5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchen

Thiago Alcantara menjadi nama terbaru!

Liverpool dan Bayern Munchen merupakan dua tim besar di Eropa yang memiliki sejarah apik. Mereka mampu tampil digdaya baik di pentas domestik maupun kancah Eropa. Jika kedua tim yang sama-sama mengenakan jersi dominan merah tersebut bertemu, maka tersaji duel sengit yang menarik untuk disaksikan. 

Dalam sejarah, mereka pernah bertemu sebanyak 9 kali di pentas Eropa. Liverpool sedikit lebih unggul dengan catatan tiga kemenangan dan hanya mengalami satu kekalahan. Selain statistik pertemuan, terdapat beberapa hal lain yang patut disimak. Salah satunya mengenai para pemain yang pernah berseragam kedua tim tersebut. Berikut lima pemain aktif yang pernah membela Liverpool dan Bayern Munchen. 

1. Pepe Reina

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchenrousingthekop.com

Pepe Reina menjadi pemain aktif pertama yang pernah berseragam Liverpool dan Bayern Munchen. Ia terlebih dahulu bergabung dengan Liverpool di musim 2005/06 usai hengkang dari Villarreal. Kiper asal Spanyol tersebut aktif membela The Reds selama delapan musim. Dalam kurun waktu selama itu, Reina sukses meraih 1 gelar Piala FA, 1 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar English League Cup, dan 1 gelar English Super Cup. 

Setelah sempat dipinjamkan ke Napoli selama satu musim, Reina akhirnya direkrut oleh Bayern Munchen pada musim 2014/15. Kiprahnya bersama The Bayern terbilang singkat, yakni hanya satu musim. Ia hanya berhasil merengkuh 1 gelar Bundesliga. Kemudian, Reina berpisah dengan Munchen di musim 2015/16 dan bergabung dengan Napoli. Saat ini, kiper berusia 38 tahun tersebut aktif membela Lazio. 

2. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchengoal.com

Pemain aktif ke-dua yang pernah berseragam Liverpool dan Bayern Munchen adalah Xherdan Shaqiri. Ia merupakan pemain berposisi winger kanan. Shaqiri terlebih dahulu merapat ke skuad Munchen di musim 2012/13 setelah hijrah dari FC Basel. Bersama Munchen, pemain asal Turki tersebut sukses meraih 1 gelar Liga Champions, 3 gelar Bundesliga, 2 gelar DFB Pokal, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar German Super Cup.

Barulah di musim 2018/19, ia bergabung dengan Liverpool setelah sempat membela Inter dan Stoke City. Di skuad The Reds, Shaqiri juga menuai kesuksesan. Ia berhasil mencicipi 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Namun, saat ini posisinya di skuad utama Liverpool sudah mulai tergusur. Meski demikian, kontraknya masih tersisa hingga Juni 2023 di Anfield Stadium.

3. Emre Can

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchenskysports.com

Selanjutnya terdapat nama Emre Can, pemain berposisi gelandang bertahan. Bayern Munchen menjadi klub pertama yang dibelanya. Sempat membela Bayern Munchen U-17, U-19, dan FC Bayern II, ia akhirnya promosi ke tim senior di musim 2012/13. Namun, Can hanya bertahan selama satu musim. Pemain asal Jerman tersebut sukses meraih 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Bundesliga, 1 gelar DFB Pokal, dan 1 gelar German Super Cup. 

Can tak lagi membela Munchen usai hijrah ke Bayer Leverkusen di musim 2013/14. Barulah di musim 2014/15, ia berkiprah di Premier League bersama Liverpool. Can aktif mengabdi untuk The Reds selama empat musim. Sayangnya, ia tak mampu meraih satu gelar pun bersama Liverpool. Setelah kontraknya berakhir, Can memutuskan hengkang ke Juventus dan saat ini ia tengah membela Borussia Dortmund. 

Baca Juga: Aduh, Thiago Alcantara Positif COVID-19!

4. Philippe Coutinho

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchenfcbayern.com

Phillippe Coutinho menjadi pemain aktif ke-empat yang pernah berpanji Liverpool dan Bayern Munchen. Ia terlebih dahulu berseragam Liverpool usai dibajak dari Inter Milan di bursa transfer musim dingin 2012/13. Di skuad The Reds, pemain asal Brasil tersebut benar-benar menemukan performa terbaiknya sebagai gelandang serang. Namun, dalam kurun waktu lima musim musim di Anfield, Coutinho tak pernah mencicipi gelar. 

Bintang Brazil tersebut tak lagi membela Liverpool usai hijrah ke Barcelona di bursa transfer musim dingin 2017/18. Tersisih dari skuad utama, Coutinho kemudian dipinjamkan ke Bayern Munchen selama satu musim di musim 2019/20. Bersama The Bayern, ia kembali tampil apik dan sukses meraih 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Bundesliga, dan 1 gelar DFB Pokal. Saat ini, ia kembali ke skuad Barcelona setelah masa peminjaman berakhir. 

5. Thiago Alcantara

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Liverpool & Bayern Munchenskysports.com

Pemain aktif terakhir yang pernah berseragam Liverpool dan Bayern Munchen adalah Thiago Alcantara. Ia merupakan pemain berposisi gelandang tengah. Mengawali karier bersama Barcelona, Thiago kemudian hijrah ke Bayern Munchen di musim 2013/14. Ia menjadi andalan di lini tengah Munchen selama tujuh musim. Thiago sukses meraih 1 gelar Liga Champions, 7 gelar Bundesliga, 4 gelar DFB Pokal, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar German Super Cup. 

Pemain asal Spanyol tersebut, akhirnya berpisah dengan Munchen dan bergabung dengan Liverpool di musim 2020/21. Ia menjadi salah satu pemain terbaru yang diboyong oleh The Reds. Tentunya, kualitas dari Thiago sudah tidak diragukan lagi. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2024, ia diharapkan mampu membawa perubahan positif di skuad Liverpool. 

Itulah 5 pemain aktif yang pernah membela Liverpool dan Bayern Munchen. Dari kelima pemain di atas, siapakah yang tampil paling mengesankan?

Baca Juga: 6 Pemain Aktif yang Juarai UCL Bersama 2 Tim Berbeda, Thiago Terbaru!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya