Comscore Tracker

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1

Persebaya belum bisa menghentikan laju PSM Makassar

Duel seru tersaji saat PSM Makassar berjumpa dengan Persebaya Surabaya pada pekan ke-9 Liga 1 2022/2023. Laga tersebut digelar di Stadion Gelora BJ Habibie, Sabtu (10/9/2022). 

Persebaya sejatinya lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, PSM yang mendapat dukungan penuh penggemar tampil lebih solid.

Mereka sukses meraih kemenangan telak 3-0. Ketiga gol tersebut dicetak Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, dan Yuran Fernandes. 

Ada beberapa fakta setelah PSM Makassar bantai Persebaya pada pekan ke-9 Liga 1.

1. PSM Makassar masih belum terkalahkan

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1Para pemain PSM Makassar tampil di Piala AFC Zona ASEAN 2022. (instagram.com/theafchub)

PSM Makassar benar-benar menjadi tim kuat hingga pekan ke-9. Itu terbukti dengan belum pernah menelan kekalahan. Hanya Juku Eja yang memiliki rekor apik tersebut. 

Dengan kemenangan yang diraih atas Persebaya, PSM total meraih enam kemenangan. Mereka tercatat tidak meraih poin maksimal saat ditahan imbang Persija Jakarta dan Persik Kediri. PSM juga masih menyimpan satu laga yang belum dimainkan.

2. Yakob Sayuri menjadi pencetak gol terbanyak PSM Makassar sejauh ini

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1Yakob Sayuri (instagram.com/yassa_sayuri22)

Yakob Sayuri tampil impresif saat berjumpa Persebaya Surabaya. Ia sukses menjadi bintang kemenangan PSM Makassar dengan catatan 1 gol dan 1 assist

Pemain yang berperan sebagai winger tersebut sudah mengoleksi total 4 gol dan 3 assist. Itu merupakan kontribusi terbanyak dibanding pemain PSM lainnya. 

Baca Juga: Hajar Persebaya 3-0, Pelatih PSM Puji Semangat Spartan Anak Asuhnya

3. Rekor pertemuan yang sangat ketat antara PSM Makassar dan Persebaya Surabaya

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1Ramadhan Sananta sukses mencetak satu gol ke gawang Persebaya Surabaya di pekan ke-9 Liga 1 2022/2023. (instagram.com/m.ramadhansn)

Sejak Liga 1 2018, rekor pertemuan antara PSM Makassar dan Persebaya Surabaya berjalan begitu ketat. Mereka saling mengalahkan dan tak pernah imbang.

Termasuk laga ini, keduanya total bertemu tujuh kali di Liga 1. PSM sementara unggul dengan menang empat kali. Sementara itu, Persebaya tercatat menang tiga kali. 

Ketatnya rekor pertemuan terjadi lantaran kedua tim selalu saling mengalahkan pada tiap musim. Patut kita nantikan pertemuan kedua mereka pada musim ini.

4. Kekalahan kelima Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/2023

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1Skuad Persebaya Surabaya tampil di Liga 1 2022/2023. (instagram.com/jojo_bonek)

Berbanding terbalik dengan rekor apik yang diraih PSM Makassar, hasil ini membuat Persebaya Surabaya meraih kekalahan kelimanya di Liga 1 musim ini. Sebelumnya, Bajul Ijo juga sempat dikalahkan Persikabo 1973, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Bali United. 

Tentu ini menjadi catatan yang tidak diharapkan oleh Persebaya. Mereka harus bisa memanfaatkan dengan baik laga-laga selanjutnya jika ingin setidaknya menyamai capaian musim lalu dengan finis di urutan kelima.

5. PSM Makassar nyaman di papan atas, Persebaya Surabaya terlempar dari zona sepuluh besar

5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1Skuad PSM Makassar tampil di Liga 1 2022/2023. (instagram.com/m.ramadhansn)

Tak terkalahkan dan masih menyimpan satu laga, PSM Makassar makin nyaman bersaing di papan atas klasemen hingga pekan ke-9. Mereka bercokol di posisi ke-3 dengan mengemas 20 poin hasil dari 6 menang dan 2 imbang. 

Sementara itu, Persebaya Surabaya harus terdepak dari zona sepuluh besar usai dibantai PSM Makassar. Anak asuh Aji Santoso harus turun ke posisi 12 dengan catatan 10 poin hasil dari 3 menang dan 1 imbang. 

Baik PSM Makassar maupun Persebaya Surabaya akan memainkan laga Liga 1 pekan ke-10 pada Kamis (15/9/2022). Juku Eja berjumpa Dewa United, sedangkan Bajul Ijo bertemu RANS Nusantara FC.

Baca Juga: Wiljan Pluim Disanksi Absen 5 Laga, Pelatih PSM Geram: Ada Apa Ini?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya