Sering Berulah, 5 Kontroversi Patrich Wanggai

Waduh jangan sampai ditiru ya sama pemain lain

Mantan pemain Timnas yang kini merumput bersama Sulut United di Liga 2, Patrich Wanggai kembali berulah. Lantaran kesal dengan hasil pertandingan, striker berusia 33 tahun ini tertangkap kamera memamerkan alat kelaminnya.

Peristiwa itu terjadi pada pertandingan babak 8 besar antara Sulut United melawan Dewa United, Senin (20/12/2021).

Bukan kali ini saja Wanggai berulah, berikut adalah 5 aksi kontroversial yang dilakukan oleh Patrich Wanggai.

1. Mangkir dari panggilan Timnas, Wanggai didenda Rp100 juta

Sering Berulah, 5 Kontroversi Patrich WanggaiPatrich Wanggai (instagram.com/wanggaipatrich)

Pada tahun 2013 lalu, Wanggai mendapat sanksi dari Komisi Disiplin setelah mangkir dari panggilan Timnas untuk persiapan kualifikasi Piala Asia 2015. Ia diharuskan membayar denda Rp100 juta kala itu.

Tak sendiri, ada 21 pemain lain yang juga mendapat sanksi serupa lantaran tak memenuhi panggilan Timnas. Selain denda, mereka juga dilarang bermain selama 6 bulan. 

Kala itu, Wanggai memang tak sepenuhnya salah. Maklum, kebanyakan klub dari ISL memutuskan tak mengirim pemainnya akibat dualisme PSSI. 

2. Wanggai menonjok pemain Porprov Kota Palembang dan membuat gajinya dipotong SFC

Sering Berulah, 5 Kontroversi Patrich WanggaiPatrich Wanggai (instagram.com/wanggaipatrich)

Dua tahun berselang, Wanggai kembali berulah. Ia beradu fisik dengan pemain Porprov Kota Palembang, Untung Saputra, pada laga uji coba 28 Maret 2015.

Wanggai yang kala itu masih berseragam Sriwijaya FC dianggap melakukan pemukulan terhadap untung setelah melakukan perebutan bola di menit 65. Wanggai memukul Untung di bagian hidung yang membuat sang pemain harus dilarikan ke rumah sakit. 

Kasus ini sendiri berakhir damai setelah Wanggai meminta maaf kepada Untung. Meski begitu, Wanggai tetap mendapat sanksi dari Sriwijaya FC berupa pemotongan gaji.

Baca Juga: Memalukan, Oknum Suporter Lempar Serangan Rasis ke Patrich Wanggai  

3. Saat melawan Persib, Wanggai pernah mengacungkan jari tengah ke arah Bobotoh

Saat berseragam Borneo FC di tahun 2017, Patrich Wanggai kembali menjadi sorotan. Ia tertangkap kamera mengacungkan jari tengah ke arah pendukung Persib, Bobotoh. Peristiwa itu terjadi saat Borneo bertandang ke kandang Persib. Tensi pertandingan yang cukup tinggi diduga menjadi salah satu penyebab peristiwa tersebut.

Uniknya, setahun setelahnya, Wanggai malah bergabung ke Persib. Bobotoh pun sempat mengecam keputusan manajemen merekrut Wanggai. Namun, kalau itu Wanggai menanggapinya dengan santai. Ia mengaku akan memberikan yang terbaik untuk Persib. 

4. Wanggai injak pemain Mitra Kukar dan disanksi larangan dua kali bermain

Sering Berulah, 5 Kontroversi Patrich WanggaiPatrich Wanggai (instagram.com/wanggaipatrich)

Bukan Wanggai namanya jika tak membuat kontoversi. Pada tahun 2018 ia kembali terlibat keributan di lapangan. Wanggai yang saat itu bermain untuk Persib Bandung menginjak pemain Mitra Kukar. Peristiwa itu terjadi dalam lanjutan Liga 1, 10 Agustus 2018, di stadion Aji Imbut Tenggarong. 

Akibat kejadian itu, Komdis pun menjatuhinya sanksi larangan tiga kali bermain.Tak hanya itu, Wanggai juga harus membayar denda Rp10 juta.

5. Wanggai diduga pamer alat kelamin

Sering Berulah, 5 Kontroversi Patrich Wanggaidok.Vidio.com/Patrich Wanggai

Yang terbaru tentu adalah aksinya yang diduga memamerkan alat kelamin. Entah apa sebabnya, saat diganti oleh pemain lain, ia memamerkan kelaminnya kepada kamera pada pertandingan babak 8 besar antara Sulut United melawan Dewa United, Senin (20/12/2021). Ia pun langsung mendapat hujatan di akun media sosial miliknya.

Alih-alih mengonfirmasi apa yang terjadi, Wanggai malah melontarkan balasan cacian. “Lelucon liga +62 mulai beraksi. Banyak sampah. Ayo banyakin komen. Kurang Banyak. Sorry manusia tidak berargumen dengan binatang. Banyakin aja DM-nya (Direct Message) sampai keriput itu jari,” tulis Wanggai di Instagram story miliknya.

Jika terbukti bersalah, tentu saja Wanggai bisa terkena sanksi berat. 

Itu tadi 5 aksi kontroversial Wanggai. Hal ini tentu sangat disayangkan. Apalagi, Wanggai dikenal sebagai salah satu striker terbaik di Tanah Air. Semoga kontroversinya tidak ditiru pemain lain, ya.

Baca Juga: Dapat Ujaran Rasis di Medsos, Patrich Wanggai Banjir Dukungan  

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya