7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! 

Andrej Kramaric jadi pendulang gol terbanyak

Timnas Kroasia menutup kiprah mereka di Piala Dunia 2022 Qatar dengan menduduki peringkat tiga. Mereka berhasil menundukkan Maroko (2-1) dalam laga penentuan peringkat ketiga yang berlangsung pada Sabtu (17/12/2022) malam hari WIB. 

Josko Gvardiol dan Mislav Orsic merupakan dua pemain yang mengemas gol kemenangan atas Maroko. Selain berbuah peringkat ketiga bagi negaranya, kedua pemain tersebut juga menambah daftar pencetak gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022.

Terhitung ada tujuh pencetak gol yang pada akhirnya mengantar Vatreni, julukan Kroasia, meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?

1. Andrej Kramaric

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Andrej Kramaric (fifa.com)

Andrej Kramaric merupakan striker utama Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022. Ia selalu turun sebagai starter dalam tujuh laga yang dimainkan Kroasia. 

Kramaric tercatat menyumbang dua gol. Itu jadi yang terbanyak ketimbang pemain Kroasia lainnya.

Kedua gol striker berusia 31 tahun tersebut tercipta saat berhadapan dengan Kanada pada matchday kedua Grup F. Kramaric turut membantu negaranya membantai Kanada dengan skor 4-1.

2. Marko Livaja

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Marko Livaja (instagram.com/hns_cff)

Marko Livaja merupakan tandem Andrej Kramaric di lini depan Timnas Kroasia. Penyerang berusia 29 tahun tersebut juga berhasil unjuk kebolehan dengan memberi sumbangsih 1 gol dan 1 assist dari 6 laga. 

Satu-satunya gol Livaja terjadi pada matchday kedua Grup F ketika Kroasia bertemu Kanada. Ia kala itu mencetak gol kedua Vatreni yang turut mengiringi kemenangan 4-1 atas Kanada.

3. Lovro Majer

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Lovro Majer (instagram.com/lovromajer)

Lovro Majer menjadi salah satu amunisi Timnas Kroasia di sektor gelandang. Ia selalu dimainkan dalam tujuh laga Vatreni di Piala Dunia 2022. Hanya saja, Majer lebih sering tampil dari bangku cadangan. 

Gelandang muda berusia 24 tahun tersebut turut menyumbang satu gol untuk negaranya. Satu gol Majer terlahir saat Kroasia bentrok dengan Kanada pada matchday kedua Grup F. Ia menutup pesta gol Kroasia ke gawang Kanada yang berakhir dengan skor 4-1.

Baca Juga: 7 Pemain Liga Top Eropa Membela Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

4. Ivan Perisic

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Ivan Perisic (instagram.com/ivanperisic444)

Ivan Perisic pemain Timnas Kroasia paling kontributif di Piala Dunia 2022. Ia selalu jadi pilihan utama di sektor winger kiri dalam tujuh laga yang dilakoni Vatreni. 

Perisic mencetak satu gol penting saat Kroasia bertemu Jepang pada babak 16 besar. Golnya waktu itu membuat keadaan imbang 1-1 dan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Kroasia pada akhirnya memenangi penalti 3-1. 

Selain mencetak gol, kontribusi Perisic juga terlihat dalam hal assist. Pemain berumur 33 tahun tersebut berhasil memborong tiga assist.

5. Bruno Petkovic

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Bruno Petkovic bermain di Piala Dunia 2022. (instagram.com/brunopetkovicofficial)

Bruno Petkovic termasuk ujung tombak yang dibawa Timnas Kroasia ke Piala Dunia 2022. Namun, perannya lebih condong sebagai supersub. Hal itu terlihat dalam 6 laga yang dilakoni dengan 5 di antaranya bermain sebagai pengganti. 

Kendati demikian, Petkovic tetap berkontribusi penting untuk negaranya. Ia mengemas satu gol ke gawang Brasil pada babak perempat final. Gol itu tercipta secara dramatis pada babak tambahan kedua yang membuat skor imbang 1-1. Laga pun berlanjut dengan adu penalti dan Kroasia sukses memenanginya 4-2.

6. Josko Gvardiol

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Josko Gvardiol tampil dalam laga kontra Maroko di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Josko Gvardiol yang berposisi sebagai bek tengah pun mampu menorehkan gol untuk Timnas Kroasia. Gol tersebut baru saja tercipta ke gawang Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga.

Bek muda berusia 20 tahun ini membuka keunggulan Vatreni atas Maroko. Meski golnya sempat dibalas, Kroasia akhirnya menang dengan skor 2-1. Gvardiol sendiri jadi bek utama Kroasia dengan catatan tujuh penampilan di Piala Dunia 2022.

7. Mislav Orsic

7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! Mislav Orsic (instagram.com/orsic99)

Mislav Orsic jadi pencetak gol terakhir Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022. Sama halnya Gvardiol, gol Orsic tercipta dalam laga perebutan peringkat ketiga melawan Maroko. 

Winger berusia 29 tahun tersebut mencetak gol kedua Kroasia. Gol itu sangat berarti lantaran mengunci kemenangan Vatreni atas Maroko dengan skor 2-1 dan berujung peringkat ketiga bagi negaranya. 

Peran penting Orsic dalam permainan Kroasia tak cukup dengan torehan satu gol. Dari 6 kali kesempatan bermain, ia berhasil mendulang 2 assist

Prestasi yang diraih Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 memang buah dari kerja sama tim. Namun, ketujuh pencetak gol Timnas Kroasia di atas bisa dibilang yang paling kontributif.

Baca Juga: 6 Pemain Jebolan Dinamo Zagreb yang Jadi Kunci di Timnas Kroasia 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya