5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha Terbaru

Raphinha akhirnya resmi berseragam Barcelona 

Barcelona menunjukkan keseriusannya di bursa transfer musim panas 2022. Setelah sebelumnya sudah merekrut Andreas Christensen dan Franck Kessie, kini giliran Raphinha yang dibajak Barcelona dari Leeds United. Penyerang asal Brasil tersebut ditebus dengan banderol fantastis sebesar Rp876 miliar. 

Raphinha kian menambah deretan pemain Brasil yang direkrut klub-klub LaLiga. Spesialnya, nama Raphinha langsung masuk dalam jajaran pembelian termahal klub LaLiga.

Berikut sederet pemain Brasil termahal yang pernah didatangkan klub LaLiga sepanjang sejarah.

1. Philippe Coutinho 

5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha TerbaruPhilippe Coutinho di Barcelona (twitter.com/goal)

Philippe Coutinho merupakan pemain Brasil termahal yang pernah direkrut klub LaLiga. Pemain yang bisa berperan sebagai gelandang serang dan winger ini diboyong Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018 dengan nilai transfer sebesar Rp2 triliun. Harga mahal yang harus dibayarkan dianggap sesuai dengan performa apik Countinho bersama Liverpool.

Sayangnya, Coutinho gagal memenuhi ekspektasi publik Camp Nou. Ia malah tampil angin-anginan. Salah satu faktornya disebabkan karena cedera.

Secara keseluruhan, ia tampil sebanyak 105 kali bersama Barcelona dengan hanya mencetak 24 gol dan 13 assist. Pemain berusia 30 tahun ini sempat dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dipermanenkan Aston Villa pada Juli 2022.

2. Neymar 

5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha TerbaruNeymar (twitter.com/neymarjr)

Sebelum saga transfer Philippe Coutinho, Barcelona sempat membuat nama Neymar sebagai pemain Brasil termahal yang pernah dibeli klub LaLiga. Pada Juli 2013, Neymar direkrut Barcelona dari Santos FC dengan banderol Rp1,3 triliun. Barca terkesima dengan kemampuan individu yang dipertunjukkan Neymar bersama Santos FC.

Neymar bisa dibilang sebagai pembelian sukses Barcelona. Berkiprah selama empat musim, winger yang kini berusia 30 tahun tersebut sukses mencetak 105 gol dan 76 assist dari 186 laga yang dilakoni. Neymar mampu membawa Barcelona meraih berbagai gelar bergengsi. Ia dilepas ke Paris Saint-Germain pada Agustus 2017 dengan mahar yang memberi keuntungan besar bagi Barcelona.

Baca Juga: Deal! Barcelona Sepakat Datangkan Raphinha

3. Ricardo Kaka 

5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha TerbaruRicardo Kaka (twitter.com/MadridXtra)

Beberapa tahun sebelum Barcelona, Real Madrid sudah lebih dulu merekrut pemain Brasil dengan harga mahal. Momen tersebut terjadi saat El Real meminang Ricardo Kaka dari AC Milan pada Juli 2009 dengan mahar Rp1 triliun. Real Madrid rela mengeluarkan dana besar kala itu sebab terhipnotis dengan kualitas ciamik Kaka bersama Rossoneri

Namun, layaknya Philippe Coutinho di Barcelona, Kaka tampil kurang greget bersama Real Madrid. Dalam kurun waktu empat musim, ia bermain dalam 120 laga di semua kompetisi dengan torehan 29 gol dan 39 assist. Kaka lantas kembali ke AC Milan pada September 2013 dengan status bebas transfer. 

4. Raphinha 

5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha TerbaruRaphinha menjadi pemain baru Barcelona (twitter.com/FCBarcelona)

Nilai transfer sebesar Rp876 miliar yang digelontorkan Barcelona sukses membuat nama Raphinha bertengger di urutan empat. Nominal sebesar itu dinilai pas dengan kualitas yang dimiliki pemain Brasil berposisi winger ini. Kehadirannya kian menambah opsi lini serang Barcelona.

Raphinha sendiri membela Leeds United selama dua musim dengan catatan 67 penampilan, 17 gol, dan 12 assist. Ia kerap menunjukkan skil individu ciamik di hadapan penggemar. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2027 bersama Barcelona, pemain berusia 25 tahun ini berpotensi menjadi sosok "Neymar baru" berkaki kidal di Camp Nou.

5. Eder Militao 

5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha TerbaruEder Militao (twitter.com/FabrizioRomano)

Eder Militao melengkapi lima besar pemain Brasil termahal yang pernah direkrut klub LaLiga. Ia didatangkan Real Madrid dari FC Porto pada Juli 2019 dengan biaya Rp755 miliar. Ia merupakan seorang bek tengah tangguh yang berpotensi menjadi penerus Sergio Ramos maupun Raphael Varane.

Dari tiga musim yang telah dijalani, Militao telah tampil sebanyak 91 kali di semua ajang bersama Real Madrid. Ketangguhannya telah membuahkan sejumlah gelar bergengsi untuk Real Madrid. Bek berusia 24 tahun ini masih terikat kontrak dengan El Real hingga Juni 2025.

Talenta-talenta hebat dari Brasil sepertinya akan terus bermunculan di masa yang akan datang. Dengan begitu, bukan tidak mungkin akan ada pemain Brasil lain yang memecahkan rekor pembelian termahal klub LaLiga.

Baca Juga: Chelsea Mau Gerogoti AC Milan Usai Gagal Daratkan Raphinha

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya