Memukau! 5 Gol Salto Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions Eropa

Mana yang menjadi gol favoritmu?

Liga Champions Eropa merupakan panggung pertemuan paling bergengsi antar klub-klub terbaik dari negara-negara top di Eropa. Setiap musimnya selalu terdapat momen menarik yang disuguhkan. Salah satunya adalah gol-gol indah nan berkelas yang terjadi. Dari banyaknya gol yang ada, terdapat beberapa gol yang tercipta dengan cara yang tak biasa.

Cara yang dimaksud adalah dengan bicycle kick atau tendangan salto. Ya, cara tersebut memang tak biasa karena untuk bisa melakukannya seorang pemain harus memiliki insting dan penyelesaian akhir yang mumpuni serta adanya faktor keberuntungan. Berikut adalah 5 gol salto terbaik dari masa ke masa sepanjang sejarah Liga Champions Eropa.

1. Mauro Bressan (1999)

https://www.youtube.com/embed/dhfYrTte0sw

Gol salto terbaik pertama terjadi dalam laga fase grup B Liga Champions Eropa musim 1999/2000 antara Fiorentina melawan Barcelona di Stadio Artemio Franchi, Florence, pada 02/11/1999. Fiorentina yang berstatus tuan rumah berhasil mengejutkan tim tamu dengan gol salto berkelas yang diciptakan oleh Mauro Bressan pada menit ke-14. Bressan melakukan bicycle kick dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh Arnau yang menjadi kiper Barcelona kala itu. Namun sayang, Fiorentina tak berhasil meraih kemenangan usai laga berakhir imbang dengan skor 3-3.

2. Peter Crouch (2006)

https://www.youtube.com/embed/_oDatC4nVDQ

Laga fase grup C Liga Champions Eropa musim 2006/2007 yang mempertemukan Liverpool melawan Galatasaray pada 27/09/2006 di Anfield Stadium juga menyuguhkan sebuah gol salto berkelas. Gol tersebut dilesatkan oleh Peter Crouch yang menjadi striker andalan Liverpool waktu itu. Crouch menerima umpan silang dari Steve Finnan pada menit ke-52 yang diselesaikannya melalui bicycle kick. Gol salto tersebut merupakan gol ke-dua Crouch di laga itu. Di akhir laga, Liverpool sukses mengamankan tiga poin setelah laga berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Liverpool.

Baca Juga: Momen Gol Terindah Sepanjang Sejarah di Liga Champions, Bikin Melongo!

3. Mario Mandzukic (2017)

https://www.youtube.com/embed/h4Z8mBLaG3Q

Mario Mandzukic juga pernah menciptakan gol salto berkelas di ajang Liga Champions Eropa. Gol tersebut terjadi dalam laga final musim 2016/2017 yang mempertemukan Juventus melawan Real Madrid yang dihelat di Principality Stadium, Cardiff, pada 03/06/2017. Mandzukic berhasil menjebol gawang Real Madrid di menit ke-27 dengan tendangan saltonya yang tak mampu dibendung oleh Keylor Navas. Gol tersebut menjadi penyama kedudukan setelah Juventus sempat tertinggal 0-1. Namun, di akhir laga Juventus harus merelakan gelar juara untuk Real Madrid setelah takluk 1-4.

4. Cristiano Ronaldo (2018)

https://www.youtube.com/embed/QxLzW6Wi50A

Gol salto dari mega bintang, Cristiano Ronaldo yang satu ini pastinya masih teringat jelas di benak pencinta sepak bola. Pasalnya, gol tersebut terjadi dalam waktu yang belum lama berlalu dan sangat sulit untuk dilupakan. Ronaldo yang kala itu masih berseragam Real Madrid bersua Juventus di Juventus Stadium, Turin, pada 03/04/2018. Laga itu terjadi di babak 16 besar leg pertama Liga Champions musim 2017/2018. Ronaldo berhasil menciptakan gol bicycle kick spektakuler di menit ke-64 usai menerima umpan dari Dani Carvajal. Gol itu merupakan gol ke-dua Ronaldo di laga tersebut dan sukses membawa Real Madrid meraih kemenangan dengan skor akhir 0-3.

5. Gareth Bale (2018)

https://www.youtube.com/embed/VfhFW18uhBE

Terakhir ada gol salto dari penyerang Real Madrid, Gareth Bale. Laga final Liga Champions Eropa musim 2017/2018 yang mempertemukan Real Madrid melawan Liverpool di NSK Olimpiyskyi, Kyiv, pada 26/05/2018, menjadi pembuktian kualitas Bale. Ia berhasil menyarangkan gol salto ke gawang Karius di menit ke-64 usai menerima umpan dari Marcelo. Gol tersebut sekaligus menjadi gol ke-dua Bale di laga itu. Hebatnya lagi, Bale hanya menjadi pemain pengganti yang masuk di menit ke-61 menggantikan Isco. Berkat dua golnya, Real Madrid berhasil memenangkan laga final tersebut dengan skor akhir 3-1 sekaligus menjadi gelar Liga Champions ke-tiga secara beruntun.

Itulah 5 gol bicycle kick atau tendangan salto terbaik dari masa ke masa sepanjang sejarah Liga Champions Eropa. Kita nantikan gol-gol bicycle kick yang indah nan berkelas lainnya di musim-musim selanjutnya.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Termuda di Liga Champions Musim Ini, Generasi Emas?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya