Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernya

Demba Ba memutuskan pensiun dari sepak bola

Pesepak bola muslim asal Senegal, Demba Ba, resmi memutuskan pensiun. Keputusan tersebut ia sampaikan melalui akun media sosial pribadinya pada Selasa (14/09/2021) dini hari WIB.

FC Lugano menjadi klub terakhir yang dibela Demba Ba. Sebelumnya, sosok berusia 36 tahun ini pernah berseragam Excelsior Mouscron, Hoffenheim, West Ham United, Newcastle United, Chelsea, Besiktas, Shanghai Shenhua, Goztepe, dan Istanbul Basaksehir.

Secara total, Demba Ba berhasil mengemas 193 gol dari 439 laga yang dilakoni di level klub. Dari gol sebanyak itu, tim mana saja yang paling sering dibobol Demba Ba? Check this out!

1. West Bromwich Albion (6 gol)

Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernyapotret Demba Ba bersama West Ham United (skysports.com)

West Bromwich Albion menjadi klub yang paling bersahabat dengan Demba Ba dalam urusan mencetak gol. Ia pernah berjumpa Albion dalam 8 laga di Premier League bersama West Ham, Newcastle United, dan Chelsea. Ia mampu menciptakan 6 gol.

Terakhir kali Demba Ba mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion, adalah pada 2 Maret 2013 dalam laga pekan ke-28 Premier League musim 2012/2013. Dari 6 laga yang dilakoni, tim yang dibela Demba Ba membukukan 3 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kali kalah.

2. Kasimpasa (6 gol)

Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernyapotret Demba Ba di Istanbul Basaksehir (sportnewsafrica.com)

Kasimpasa menjadi klub kedua yang gawangnya paling sering dibobol Demba Ba. Ia pernah bertanding melawan Kasimpasa dalam 5 laga di Super Lig Turki bersama bersama Besiktas, Goztepe, dan Istanbul Basaksehir. Ia berhasil mencetak 6 gol.

Demba Ba terakhir kali merobek jala gawang Kasimpasa pada 26 Juli 2020 dalam laga pekan ke-34 Super Lig Turki musim 2019/2020. Ia membantu timnya meraih 3 kemenangan dan 2 laga lainnya berujung kekalahan.

Baca Juga: Eks Bomber Chelsea Perusak Mimpi Liverpool Pensiun

3. Tottenham Hotspur (5 gol)

Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernyapotret Demba Ba saat membela Newcastle United (skysports.com)

Klub ketiga yang menjadi lumbung gol Demba Ba adalah Tottenham Hotspur. Ia pernah bertarung melawan Spurs dalam 6 laga di semua ajang bersama West Ham, Newcastle United, Chelsea, dan Besiktas. Tercatat, ia mampu menciptakan 5 gol. 

Tottenham Hotspur terakhir kali kemasukan gol oleh Demba Ba pada 2 Oktober 2014 dalam laga fase grup C Europa League musim 2014/2015. Sementara bagi timnya, dari 6 laga yang dilakoni mampu meraih 2 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

4. Beijing BSU (5 gol)

Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernyapotret Demba Ba saat berseragam Shanghai Shenhua (twitter.com/shanghaishenhua)

Klub asal China, Beijing BSU, menjadi klub favorit keempat bagi Demba Ba dalam mencetak gol. Ia pernah bentrok kontra Beijing BSU dalam 2 laga di Chinese FA Cup bersama Shanghai Shenhua. Ia tampil ciamik dengan mengemas 5 gol. 

Kedua laga yang dijalani Demba Ba tersebut terjadi dalam babak semifinal yang dihelat dua leg pada 30 September 2015 dan 10 Oktober 2015. Performa apiknya berkontribusi besar bagi Shanghai Shenhua dengan memenangi dua laga yang dilakoni.

5. Manchester United (4 gol)

Pensiun, 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Demba Ba dalam Kariernyapotret Demba Ba di Chelsea (skysports.com)

Selain Tottenham Hotspur, Manchester United juga merupakan salah satu tim besar yang sering dibobol Demba Ba. Total, Demba Ba pernah bertemu United sebanyak 10 kali di semua gelaran bersama West Ham, Newcastle United, Chelsea, dan Istanbul Basaksehir. Ia sukses mencatatkan 4 gol dan 1 assist

Manchester United terakhir kali menjadi korban ketajaman Demba Ba pada 4 November 2020 dalam fase grup H Liga Champions musim 2020/2021. Soal hasil akhir, tim yang dibela Demba Ba mengemas 4 kemenangan, 2 imbang, dan 4 kalah. 

 

Itulah 5 klub yang paling sering dibobol Demba Ba dalam kariernya. Sosok Demba Ba tentunya tak mudah dilupakan begitu saja oleh penggemar sepak bola mengingat performanya cukup impresif sebagai seorang penyerang. Happy retirement, Demba Ba!

Baca Juga: Demba Ba Mendapatkan Perkataan Rasis dari Pemain Liga Super Cina

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya