5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada pemain Korea Selatan favoritmu?

Korea Selatan merupakan salah satu negara Asia dengan kekuatan sepak bola mumpuni. Negeri ginseng memiliki segudang pemain berbakat yang malang melintang di berbagai kompetisi top dunia. Salah satu liga yang menjadi destinasi pesepak bola top Korea Selatan adalah Premier League. 

Dalam sejarah, setidaknya terdapat 13 pemain asal Korea Selatan yang mampu mencatatkan penampilan bersama klub Premier League. Park Ji-sung dan Son Heung-min menjadi dua nama yang bisa dibilang berhasil tampil memukau di liga kasta tertinggi Inggris tersebut. Lalu, siapa sajakah pemain Korea Selatan dengan penampilan terbanyak di Premier League?

1. Ki Sung-yueng - 187 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguebleacherreport.com

Ki Sung-yueng menjadi pemain Korea Selatan dengan penampilan terbanyak di Premier League. Ia sukses mencatatkan 187 penampilan bersama tiga tim, yaitu Swansea, Sunderland, dan Newcastle United. Ia memulai kiprahnya di Premier League dengan merapat di skuad Swansea pada musim 2012/13 usai hijrah dari Celtic. Semusim berselang, Sung-yueng dipinjamkan ke Sunderland selama satu musim. 

Pemain berposisi gelandang bertahan tersebut aktif membela Swansea selama lima musim. Ia sukses membantu Swansea meraih 1 gelar English League Cup. Barulah di musim 2018/19, Sung-yueng hengkang ke Newcastle United. Bersama Newcastle, ia bertahan selama satu setengah musim. Dari 187 laga yang dilakoninya di Premier League, Sung-yueng sukses mencetak 15 gol dan 11 assist. Saat ini, pemain berusia 31 tahun tersebut berkarier bersama FC Seoul.

2. Son Heung-min - 164 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Son Heung-min bisa dibilang sebagai pemain terbaik Asia saat ini. Ia menjadi pemain Korea Selatan ke-dua dengan penampilan terbanyak di Premier League. Son telah merumput dalam 164 laga bersama Tottenham Hotspur. Pemain berposisi winger kiri tersebut datang ke Premier League di musim 2015/16 usai hengkang dari Bayer Leverkusen. 

Musim ini merupakan musim ke-enam bagi Son mengabdi di Tottenham Hotspur stadium. Ia sukses tampil apik dan menjadi andalan di lini depan Spurs. Dari 164 laga yang telah dijalaninya, ia mampu mencatatkan 59 gol dan 34 assist. Sayangnya, belum ada satu gelar pun yang mampu dipersembahkannya. Pemain berusia 28 tahun tersebut masih terikat kontrak hingga Juni 2023. 

Baca Juga: 8 Transfer Pemain Korea Selatan Termahal Saat Ini, Ada yang Terbaru!

3. Park Ji-sung - 153 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Pemain Korea Selatan ke-tiga dengan penampilan terbanyak di Premier League adalah Park Ji-sung. Ia berhasil mencatatkan 153 penampilan bersama Manchester United dan QPR. Ia memulai kariernya di Premier League pada musim 2005/06 dengan bergabung bersama Manchester United setelah sebelumnya memperkuat PSV Eindhoven. Bermain sebagai gelandang serang, Ji-sung mampu tampil cemerlang di bawah arahan Sir Alex Ferguson kala itu. 

Ia mengabdi di Old Trafford selama tujuh musim. Berbagai gelar sukses ditorehkannya, yaitu 4 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 3 gelar English League Cup, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 2 gelar English Super Cup. Ji-sung sempat hijrah ke QPR di musim 2012/13. Namun, kiprahnya begitu singkat. Dari 153 laga yang dicatatkannya, ia berhasil menciptakan 20 gol dan 25 assist. Ia kemudian memutuskan pensiun pada Juli 2014. Hingga saat ini, Park Ji-sung masih menyandang sebagai pemain Korea Selatan tersukses di Premier League. 

4. Lee Chung-yong - 105 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueexpress.co.uk

Selanjutnya terdapat nama Lee Chung-yong, pemain berposisi winger kanan. Pemain Korea Selatan yang satu ini sukses mencatatkan 105 penampilan di Premier League bersama Bolton dan Crystal Palace. Mengawali karier bersama FC Seoul, Chung-yong kemudian hijrah ke Bolton di musim 2009/10. Ia aktif membela Bolton selama tiga musim di Premier League. 

Di pertengahan musim 2014/15, Chung-yong kemudian pindah ke Crystal Palace. Ia sempat menjadi salah satu pemain andalan The Eagle selama tiga setengah musim. Sayangnya, tak ada satu pun gelar yang mampu diraih oleh Chung-yong. Dari 105 laga yang dilakoni, ia berhasil mengoleksi 8 gol dan 15 assist. Sekarang, pemain berusia 32 tahun tersebut berkarier di negara kelahirannya bersama Ulsan Hyundai. 

5. Lee Young-pyo - 69 penampilan

5 Pemain Korea Selatan dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueeurosport.com

Lee Young-pyo menjadi pemain Korea Selatan ke-lima dengan penampilan terbanyak di Premier League. Ia sukses membukukan 69 penampilan bersama Tottenham Hotspur. Pemain berposisi bek kiri tersebut merapat ke skuad Spurs di musim 2005/06 usai hengkang dari PSV Eindhoven. 

Tercatat, ia berseragam The Lilywhites selama tiga musim. Satu gelar English League Cup menjadi satu-satunya gelar yang bisa ditorehkannya. Ia berpisah dengan Spurs di musim 2008/09 setelah hijrah ke Borussia Dortmund. Sempat membela beberapa tim lainnya, Young-pyo lalu memutuskan pensiun pada Oktober 2013. 

Tampaknya, eksistensi pemain Asia di Premier League terutama asal Korea Selatan akan terus berlanjut. Pasalnya, Korea Selatan mempunyai kualitas sepak bola hebat dan banyak bibit pemain top. Ada pemain Korea Selatan favoritmu?.

Baca Juga: 10 Fakta Jeong Seung Won, Pesepak Bola Korea yang Memesona

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya