10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropa

Gak ada tim Premier League?

Liga Champions Eropa merupakan kompetisi paling bergengsi bagi klub-klub di Eropa. Tak sembarang tim bisa berpartisipasi dalam ajang tersebut. Hanya tim-tim terbaik dari negara-negara top Eropa yang mampu mentas di panggung Liga Champions Eropa. 

Dalam sejarah gelarannya, Real Madrid menjadi klub tersukses dengan raihan 13 gelar. El Real juga menjadi tim yang paling sering tampil untuk memperebutkan trofi 'si kuping besar'. Termasuk Real Madrid, klub mana sajakah yang paling sering berpartisipasi di Liga Champions Eropa?

1. Real Madrid - 44 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropaen.as.com

Real Madrid menjadi klub yang paling sering tampil di Liga Champions Eropa. Klub raksasa asal Spanyol tersebut tercatat telah berpartisipasi dalam 44 musim kompetisi Liga Champions Eropa. El Real juga menjadi tim tersukses di ajang ini dengan torehan 13 gelar. Tentunya, sangat sulit bagi tim lain untuk menyalip capaian El Real. 

2. Benfica - 39 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropathesun.co.uk

Benfica merupakan klub tersukses asal Portugal. Klub berjuluk O Glorioso tersebut tercatat tampil di ajang Liga Champions Eropa sebanyak 39 musim kompetisi. Sepanjang keikutsertaannya, mereka pernah meraih gelar Liga Champions Eropa sebanyak dua kali. 

3. Dynamo Kyiv - 37 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropactvnews.ca

Selanjutnya terdapat klub asal Ukraina, Dynamo Kyiv. Mereka merupakan klub tersukses di liga kasta tertinggi Ukraina. Alhasil, Kyiv kerap menjadi perwakilan klub asal Ukraina di pentas Liga Champions Eropa. Tercatat, klub yang bermarkas di NSK Olimpisky tersebut telah tampil di Liga Champions Eropa dalam 37 musim kompetisi. 

4. Ajax Amsterdam - 35 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropaskysports.com

Di urutan ke-empat dihuni oleh klub raksasa asal Belanda, Ajax Amsterdam. Mereka menjadi tim tersukses di pentas domestik Liga Belanda dan kerap merepotkan tim lain di pentas Liga Champions Eropa. Sepanjang sejarah, Ajax telah berpartisipasi dalam 35 musim kompetisi di Liga Champions Eropa. The Amsterdammers juga telah berhasil merengkuh empat gelar. 

5. Anderlecht - 32 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropatwitter.com/rscanderlecht

Anderlecht masuk lima besar sebagai tim yang paling sering berpartisipasi di ajang Liga Champions Eropa. Mereka merupakan tim tersukses di Jupiler Pro League alias liga kasta tertinggi di Belgia. Tercatat, Anderlecht pernah tampil di Liga Champions Eropa sebanyak 32 musim kompetisi. 

Baca Juga: 8 Klub Liga Champions 2020/2021 dengan Skuad Termahal, Favorit Juara?

6. Juventus - 32 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropajuventus.com

Klub raksasa Italia, Juventus, hanya menduduki peringkat enam. Klub tersukses di Serie A tersebut telah berpartisipasi dalam 32 musim kompetisi Liga Champions Eropa. Meski sering berpartisipasi dan menyandang tim unggulan, tetapi La Vecchia Signora baru mengoleksi dua gelar Liga Champions Eropa.

7. Celtic - 31 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropabeinsports.com

Celtic merupakan salah satu tim besar asal Skotlandia. Mereka kerap mewakili negaranya di pentas Liga Champions Eropa. Sepanjang sejarah, Celtic telah tampil di Liga Champions Eropa dalam 31 musim kompetisi. Mereka pernah mengukir prestasi dengan torehan satu gelar Liga Champions Eropa. 

8. Bayern Munchen - 31 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropagoal.com

Sang jawara bertahan, Bayern Munchen, menempati urutan ke-delapan. Klub raksasa asal Jerman tersebut memiliki catatan yang sama dengan Celtic, yaitu berpartisipasi dalam 31 musim kompetisi Liga Champions Eropa. Soal prestasi, Die Roten memiliki catatan yang cukup apik. Gelar Liga Champions Eropa yang diraih di musim 2019/20 merupakan gelar ke-enam dalam sejarah. 

9. Rangers - 29 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropafootballinsider247.com

Selain Celtic, Skotlandia juga memiliki wakil lainnya yang sering mentas di Liga Champions Eropa. Mereka adalah Rangers, tim yang menjadi rival utama Celtic di liga utama Skotlandia. Namun, sejatinya Rangers lebih sukses daripada Celtic di pentas domestik. Di Liga Champions Eropa sendiri, Rangers telah tampil dalam 29 musim kompetisi. Sayangnya, mereka belum pernah mencicipi gelar juara. 

10. Olympiacos - 29 kali

10 Klub yang Paling Sering Berpartisipasi di Liga Champions Eropafcbayern.com

Olympiacos melengkapi sepuluh besar sebagai klub yang paling sering berpartisipasi di ajang Liga Champions Eropa. Mereka merupakan tim tersukses di liga kasta tertinggi Yunani. Alhasil, Olympiacos sering mewakili Yunani di pentas Liga Champions Eropa. Tercatat, mereka telah mentas dalam 29 musim kompetisi. Namun, Olympiacos belum memiliki catatan prestasi di Liga Champions Eropa. 

Siapa yang menyangka dua tim kuat dari Liga Skotlandia dapat hadir di Liga Champions dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, beberapa klub lainnya pun hampir meraih titel juara Liga Champions Eropa. Nah, dari kesepuluh tim di atas, ada klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Catatan Gol Terbanyak di Liga Champions Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya