6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022

Kira-kira bikin bingung komentator pertandingan gak, ya?

Marga Kim menjadi salah satu marga yang paling banyak ditemui di Korea Selatan. Untuk itu, banyak sekali orang Korea Selatan dengan berbagai latar belakang profesi yang memiliki nama Kim, tak terkecuali pesepak bola. 

Kamu bisa melihatnya dalam lingkup kecil skuad Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Taegeuk Warriors sukses mencuri atensi lantaran banyaknya pemain bermarga Kim yang terlibat berjuang di Piala Dunia 2022 Qatar.

Tercatat ada enam pemain dengan marga Kim dalam pasukan tempur Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Yuk, kenalan satu per satu dengan mereka lewat artikel berikut ini! 

1. Kim Seung Gyu

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Seung Gyu dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Pertama kita mulai dari kiper utama Timnas Korea Selatan, yaitu Kim Seung Gyu. Ia merupakan sosok kiper berpengalaman berusia 32 tahun yang selalu tampil dalam tiga laga di Grup H Piala Dunia 2022.

Dari tiga penampilan tersebut, Seung Gyu menorehkan satu clean sheet ketika berjumpa Uruguay di laga perdana. Meski sejauh ini sudah kebobolan empat kali, penyelamatan yang dilakukannya jauh lebih banyak. 

Seung Gyu sendiri keseluruhan telah mencatatkan 71 caps dan 41 clean sheet bersama Timnas Korsel sejak debut pada 14 Agustus 2013. Kiper yang membela Al Shabab ini juga pernah masuk di skuad Taegeuk Warriors pada Piala Dunia 2014 dan 2018.

2. Kim Min Jae

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Min Jae di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Kim Min Jae bisa dibilang menjadi pemain paling populer di skuad Korea Selatan selain Son Heung Min. Pasalnya, ia tengah naik daun bersama Napoli sebagai bek tengah tangguh pada musim 2022/2023.

Pada Piala Dunia 2022, Min Jae telah bermain dalam dua laga awal di grup H. Sangat disayangkan ia harus absen di laga terakhir babak grup karena cedera. Bek berusia 26 tahun ini tentunya diharapkan bisa pulih saat bertemu Brasil di 16 besar. 

Timnas Korea Selatan telah melibatkan jasa Min Jae sejak 31 Agustus 2017. Total ia sudah menciptakan 46 penampilan, 3 gol, dan 3 assist

3. Kim Young Gwon

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Young Gwon dan Kim Jin Su di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Berikutnya ada tandem Kim Min Jae sebagai bek tengah, yaitu Kim Young Gwon. Perannya tak tergantikan di tiga laga grup H. Ia bahkan mampu mencetak satu gol penting ke gawang Portugal di laga ketiga. 

Bek berumur 32 tahun ini juga telah diandalkan di lini pertahanan Korea Selatan pada Piala Dunia 2014 dan 2018. Ketangguhan Young Gwon akan terus dibutuhkan Taegeuk Warriors dalam fase gugur Piala Dunia 2022.

Secara total, Young Gwon sudah menorehkan 99 penampilan, 7 gol, dan 1 assist untuk Timnas Korea Selatan. Catatan tersebut mulai diukir oleh bek Ulsan Hyundai ini sejak debut 11 Agustus 2010.

Baca Juga: Momen Jungkook BTS Bertemu Timnas Korea Selatan di Qatar, Beri Support

4. Kim Jin Su

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Jin Su di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Bergeser ke posisi bek kiri, Korea Selatan memiliki sosok Kim Jin Su. Ia menjadi andalan karena selalu bermain penuh dalam tiga laga di babak grup Piala Dunia 2022. 

Berperan sebagai bek kiri, Jin Su kerap membantu penyerangan. Alhasil, ia berhasil memberi kontribusi berupa satu assist saat berjumpa Ghana di laga kedua grup H. 

Piala Dunia 2022 sendiri merupakan Piala Dunia pertama yang diikuti oleh bek Jeonbuk Hyundai berusia 30 tahun ini. Di sisi lain, Jin Su sudah mengoleksi 65 caps, 2 gol, dan 10 assist sejak debut pada 20 Juli 2013.

5. Kim Moon Hwan

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Moon Hwan di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Pemain Korea Selatan lainnya dengan marga Kim di Piala Dunia 2022 adalah Kim Moon Hwan. Ia memiliki peran sebagai seorang bek kanan. Tak ada yang bisa menggeser posisinya dalam tiga laga yang telah dilewati Korea Selatan di babak grup. 

Kendati belum menyumbang gol atau assist di Piala Dunia 2022, keberadaan Moon Hwan tetap layak diapresiasi. Ia tak kenal lelah naik turun membantu tim dalam menyerang maupun bertahan. 

Moon Hwan mulai membela Timnas Korea Selatan sejak 7 September 2018. Hingga kini, bek Jeonbuk Hyundai berusia 27 tahun ini telah membukukan 25 penampilan dan 2 assist

6. Kim Tae Hwan

6 Pemain Timnas Korea Selatan Bermarga Kim di Piala Dunia 2022Kim Tae Hwan (instagram.com/thekfa)

Satu lagi sosok Kim di skuad Korea Selatan pada Piala Dunia 2022 adalah Kim Tae Hwan. Ketimbang kelima Kim sebelumnya, ia menjadi pemain dengan kontribusi paling minim sejauh ini. 

Hal itu lantaran Tae Hwan belum pernah diturunkan Korea Selatan pada Piala Dunia 2022. Ia hanya menjadi pilihan kedua setelah Kim Moon Hwan di posisi bek kanan. 

Kim Tae Hwan tercatat debut bersama Korea Selatan pada 26 Januari 2014. Namun, bek milik Ulsan Hyundai berusia 33 tahun ini baru tampil 19 kali dengan torehan 1 assist

The power of Kim boleh menjadi tajuk kesuksesan Korea Selatan melaju ke babak gugur Piala Dunia 2022. Tak hanya kompak dari segi nama, mereka juga kompak dalam hal peran. Keenam Kim sama-sama bertugas mengawal lini pertahanan, mulai dari posisi bek hingga kiper. Mampukah pasukan Kim membantu Korea Selatan melangkah jauh di Piala Dunia 2022? 

Baca Juga: 10 Momen Wheein MAMAMOO Nonton Timnas Korea Selatan

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya