10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!

Ada gol cepat yang kalian ingat?

Liga Champions Eropa menjadi ajang yang selalu dinanti-nanti pencinta sepak bola di seluruh dunia. Pasalnya, di ajang tersebut penggemar bisa menyaksikan tim-tim terbaik di Eropa dengan segudang pemain bintang bertemu. Tentunya persaingan berjalan begitu sengit dan mendebarkan.

Di balik ketatnya persaingan, terselip kejadian unik dan menarik yang tak pernah terpikirkan di benak para penggemar. Salah satunya mengenai gol-gol cepat yang diciptakan oleh para pemain saat laga baru bergulir beberapa detik. Berikut kami sajikan 10 pencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Champions Eropa. 

10. Dejan Stankovic - 25,54 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!sempreinter.com

Dejan Stankovic menjadi pemain ke-10 dengan catatan gol tercepat di Liga Champions Eropa. Bek legenda Inter Milan tersebut sukses mencetak gol saat laga baru berjalan 25,54 detik. Waktu itu, Inter bersua Schalke dalam laga leg pertama babak delapan besar Liga Champions Eropa musim 2010/11, 5 April 2011. Namun, gol cepat Stankovic tak mampu menyelamatkan Inter dari kekalahan usai laga berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Schalke. 

9. Marek Kincl - 25,20 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!idnes.cz

Gol tercepat ke-sembilan di Liga Champions Eropa dicatatkan oleh Marek Kincl. Ia merupakan pemain berposisi striker yang pada saat itu membela Rapid Vienna. Kincl sukses mencetak gol pada detik 25,20. Saat itu, Rapid Vienna tengah menjamu Club Brugge di laga fase grup A Liga Champions Eropa musim 2005/06, 2 November 2005. Meski sempat unggul cepat akibat gol Kincl, tetapi Rapid Vienna harus mengakui keunggulan Club Brugge dengan skor tipis 3-2. 

8. Alexandre Pato - 24,97 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!uefa.com

Striker top, Alexandre Pato, juga berhasil mencatatkan namanya dalam daftar pencetak gol tercepat di Liga Champions Eropa. Ia mampu menceploskan bola ke jala lawan saat laga baru berumur 24,97 detik. Kala itu, Pato masih membela AC Milan yang berjumpa Barcelona dalam laga fase grup H Liga Champions Eropa musim 2011/12, 13 September 2011. Di akhir laga, AC Milan dan Barcelona harus puas berbagi angka usai laga berakhir imbang 2-2.

7. David Alaba - 24,18 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!uefa.com

David Alaba, bek andalan Bayern Munchen, menempati urutan ke-tujuh. Ia sukses menciptakan gol cepat saat laga memasuki detik 24,18. Momen tersebut terjadi saat Bayern Munchen berjibaku kontra Juventus dalam laga leg pertama babak delapan besar Liga Champions Eropa musim 2012/13, 2 April 2013. Satu gol dari Alaba, sukses membantu The Bayern mengamankan kemenangan dengan skor 2-0. 

6. Diogo Rincon - 24,00 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!footballua.tv

Diogo Rincon merupakan pemain berposisi gelandang asal Brasil. Ia berhasil mencatatkan namanya di papan skor ketika laga baru berjalan 24,00 detik. Kala itu, ia membela Dynamo Kyiv yang berlaga melawan Fenerbahce dalam babak kualifikasi Liga Champions Eropa musim 2006/07, 9 Agustus 2006. Dalam laga tersebut, Rincon bahkan sukses mencetak dua gol yang membawa timnya meraih kemenangan dengan skor 3-1. 

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Siapa Saja?

5. Clarence Seedorf - 21,06 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!90min.com

Gelandang legendaris asal Belanda, yakni Clarence Seedorf, masuk lima besar dalam jajaran pencetak gol tercepat di Liga Champions Eropa. Ia berhasil melesatkan sebuah gol cepat pada detik 21,06. Waktu itu, ia memperkuat AC Milan yang tengah bertarung menghadapi Schalke dalam laga fase grup E Liga Champions Eropa musim 2005/06, 28 September 2005. Namun, di akhir laga kedua tim harus rela berbagi poin usai laga berakhir imbang 2-2. 

4. Alessandro Del Piero - 20, 12 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!skysports.com

Striker legendaris Juventus, yakni Alessandro Del Piero, juga berhasil menorehkan catatan salah satu gol tercepat di Liga Champions Eropa. Ia mampu mencetak gol saat laga baru berjalan 20,12 detik. Capaian tersebut terjadi saat Juventus bertamu ke markas Manchester United dalam laga fase grup B Liga Champions Eropa musim 1997/98, 1 Oktober 1997. Sayangnya, Juventus harus pulang dengan tangan hampa usai laga berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan United. 

3. Gilberto Silva - 20,07 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!planetfootball.com

Di posisi ke-tiga dihuni oleh Gilberto Silva, gelandang bertahan asal Brasil. Ia sukses menyarangkan gol cepat ketika laga baru berjalan 20,07 detik. Kala itu, Gilberto menjadi pemain Arsenal yang bertanding melawan PSV Eindhoven dalam laga fase grup A Liga Champions Eropa musim 2002/03, 25 September 2002. Satu gol cepatnya turut membantu Arsenal memenangkan laga dengan skor telak 4-0. 

2. Jonas -10,96 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!goal.com

Jonas menjadi pencetak gol tercepat ke-dua di Liga Champions Eropa. Ia merupakan pemain berposisi second striker asal Brasil. Ia berhasil mencetak gol saat laga memasuki waktu 10,96 detik. Saat itu, Jonas membela Valencia yang berlaga kontrak Bayer Leverkusen dalam laga fase grup E Liga Champions Eropa musim 2011/12, 1 November 2011. Berkat sumbangan satu golnya, Valencia keluar sebagai pemenang di laga tersebut dengan skor 3-1. 

1. Roy Makaay - 10,12 detik

10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Liga Champions Eropa, Memukau!bavarianfootballworks.com

Sang pencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Champions Eropa adalah Roy Makaay. Ia merupakan seorang striker asal Belanda. Ia sukses menciptakan gol hanya dalam waktu 10,12 detik setelah peluit dibunyikan. Rekor tersebut tercipta saat Makaay masih memperkuat Bayern Munchen yang bentrok dengan Real Madrid dalam laga leg ke-dua babak 16 besar Liga Champions Eropa musim 2006/07, 7 Maret 2007. Berkat satu gol cepatnya, Munchen berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1. 

Tampaknya akan sangat sulit bagi pemain lain untuk bisa melampaui catatan gol cepat 10 pemain di atas. Gol cepat manakah yang paling berkesan di benak kalian?

Baca Juga: 8 Klub Liga Champions 2020/2021 dengan Skuad Termahal, Favorit Juara?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya