5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!

Boulaye Dia hingga Kalidou Koulibaly

Timnas Senegal berhasil mengamankan tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapatkan setelah mampu mengalahkan Ekuador 2-1 di laga pamungkas grup A pada Selasa (29/11/2022). Senegal lolos dengan status runner-up di bawah Belanda. 

Kemenangan Senegal atas Ekuador diraih dengan mati-matian. Senegal hampir saja tidak lolos ketika gol Ismaila Sarr di menit 44 mampu disamakan oleh Ekuador melalui Moises Caicedo di menit 67. Untungnya, Senegal bisa kembali mencetak gol di menit 70 yang mengunci kemenangan 2-1 berkat sang kapten, Kalidou Koulibaly. 

Dalam perjalanannya di grup A, Senegal mengoleksi enam poin hasil dari dua kali menang. Mereka juga menorehkan lima gol yang dicetak oleh lima pemain berbeda. Berikut lima pencetak gol Senegal di fase grup Piala Dunia 2022.

1. Boulaye Dia

5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!Boulaye Dia dan Nampalys Mendy (fifa.com)

Senegal memulai kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan kekalahan. Mereka tak kuasa melawan Belanda dengan takluk 2-0. Senegal lalu bangkit di laga selanjutnya dengan melibas tuan rumah, Qatar, dengan skor 3-1.

Boulaye Dia adalah pemain pertama Senegal yang mencetak gol di Piala Dunia 2022. Ia membuka keran gol Senegal ke gawang Qatar di menit 44. Gol dari Boulaye begitu berarti karena memberi energi positif bagi pemain Senegal lainnya untuk memburu gol-gol selanjutnya. 

2. Famara Diedhiou

5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!Famara Diedhiou (instagram.com/famara_diedhiou9)

Famara Diedhiou merupakan seorang striker berusia 29 tahun. Pada laga perdana, ia tak mendapat menit bermain. Ia lalu diberi kesempatan tampil di matchday kedua saat bersua Qatar. 

Bermain selama 75 menit, Famara mampu membuktikan kualitasnya dengan mencetak satu gol di menit 48. Sayangnya, ia kembali dicadangkan di laga terakhir grup A yang membuat golnya belum bisa bertambah. 

Baca Juga: 5 Pemain Ligue 1 yang Ada di Skuad Senegal Piala Dunia 2022

3. Bamba Dieng

5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!Bamba Dieng (instagram.com/olympiquedemarseille)

Bamba Dieng merupakan penyerang muda berusia 22 tahun yang dibawa Senegal ke Piala Dunia 2022. Ia selalu bermain di setiap laga yang dimainkan Senegal di grup A. Hanya saja, ia selalu tampil dari bangku cadangan. 

Kendati selalu menjadi pemain pengganti, Bamba mampu menunjukkan bahwa dia memiliki peran penting bagi Senegal. Ia sukses mencetak satu gol ke gawang Qatar di menit 84 yang mengunci kemenangan 3-1.

4. Ismaila Sarr

5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!Ismaila Sarr (fifa.com)

Tak ada Sadio Mane, Ismaila Sarr menjelma sebagai motor serangan Senegal. Winger berusia 24 tahun ini begitu diandalkan Senegal dalam tiga laga fase grup. 

Ismaila kemudian bisa menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih dengan mencetak satu gol ke gawang Ekuador. Golnya yang terlahir di menit 44 melalui penalti ini begitu berarti karena Senegal butuh kemenangan untuk bisa lolos ke 16 besar. 

5. Kalidou Koulibaly

5 Pencetak Gol Senegal di Fase Grup Piala Dunia 2022, Bantu Lolos!Kalidou Koulibaly (instagram.com/chelseafc)

Sosok terakhir yang mencetak gol untuk Senegal di fase grup adalah bek andalan sekaligus kapten, Kalidou Koulibaly. Ia menjadi pahlawan Senegal yang muncul di waktu yang tepat saat berjumpa Ekuador. 

Senegal sempat dibuat cemas saat gol Ismaila Sarr mampu disamakan oleh Ekuador. Senegal yang mengejar kemenangan, akhirnya bisa kembali unggul di menit 70 melalui Kalidou Koulibaly. Tak hanya tangguh dalam bertahan, Koulibaly juga bisa diandalkan ketika tim membutuhkan gol.

 

Senegal pada awalnya diprediksi akan kesulitan mencetak gol tanpa kehadiran sang bintang, Sadio Mane. Namun, nyatanya mereka masih memiliki deretan pemain lain yang juga bisa diandalkan. Mampukah kelima pemain di atas membawa Senegal melangkah jauh di Piala Dunia 2022? 

Baca Juga: Kalahkan Ekuador, Senegal Susul Belanda ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya