Comscore Tracker

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier League

Bukan cuma pemain MU yang sering juara EPL

Manchester United masih tercatat sebagai klub yang paling sering memenangi Premier League saat ini. Sejak mulai digelar pada 1992, trofi Premier League berhasil direbut Setan Merah sebanyak 13 kali. Alhasil, para pemain yang paling sering mengangkat trofi Premier League tentu saja pemain MU.

Lalu, bagaimana dengan pemain dari klub lain? Ternyata ada juga yang memiliki koleksi cukup banyak trofi Premier League. Meski tak sebanyak para pemain legendaris MU, jumlah koleksi mereka tetap menakjubkan. Inilah tujuh pemain non-Manchester United yang paling sering menjuarai Premier League.

7. Didier Drogba (4 kali)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueDidier Drogba (premierleague.com)

Di luar penggawa MU, ada empat pemain yang pernah menjuarai Premier League empat kali. Salah satunya adalah Didier Drogba, yang membawa Chelsea juara liga pada musim 2004/2005, 2005/2006, 2009/2010, serta 2014/2015. Striker asal Pantai Gading ini menjadi pemain Afrika dengan koleksi trofi Premier League terbanyak.

Selain itu, Drogba juga sukses membawa The Blues meraih 10 trofi lain, termasuk Liga Champions 2011/2012. Ia dua kali menjadi top skor Premier League pada 2006/2007 dan 2009/2010. Dengan total 104 gol, Drogba sempat menjadi pemain Afrika dengan gol terbanyak sebelum rekornya disalip Mohamed Salah.

6. Vincent Kompany (4 kali)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueVincent Kompany (premierleague.com)

Berikutnya ada Vincent Kompany, bek asal Belgia yang sukses memimpin Manchester City merebut empat trofi Premier League. Keempat trofi tersebut diraih pada 2011/2012, 2013/2014, 2017/2018, dan 2018/2019. Semuanya ia raih selagi menjabat kapten Manchester City sejak 2011.

Kompany juga membawa Manchester City meraih 8 trofi lain, meski tak pernah berhasil membantu mereka meraih trofi Eropa. Sementaram penghargaan individual yang pernah ia raih adalah pemain terbaik Premier League 2011/2012.

Baca Juga: Kisah Didier Drogba, Legenda Chelsea yang Menghentikan Perang Saudara

5. David Silva (4 trofi)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueDavid Silva (premierleague.com)

David Silva yang membela Manchester City pada 2010—2020 memiliki koleksi trofi yang hampir sama dengan Kompany. Bedanya, Silva dapat tambahan dua trofi lain setelah Kompany pensiun pada 2018. Jumlah trofi Premier League yang mereka raih tetap sama, yaitu empat trofi.

Silva juga masuk ke dalam 10 besar pemain Manchester City dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah, yaitu 436 penampilan. Dari jumlah penampilan tersebut, gelandang asal Spanyol ini mencetak 77 gol dan 141 assist. Saat ini, Silva masih aktif bermain di Real Sociedad sejak musim lalu.

4. Fernandinho (4 trofi)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueFernandinho (en.as.com)

Fernandinho adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih bermain di Premier League. Sejajar dengan Drogba, Kompany, dan Silva, gelandang asal Brasil ini juga sudah empat kali mengangkat trofi Premier League. Namun, karena masih main di EPL, Fernandinho berpeluang menambah jumlah tersebut musim ini.

Keempat trofi Premier League ia dapatkan bersama Manchester City. Musim lalu, ia ditunjuk menjadi kapten dan sukses memimpin rekan-rekannya memenangi liga. Namun, bisa jadi ini musim terakhir Fernandinho di Manchester City.

3. Petr Cech (4 trofi)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeaguePetr Cech (talkchelsea.net)

Ada pula Petr Cech, kiper asal Republik Ceko yang meraih empat trofi Premier League bersama Chelsea. Itu membuatnya menjadi penjaga gawang dengan koleksi trofi Premier League terbanyak kedua, di bawah Peter Schmeichel. Tak sekadar trofi kolektif, Cech juga punya sejumlah pencapaian individual selama main di Inggris.

Cech adalah kiper dengan koleksi clean sheet terbanyak di Premier League, yaitu 202 clean sheet. Ia juga merupakan kiper yang paling sering meraih golden glove Premier League (4 gelar), sejajar dengan Joe Hart. Selepas pensiun pada 2019, Cech menekuni karier baru dengan menjadi penjaga gawang hoki es.

2. Sergio Aguero (5 trofi)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueSergio Aguero (90min.com)

Ada dua pemain non-MU yang pernah menjuarai Premier League lima kali. Salah satunya adalah Sergio Aguero, striker asal Argentina yang baru saja meninggalkan Manchester City awal musim ini. Aguero adalah salah satu kunci sukses Manchester City meraih lima trofi Premier League. Mereka bisa begitu berkat ketajamannya di depan gawang lawan.

Dengan koleksi 184 gol, Aguero adalah pemain tertajam keempat sepanjang sejarah Premier League. Bahkan, di antara semua pemain asing yang pernah main di EPL, ia adalah yang teratas. Uniknya, Aguero hanya pernah satu kali menjadi top skor Premier League pada 2014/2015.

1. John Terry (5 trofi)

7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier LeagueJohn Terry (90min.com)

Bersanding dengan Aguero, John Terry, bek Inggris yang menghabiskan hampir seluruh kariernya membela Chelsea, juga mengoleksi lima trofi Premier League. Terry berseragam Chelsea selama 19 musim pada 1998—2017, sehingga jadi pemain yang paling lama membela satu klub era Premier League. Selain itu, Terry adalah kapten Chelsea yang paling lama menjabat, yaitu selama 13 tahun.

Selain terlama, Terry juga adalah kapten tersukses bagi The Blues. Selain 5 trofi Premier League, ia sempat mengantarkan Chelsea meraih 12 trofi lain. Plus, Terry punya pencapaian unik di Premier League, yaitu bek tengah dengan koleksi gol terbanyak dengan 41 gol.

Tak hanya pemain Manchester United, pemain dari klub-klub lain juga sukses meraih banyak trofi Premier League sepanjang kariernya, misalnya tujuh pemain di atas. Siapa lagi pemain yang bisa menyusul jejak mereka?

Baca Juga: 10 Tahun Bersama Manchester City, Begini 10 Potret Sergio Aguero

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya