Comscore Tracker

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa

Ada pemain Asia favoritmu?

Setiap pemain yang berkarier di Eropa pastinya menginginkan tampil di Liga Champions Eropa. Mengingat ajang tersebut merupakan yang paling bergengsi di benua biru. Tak hanya pemain dari daratan Eropa, tetapi pemain top dari segala penjuru dunia tak terkecuali Asia juga ikut meramaikan persaingan di sana.

Dalam sejarah perhelatannya, telah ada beberapa pemain dari benua Asia yang sukses mencatatkan penampilan di Liga Champions Eropa. Bahkan, ada juga yang mampu mencicipi gelar. Lalu, siapa sajakah pemain dari benua Asia dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa?

1. Park Ji-sung - 54 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropableacherreport.com

Park Ji-sung menjadi pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa. Pemain berdarah Korea Selatan tersebut sukses mentas dalam 54 laga bersama PSV Eindhoven dan Manchester United.

Performanya terbilang cukup mentereng dengan sukses mencetak 4 gol dan 3 assist. Bahkan, pemain berposisi gelandang serang tersebut pernah menjujung gelar Liga Champions bersama Manchester United di musim 2007/08.

2. Son Heung-min - 47 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropagoal.com

Selain Park Ji-sung, Korea Selatan juga memiliki sosok Son Heung-min. Bisa dibilang, ia merupakan pemain Asia terbaik yang tengah berkiprah di Eropa saat ini. Son tercatat telah bermain di Liga Champions Eropa dalam 47 laga bersama Bayer Leverkusen dan Tottenham Hotspur.

Penampilannya begitu mentereng dengan mampu menciptakan 17 gol dan 5 assist. Pemain berposisi winger kiri tersebut berada di puncak performa saat bersama Spurs. Sayangnya, Son belum pernah mencicipi gelar Liga Champions. Pencapaian terbaiknya hanya menjadi runner-up di musim 2018/19.

3. Shinji Kagawa - 33 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropaen.as.com

Selanjutnya terdapat sosok Shinji Kagawa, gelandang serang asal Jepang. Ia sukses mencatatkan 33 penampilan di Liga Champions Eropa. Catatan tersebut ditorehkannya bersama Manchester United dan Borussia Dortmund.

Kiprahnya juga cukup apik dengan berhasil mengemas 4 gol dan 8 assist. Namun, keberuntungan belum berpihak kepadanya. Kagawa belum pernah merasakan gelar Liga Champions Eropa. 

Baca Juga: 5 Pemain Benua Asia dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga

4. Atsuto Uchida - 29 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropafifa.com

Pemain yang satu ini mungkin tak setenar ketiga pemain sebelumnya. Ia adalah Atsuto Uchida, pemain berdarah Jepang berposisi bek kanan. Sebagian besar waktu dalam kariernya, ia habiskan dengan memperkuat Schalke. 

Di ajang Liga Champions Eropa, Uchida telah merumput dalam 29 laga bersama Schalke. Dari sejumlah laga tersebut, ia mencatatkan satu gol dan dua assist. Sayangnya, ia gagal menorehkan gelar di Liga Champions.

5. Yuto Nagatomo - 21 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropasbnation.com

Yuto Nagatomo merupakan pemain berposisi bek kiri. Ia juga termasuk dalam jajaran pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa. Pemain berkebangsaan Jepang tersebut berhasil tampil dalam 21 laga bersama Inter Milan dan Galatasaray. 

Meski memiliki catatan penampilan yang tak terlalu banyak, tetapi Nagatomo mampu memberikan permainan yang cukup baik. Ia dikenal sebagai bek yang gesit dan energik. Sayangnya, ia juga bernasib sama dengan Son, Kagawa, dan Uchida, yang tak pernah meraih gelar Liga Champions.

Meski tak banyak pemain Asia yang mampu menorehkan prestasi di Liga Champions Eropa, tetapi setidaknya kehadiran mereka mampu membuktikan bahwa Asia juga memiliki talenta hebat. Dari kelima pemain di atas, mana pemain favoritmu?

Baca Juga: 8 Pemain Asia yang Pernah Juara di Liga Top Eropa 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya