golden Lion Soccer Academy, Muntari lalu mulai bertualang ke Qatar pada 2012. Ia menjalani karier pertamanya sebagai pemain profesional di negara tersebut. 

2. Lahir di Ghana dan menjadi pemain naturalisasi Qatar

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala DuniaMohammed Muntari (instagram.com/mmuntari_)

Mohammed Muntari sejatinya merupakan pemain kelahiran Kumasi, Ghana, pada 20 Desember 1993. Ia tumbuh besar dan mulai mengenal sepak bola di negara kelahirannya tersebut. 

Seiring berjalannya waktu setelah ia memulai karier di Qatar, Muntari kemudian resmi menjadi warga negara Qatar. Proses naturalisasi tesebut terjadi pada tahun 2014.

Baca Juga: Qatar Jadi Tuan Terburuk dalam Sejarah Gelaran Piala Dunia!

3. Sudah membela beberapa klub asal Qatar

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala DuniaMohammed Muntari di Al Duhail SC (instagram.com/mmuntari_)

Mohammed Muntari sejauh ini baru pernah membela tim-tim Qatar. Awalnya, ia memperkuat El Jaish pada tahun 2012–2015. 

Muntari kemudian direkrut Al Duhail SC pada tahun 2015 yang kala itu masih menggunakan nama Lekhwiya. Dalam perjalanannya, ia sempat dipinjamkan ke Al Ahli pada 2017–2018.

Tak hanya menjadi pemain pinjaman, Muntari juga sempat dipermanenkan oleh Al Ahli hingga Februari 2019. Striker berusia 28 tahun ini lalu kembali ke Al Duhail SC dan bertahan sampai sekarang. 

4. Statistik Mohammed Muntari di level klub

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala DuniaMohammed Muntari di Al Duhail SC (instagram.com/mmuntari_)

Bersama tiga tim Qatar, yaitu El Jaish, Al Ahli, dan Al Duhail, Muntari sudah mencatatkan banyak laga. Total, ia telah tampil dalam 169 laga di semua kompetisi dengan torehan 52 gol dan 9 assists

Catatan gol Muntari paling banyak diciptakan bersama Al Duhail, yakni 27 gol. Bersama klub ini pula, Muntari berhasil meraih tiga gelar Qatar Stars League. 

5. Statistik Mohammed Muntari di level tim nasional

5 Fakta Mohammed Muntari, Pencetak Gol Pertama Qatar di Piala DuniaMohammed Muntari (fifa.com)

Mohammed Muntari melakoni debut bersama Timnas Qatar pada 27 Desember 2014. Kala itu, Qatar bertarung melawan Estonia dalam laga persahabatan. Hebatnya, ia langsung mencetak satu gol yang turut membantu Qatar menang 3-0.

Muntari sukses menambah pundi-pundi golnya di Piala Dunia 2022, sekaligus mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama Qatar di Piala Dunia. 

Secara keseluruhan, Muntari telah membukukan 45 penampilan bersama Timnas Qatar. Dari jumlah laga tersebut, ia mengoleksi 12 gol dan 5 assists

 

Sejarah yang diciptakan Mohammed Muntari di Piala Dunia 2022 diharapkan bisa menjadi motivasi untuk terus berkembang. Bukan tidak mungkin jika Muntari akan membawa Qatar lolos ke Piala Dunia edisi selanjutnya dan mencetak gol demi gol lainnya. 

Baca Juga: 6 Fakta Qatar, Negara Arab Pertama yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya