5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub Eropa

Semoga nular ke pemain sepak bola Indonesia ya coach!

Timnas Indonesia mulai memetik hasil dari tangan dingin Shin Tae-yong. Setelah beberapa kali menelan kekalahan dalam pertandingan uji coba, Indonesia akhirnya mampu menunjukkan performa memukau saat berlaga di Piala AFF 2020. Juara bertahan Vietnam mereka paksa bermain imbang. Yang membuat para pencinta sepak bola puas tentu saja hasil kemenangan 4-1 Timnas Garuda atas Malaysia. 

Nama Shin Tae-yong pun terus dielukan atas hasil ini. Mereka menganggap Shin berhasil mengubah cara bermain Indonesia.

Keberhasilan ini bukan yang pertama. Shin sebelumnya mampu membuat heboh dunia setelah mengalahkan Jerman di Piala Duni 2018. Meski tak lolos ke babak gugur, Korea Selatan berhasil "memulangkan" Jerman. 

Berkat polesannya, beberapa mantan anak asuhnya kini pun menjadi langganan tim eropa.

1. Son Heung-min

5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub EropaSon Heung-min (facebook.com/HeungMinSonOfficial)

Nama pertama tentu saja Son Heung-min. Pemain berusia 29 tahun ini merupakan kunci atas permainan Korsel saat mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 lalu. Melalui kecepatannya yang luar biasa, Son menciptakan gol kedua di akhir babak.

Son sendiri merupakan andalan dari klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur sejak 2015. Permainannya di Piala Dunia 2018 lalu mampu membuat nilai pasarnya terus meningkat. Bahkan, ia 6 kali menjadi pemain terbaik Asia. Son juga merupakan peraih penghargaan gol terbaik alias Puskas Award 2020 lalu.

Di luar lapangan, Son dikenal memiliki kedekatan dengan Shin Tae-yong. Bahkan, dalam sebuah video ia terlihat mendukung sang pelatih saat Shin mendapat tawaran melatih di Indonesia.

2. Hwang Hee-chan 

5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub EropaHwang Hee Chan (instagram.com/hwangheechan)

Selain Son, pemain Korea Selatan yang menjadi andalan tim Eropa lain adalah Hwang Hee-chan. Striker berusia 25 tahun ini merupakan pemain milik RB Leipzig. Namun, ia saat ini dipinjamkan pada klub Inggris Wolverhampton Wanderers.

Sebelum bermain di Leipzig ia merumput bersama klub Austria, RB Salzburg. Di klub tersebut ia meraih berbagai macam gelar, yaitu tiga Piala Austria dan empat kali juara Liga Austria.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Hwang merupakan langganan di lini depan Korea bersama Son.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 7 Foto Shin Tae-yong Saat Masih Jadi Pemain

3. Lee Seung-woo 

5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub EropaLee Seung Woo (instagram.com/lee_seung_woo0106)

Mantan anak asuh Shin Tae-yong lain yang saat ini juga malang melintang di Eropa adalah Lee Seung-woo. Winger berusia 23 tahun ini sejak berusia belasan sudah memilih berkarir di Eropa.

Setelah lulus dari Barcelona B dan Piala Dunia 2018, Lee langsung dilirik oleh klub Italia Hellas Verona sebelum merapat ke klub Belgia, Sint-Truiden. 

Di Timnas Le juga salah satu pilihan utama Shin Tae-yong. Dari tiga kali pertandingan di fase grup, Lee dimainkan dua kali. 

4. Lee Jae-sung 

5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub EropaLee Jaesung (instagram.com/jaesung17)

Di Jerman, ada nama Lee Jae-sung. Gelandang serang berusia 29 tahun ini merupakan penggawa FSV Mainz 05. Musim ini ia tercatat sudah bermain 15 kali dengan 2 kali mencatatkan namanya di papan skor.

Sementara di timnas, Lee sudah 59 kali bermain. Tiga di antaranya saat tampil di Piala Dunia 2018. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, ia sama sekali tak tergantikan. 

5. Hwang Ui-jo 

5 Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong Ini Jadi Andalan di Klub EropaHwang Ui Jo (instagram.com/hwang_uijo)

Tak cuma di Inggris, Jerman, dan Italia; mantan anak asuh Shin Tae-yong juga tersebar hingga ke Liga Prancis. Striker berusia 29 tahun Hwang Ui-jo, kini menjadi bagian dari klub Liga 1 Prancis, Bordeaux.

Musim ini, ia sudah bermain 13 kali dengan catatan 6 gol. Di Timnas sendiri Hwang sudah mengantongi 29 caps. 

Itu tadi 5 mantan anak asuh Shin Tae-yong yang malang melintang di Eropa. Semoga nasib baik tersebut juga menular ke pemain sepak bola Indonesia ya.

Baca Juga: Head to Head: Shin Tae Yong Unggul Jauh Atas Park Hang Seo

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya