Comscore Tracker

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnya

Setelah gantung sepatu mereka menjadi pelatih di klubnya

Seorang pelatih sepak bola biasanya mengawali karier sebagai seorang pemain terlebih dahulu. Usai pensiun, barulah mereka terjun ke dunia kepelatihan. Tak jarang, seorang pemain yang pernah menjadi legenda sebuah klub, akan ditunjuk sebagai pelatih klub tersebut di kemudian hari. Sebut saja Frank Lampard, ia merupakan salah satu legenda klub Chelsea.

Saat ini, kita semua tahu bahwa Lampard tengah menjadi pelatih klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa adanya kecintaan antara Lampard dan pihak klub yang sudah saling melekat. Ternyata, selain Lampard juga terdapat beberapa pelatih Premier League lainnya yang pernah bermain untuk klub yang dilatihnya. Setidaknya terdapat 5 orang pelatih termasuk Frank Lampard. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ole Gunnar Solskjaer - Manchester United

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnya90min.com

Ole Gunnar Solskjaer merupakan pelatih Manchester United saat ini. Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, ia pernah mengabdi untuk United sebagai pemain. Solskjaer bergabung dengan The Red Devils di musim 1996/1997 usai ditebus dari Molde FK, klub asal Norwegia dengan banderol 2,50 juta euro. Pemain berposisi second striker tersebut total telah tampil sebanyak 365 laga di semua ajang dengan torehan 127 gol dan 50 assist.

Setelah 11 musim berseragam United, akhirnya Solskjaer pensiun pada Agustus 2007. Di tahun yang sama, ia langsung ditunjuk sebagai forward coach Manchester United. Kemudian pada Juli 2008, Solskjaer diberi kepercayaan untuk menukangi Manchester United U-23. Sebelum menangani United di level senior, Ia sempat melatih Molde FK dan Cardiff. Barulah pada Maret 2019, Solskjaer diangkat sebagai pelatih utama klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut hingga saat ini. Sejauh ini, Solskjaer telah mendampingi United dalam 60 laga.

2. Mikel Arteta - Arsenal

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnyatheguardian.com

Selanjutnya terdapat nama Mikel Arteta, pelatih Arsenal. Arteta juga sempat mengabdi untuk Arsenal sebagai pemain. The Gunners memboyong Arteta dari Everton dengan biaya transfer 12 juta euro di musim 2011/2012. Tercatat, ia telah bermain dalam 150 laga di semua ajang dengan mencatatkan 16 gol dan 11 assist. Lalu, pria berdarah Spanyol tersebut mengakhiri karier pada tahun 2016.

Setelah tak lagi menjadi pemain, Arteta ditunjuk sebagai asisten pelatih Manchester City pada Juli 2016. Barulah pada Desember 2019, Arteta resmi melatih Arsenal menggantikan posisi Unai Emery. Sejauh ini Arteta telah mencatatkan 19 laga untuk Arsenal. Ia sendiri belum mampu mengangkat performa Arsenal. Akan tetapi, ia memiliki prospek yang besar untuk kembali membawa Arsenal berjaya.

Baca Juga: Southampton Dihajar Arsenal 0-2, Mikel Arteta Puji Pemain

3. Frank Lampard - Chelsea

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnyastandard.co.uk

Seperti yang disebutkan di awal, Frank Lampard adalah legenda Chelsea yang saat ini berstatus sebagai pelatih salah satu klub terbaik Premier League tersebut. Lampard berseragam Chelsea sebagai gelandang setelah direkrut dari West Ham United dengan mahar 16 juta euro di musim 2001/2002. Selama membela The Blues, ia total telah bermain dalam 648 dengan torehan 210 gol dan 151 assist. Lampard akhirnya lepas kontrak dengan Chelsea pada tahun 2014.

Lalu, ia sempat membela New York City FC dan Manchester City sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2017. Di awal karier kepelatihannya, ia sempat menangani Chelsea junior dan Derby County. Barulah pada Juli 2019, Lampard resmi ditunjuk sebagai pelatih utama The Blues hingga saat ini. Sejauh ini, Lampard telah mendampingi Chelsea dalam 45 laga di semua kompetisi. Pelatih berdarah Inggris tersebut sukses membawa Chelsea bersaing di papan atas Premier League.

4. Eddie Howe - Bournemouth

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnyaskysports.com

Eddie Howe mungkin menjadi salah satu nama yang asing di telinga football lovers. Namun, perlu diketahui ia adalah mantan bek Bournemouth yang saat ini melatih salah satu klub peserta Premier League tersebut. Howe berseragam Bournemouth sebagai pemain pada musim 2004/2005 usai hengkang dari Portsmouth dengan status bebas transfer. Selama tiga musim membela The Cherries, ia total telah merumput dalam 70 laga di semua ajang dengan torehan 2 gol. Kemudian, Howe pensiun sebagai seorang pemain padah tahun 2007.

Usai pensiun, Howe terjun ke dunia kepelatihan dengan menukangi Bournemouth pada Desember 2008. Sempat habis kontrak dan melatih Burnley, akhirnya Howe kembali melatih Bournemouth pada Oktober 2012 hingga saat ini. Selama dua periode menangani The Cherries, Howe telah mencatatkan 447 pertandingan. Namun, di musim ini Bournemouth berada di zona degradasi dan berpotensi turun kasta. Howe harus benar-benar harus bisa mencari cara di sisa laga Premier League musim ini agar timnya bisa bertahan di kompetisi teratas Liga Inggris.

5. Chris Wilder - Sheffield United

5 Pelatih Premier League Ini Pernah Bermain di Klub yang Dilatihnyaskysports.com

Terakhir terdapat nama Chris Wilder, pelatih Sheffield United. Sama halnya dengan Eddie Howe, mungkin nama pelatih yang satu ini juga belum terlalu familier. Wilder pernah bermain untuk Sheffield United sebagai bek sayap setelah didatangkan dari Southampton junior pada musim 1986/1987 dengan status bebas transfer. Sempat dipinjamkan ke beberapa klub, Wilder akhirnya dilepas Sheffield United pada musim 1999/2000. Lalu, ia memutuskan pensiun dari lapangan hijau sebagai pemain pada tahun 2001.

Di karier kepelatihannya, Wilder sempat menangani beberapa klub sebelum akhirnya mulai melatih Sheffield United pada Mei 2016. Hingga saat ini, Wilder telah mendampingi Sheffield dalam 188 laga. Urusan prestasi, pelatih berdarah Inggris tersebut sukses mengantarkan Sheffield United promosi ke Premier League di musim lalu. Di musim ini, ia mampu membawa timnya bersaing di Premier League dengan berkutat di papan tengah klasemen. Bahkan posisi mereka berada di atas tim sekelas Arsenal.

Kelima pelatih di atas memang belum pernah meraih prestasi yang mentereng. Namun, mereka memiliki potensi dan prospek yang besar untuk menjadi pelatih sukses. Patut kita nantikan kiprah mereka untuk ke depannya!

Baca Juga: Frank Lampard Pastikan Chelsea Tidak Berminat pada Kai Havertz

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya